Bagikan

Keuntungan Bertransaksi Menggunakan GPN

Dec 24, 2022

article

Mungkin Anda sudah sering mendengar kata GPN namun belum mengetahui dengan pasti apa itu GPN dan keuntungannya jika bertransaksi menggunakan kartu debit GPN. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional merupakan suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi perbankan antar bank menjadi tersentralisasi pada GPN.


Bank Indonesia (BI) meluncurkan GPN sebagai wujud interkoneksi dan interoperabilitas sistem perbankan nasional. Masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan transaksi perbankan elektronik yang aman, dapat diandalkan, dan terpercaya.


Melalui GPN, masyarakat dapat melakukan transaksi perbankan dari bank manapun cukup dengan menggunakan instrumen dan menggunakan channel pembayaran apapun. Pemilik kartu debit GPN dapat melakukan transaksi perbankan melalui ATM, serta perangkat Electronic Data Capture (EDC) dari bank lain, hingga online sekalipun. 


Lembaga Penyusun GPN


Keuntungan dari penggunaan GPN ini dapat dirasakan langsung oleh nasabah maupun merchant. Dengan menggunakan kartu berlogokan GPN, nasabah bank manapun dapat melakukan transaksi perbankan di semua mesin ATM dan merchant yang memiliki perangkat EDC logo GPN yang tersebar di seluruh Indonesia.


Munculnya sistem GPN terdiri dari lembaga standar, switching, dan services. Lembaga-lembaga tersebut memiliki tanggung jawab masing-masing.


1. Lembaga Standar

bertugas menyusun, mengelola standar sistem teknologi pembayaran nasional dan sistem keamanan untuk interkoneksi pembayaran, dan switching. Hal ini sudah ditetapkan dan wajib dipatuhi oleh Bank Indonesia untuk seluruh industri.


2. Lembaga Switching

Bertugas menyelenggarakan proses transaksi perbankan domestik secara aman dan efisien. Sehingga data nasabah serta penarikan biaya admin masuk dalam catatan pajak di dalam negeri bukan di luar negeri.


Beberapa perusahaan switching yang sudah bergabung dalam kartu GPN salah satunya adalah PT Jalin Pembayaran Nusantara (ATM Link).


3. Lembaga Services 

Berperan dalam menjaga keamanan transaksi dengan memastikan enkripsi data transaksi secara end-to-end, selain itu tugas yang dilakukan lembaga services yaitu sebagai penyelenggara rekonsiliasi kliring serta settlement dengan efisien, mendorong perluasan instrumen aktivasi  cashless, dan menangani kewajiban secara kredibel.


Keuntungan Menggunakan Kartu Debit GPN


Ciri kartu GPN memiliki logo dengan gambar burung garuda serta tulisan GPN sebagai tanda kartu debit tersebut telah menerapkan sistem GPN. Dengan logo GPN, kartu debit dapat digunakan pada berbagai pembayaran dan transaksi perbankan, baik di ATM maupun pada perangkat mesin EDC dalam lingkup domestik.


GPN mempunyai dua sifat utama yaitu interoperabilitas dan interkoneksi. Interoperabilitas merupakan sistem pembayaran yang dapat dipakai pada infrastruktur lain. Sementara interkoneksi mempunyai artisaling terintegrasi dengan semua kanal pembayaran dalam negeri.


Hadirnya GPN sebagai sistem yang berfungsi untuk mengintegrasikan transaksi antar-bank di seluruh Indonesia seperti Visa dan MasterCard. Namun yang membedakan dengan GPN adalah sistem ini hanya dapat diterapkan pada transaksi dalam negeri. Secara umum terdapat manfaat penggunaan GPN, di antaranya:


  • Proses transaksi pembayaran domestik dapat dijalankan dengan interkoneksi dan interoperabilitas.

  • Terwujudnya sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan dapat diandalkan, dan juga sesuai dengan perkembangan komunikasi, informasi, teknologi, serta inovasi.

  • Menjadi sebuah pondasi terbentuknya sistem pembayaran nasional dalam menciptakan cashless society.

  • Meningkatnya perlindungan konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah pada setiap transaksinya.

  • Meningkatkan keuangan inklusif serta pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik (e-commerce).

  • Terjangkaunya biaya administrasi karena semua proses transaksi dan pembayaran dilakukan di dalam negeri. Nasabah menghemat biaya biaya sebesar Rp1.000 per bulannya dengan menggunakan kartu GPN.



Artikel Terbaru