Bagikan

Permudah Pembayaran Pengguna Layanan Kesehatan Digital, KlikDokter dan Jalin Sinergikan Sistem Pembayaran Digital Terintegrasi

May 10, 2023

Permudah Pembayaran Pengguna Layanan Kesehatan Digital, KlikDokter dan Jalin Sinergikan Sistem Pembayaran Digital Terintegrasi

JAKARTA, 10 Mei 2023 - PT Medika Komunika Teknologi (“KlikDokter”) baru-baru ini melakukan kesepakatan dalam integrasi pembayaran transaksi dengan perusahaan berbasis teknologi layanan keuangan, PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) pada gelaran acara tahunan Bank Indonesia dan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia yaitu Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2023 yang berlangsung pada 7-10 Mei 2023.



Kolaborasi strategis ini diharapkan dapat mempermudah pembayaran transaksi oleh pengguna sebelum menikmati berbagai layanan kesehatan yang disediakan oleh KlikDokter, seperti konsultasi online dengan dokter dan psikolog sampai dengan penebusan dan pengantaran obat ke rumah. KlikDokter juga membantu Jalin dan para member Jalin untuk melakukan booking ke ribuan fasilitas kesehatan yang tersedia di dalam ekosistem KlikDokter


Inisiatif awal kerjasama KlikDokter dan Jalin dimulai saat menyadari perlunya memberikan tambahan layanan digital kesehatan untuk meningkatkan transaksi ekonomi digital yang lebih beragam sehingga para pengguna, termasuk Jalin dan para membernya, lebih mudah untuk menikmati berbagai layanan yang tersedia di KlikDokter.


KlikDokter memandang Jalin sebagai mitra penting karena memiliki kesamaan visi dan semangat keduanya untuk memberikan kemudahan layanan kesehatan digital hanya dalam satu genggaman. Jalin sendiri selama ini dikenal sebagai penyedia layanan pembayaran yang telah beroperasi sejak 2016, dan memiliki member sebanyak 40 perusahaan yang berasal dari berbagai lembaga perbankan dan financial technology di tanah air. Jalin juga tergabung dalam anggota Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).


"Kami tentu menyambut positif dan optimis kerja sama ini, karena KlikDokter dan Jalin memiliki harapan yang sama," kata Direktur Utama KlikDokter Hendra Tjong. Nantinya, seluruh pengguna KlikDokter dapat memilih berbagai bentuk pembayaran transaksi di website maupun aplikasi.


Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukminto menjelaskan kerjasama antara Jalin dengan KlikDokter adalah sebuah keniscayaan bahwa teknologi terbukti telah memberikan manfaat yang nyata dalam pelayanan kesehatan, khususnya pasca pandemi di Indonesia. Penyediaan layanan digital oleh KlikDokter merupakan salah satu layanan API (Application Programming Interface) Management e-Healthcare Solutions yang memungkinkan para member Jalin mengakses layanan telemedicine seperti telekonsultasi dan telefarmasi yang disediakan oleh KlikDokter melalui platform Jalin.


“Setelah pembatasan-pembatasan dicabut oleh pemerintah, kami melihat adanya potensi bahwa layanan telemedicine pun tetap diminati dan ini sejatinya berguna untuk mengatasi hambatan geografis, jarak, dan waktu. Kami berharap layanan kesehatan digital ini dapat memberikan kemudahan dan manfaat bagi masyarakat, serta tentunya dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh seluruh member Jalin”, tambah Eko.


Tidak berhenti sampai disitu, di gelaran FEKDI 2023 Jalin turut menandatangani sejumlah kesepakatan kerjasama dengan berbagai perusahaan berbasis teknologi lainnya seperti Ayoconnect untuk layanan Biller Aggregator, serta LinkAja, GDCPay, dan E2Pay untuk layanan QRIS Cross Border dan QRIS Domestik. “Selain kerjasama dengan KlikDokter, kedepannya Jalin akan terus bersinergi dengan berbagai lembaga bank dan non bank di tanah air, termasuk perusahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan lebih banyak produk-produk digital yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia sesuai kebutuhan,” pungkas Eko.

Artikel Terbaru