PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) merupakan perusahaan switching nasional yang didirikan pada tanggal 3 November 2016 atas inisiatif bersama antara Kementerian BUMN, Himbara (Bank BTN, BNI, Bank Mandiri, BANK BRI) dan PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia). Sejak tanggal 19 Juni 2019 sesuai dengan arahan Kementerian BUMN, pemegang saham mayoritas Jalin berubah, yang semula Telkom Indonesia menjadi PT Danareksa (Persero).

Jalin adalah sebuah perusahaan switching nasional yang mengoperasikan jaringan Link yang tersebar luas di seluruh penjuru nusantara.

Bisnis layanan switching ATM sebenarnya sudah beroperasi sejak 2009 yang telah digunakan antar bank anggota Himbara (Himpunan Bank-Bank Negara, yang terdiri dari Bank BTN, BNI, Bank Mandiri dan Bank BRI) ini dikenal dengan “Link” yang dikelola oleh Telkomsigma, anak perusahaan Telkom Indonesia. Kemudian pada tahun 2017 bisnis layanan switching ATM ini dialihkan pengelolaannya kepada Jalin.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha penyelenggara jasa sistem pembayaran, pada tanggal 27 Februari 2017 Jalin telah memperoleh izin/lisensi dari Bank Indonesia sebagai Prinsipal, Penyelenggara Switching dan Penyelenggara Kliring Kartu ATM. Pada tanggal 9 Juni 2017 memperoleh izin/lisensi sebagai Prinsipal, Penyelenggara Switching dan Penyelenggara Kliring Kartu Debet. Kemudian pada tanggal 29 November 2017 Jalin memperoleh izin sebagai Lembaga Switching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Terakhir pada tanggal 16 Agustus 2019, Jalin mendapatkan persetujuan sebagai Lembaga Switching Untuk Pemrosesan Transaksi dengan Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Saat ini Jalin telah tercatat sebagai anggota Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan sekaligus sebagai salah satu pemegang saham PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang berperan sebagai Lembaga Services bagi GPN.

Visi

Menjadi penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia yang ikut aktif dalam upaya mewujudkan efisiensi dan kedaulatan sistem pembayaran nasional.

Misi

Menyediakan sistem infrastruktur dan channel pembayaran yang aman, berinterkoneksi, terintegrasi dan efisien