Tentang Jalin

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) merupakan perusahaan berbasis teknologi layanan keuangan yang didirikan pada tahun 2016 atas inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Pada tahun 2019, kepemilikan saham mayoritas Jalin beralih kepada PT Danareksa (Persero) yang kini telah bertransformasi menjadi Holding Danareksa.

Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan terintegrasi di bidang teknologi sistem pembayaran masa kini, Jalin merupakan perusahaan pengelola layanan jaringan switching LINK dan memiliki market share terbesar di kategori produk debit switching. Dengan menyandang status sebagai lembaga Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP), Jalin mulai bertransformasi menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial sesuai rencana perusahaan menjadi “The National Digital Highway”.

Layanan dan produk utama Jalin berfokus pada digitalisasi produk perbankan, layanan switching (kliring kartu ATM, kartu Debet, GPN, dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)) serta virtual ATM.

Saat ini Jalin telah tercatat memiliki lebih dari 38 member yang berasal dari industri perbankan dan fintech di tanah air. Jalin juga tergabung di dalam anggota Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sekaligus sebagai salah satu pemegang saham PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang berperan sebagai Lembaga Services bagi GPN.

Image About Jalin

Milestone

Berawal dari brand Link yang dicetuskan oleh salah satu bisnis Telkom Group yang menyediakan layanan Switching ATM, Jalin mulai mengelola Link pada tanggal 31 Maret 2017 demi efisiensi Himbara dan terus mengembangkannya hingga saat ini.

  • 2016

    Image Milestone

    Berdirinya Jalin pada tanggal 3 November 2016 yang merupakan salah satu anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, atas inisiatif Kementerian BUMN dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mendukung upaya mewujudkan efisiensi dan kedaulatan sistem pembayaran nasional.

  • 2017

    Image Milestone

    Didapatkannya izin sebagai Prinsipal Switching ATM dan lisensi Prinsipal Switching Debit, Penyelenggara Switching, dan Penyelenggara Kliring Kartu Debit. Jalin juga bergabung dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), ditetapkan sebagai Lembaga Switching GPN, serta menjadi salah satu perusahaan konsorsium yang membentuk PT PTEN di mana Jalin memiliki saham sebesar 7,5%.

  • 2019

    Image Milestone

    Pada tanggal 19 Juni 2019 PT Danareksa (Persero) mengambilalih 67% kepemilikan saham Jalin dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang menjadikan Jalin Entitas Anak dari PT Danareksa (Persero). Di tahun ini Jalin juga memperoleh persetujuan sebagai Lembaga Switching untuk Pemrosesan Transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

  • 2020

    Image Milestone

    Memperluas layanan switching untuk QRIS, Internet & Mobile Banking (IMB) dan uji coba QR cross border. Bisnis Managed Services semakin berkembang ditandai dengan pengadaan e-channel platform dan Inovasi Layanan Premises 4.0. Jalin juga memperkenalkan budaya baru Perusahaan JalinID: BISA – SINERGI – TANGGUH, sebagai wujud kesiapan Jalin untuk terus adaptif dengan dinamika usaha.

  • 2021

    Image Milestone

    Jangkauan layanan semakin luas dengan mendapatkan izin sebagai peserta Sandbox QRIS Cross Border. Di tahun yang sama, Bank Indonesia (BI) juga menetapkan Jalin sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) Sistemik sesuai dengan aturan Bank Indonesia yang baru tentang penyelenggaraan Infrastruktur Sistem Pembayaran.

  • 2022

    Image Milestone

    Tahun penuh prestasi bagi Jaliners, ditandai dengan diterimanya penghargaan AKHLAK Award BUMN 2022 Klaster Danareksa serta menerima predikat Best Companies to Work for in Asia 2022 di ajang penghargaan HR Asia Awards yang merefleksikan budaya dan tempat kerja yang sehat serta memiliki dampak positif untuk sekitar. Jalin juga memperoleh Sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) 3.2.1 oleh Network Intelligence.

  • Visi Kami

    Menjadi penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia yang ikut aktif dalam upaya mewujudkan efisiensi dan kedaulatan sistem pembayaran nasional.

    Cover Investor
  • Misi Kami

    Menyediakan sistem infrastruktur dan channel pembayaran yang aman, berinterkoneksi, terintegrasi dan efisien.

    Cover Investor
  • Filosofi The Nasional Digital Highway

    Jalin siap mengambil langkah maju untuk mewujudkan visinya menjadi "The Nasional Digital Highway" - Digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial untuk mendorong akselerasi pembayaran digital dan mendukung inklusi keuangan nasional. Sehingga Jalin dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman transaksi digital yang semakin berarti di setiap langkah masyarakat Indonesia.

    Cover Investor
Image CTA

Tertarik untuk menjadi bagian dari keluarga besar Jalin? Gabung sekarang juga.

Kerja di Jalin
youtube-thumbnail