Jalin Mendukung Akselerasi Digitalisasi Masyarakat Melalui Program Bangga Wisata Indonesia (BWI) dan Jalin Smart Library 

Sejalan dengan tagline ulang tahun kelima “In every step of your digital way”, program Corporate Social Responsibility (CSR) Jalin tahun ini berfokus untuk mendukung program sosial yang bertujuan untuk mengakselerasi digitalisasi di setiap langkah masyarakat Indonesia. 

Hal ini diwujudkan melalui dua program utama, yaitu dukungan terhadap program BWI (Bangga Wisata Indonesia) yang diusung Kemenparekraf, serta pembangunan Jalin Smart Library di Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang. Kedua program sosial tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan pencapaian lima tahun perjalanan Jalin dalam mendukung sistem pembayaran digital di Indonesia dan terwujudnya ekosistem keuangan yang inklusif.  

Bangkitkan Gairah Industri Pariwisata Lewat Gerakan BWI 

Program BWI merupakan salah satu inisiatif pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menggenjot sektor industri pariwisata domestik yang terdampak pandemi COVID-19. Program ini telah berjalan sejak 7 Oktober 2021 dengan skema pemberian stimulus kepada MPV (Masyarakat Penerima Vaksin) yang hendak melakukan perjalanan wisata. 

Masyarakat umum yang telah menerima dosis vaksin lengkap (2 kali) dapat menerima benefit (1 kali pakai) berupa potongan harga ketika melakukan pembelian paket wisata tertentu. Manfaat tersebut bisa diperoleh melalui 75 biro perjalanan wisata yang sudah terdaftar sebagai mitra penyalur dan destinasi tertentu (Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, dan Yogyakarta). 

Secara garis besar, Jalin menyediakan platform adapter hub berbasis web dan API yang berperan untuk menyediakan akses yang mulus agar setiap pengguna yang terlibat dapat saling terhubung dan berkomunikasi tanpa hambatan yang berarti. Dengan demikian, MPV yang hendak berwisata bisa menerima stimulus dari pemerintah dengan lancar dan secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada industri pariwisata. 

Adapun platform yang dibangun dapat digunakan untuk mengelola program kerja, pendaftaran dan verifikasi mitra penyalur, pendaftaran paket wisata, validasi data MPV melalui aplikasi Peduli Lindungi, proses pelaporan transaksi pembelian paket wisata oleh MPV, proses klaim stimulus dari Mitra Penyalur ke Kemenparekraf, hingga proses pencairan stimulus. 

VP Corporate Secretary PT Jalin Pembayaran Nusantara Christianus K. Panjisasongko berharap program reaktivasi industri pariwisata ini dapat memberikan multiplier effect terhadap pemulihan ekonomi sebesar 2 kali lipat pada daerah prioritas destinasi pariwisata. Selain itu, diharapkan platform yang telah dikembangkan ini dapat terus digunakan oleh Kemenparekraf/Kementerian lainnya untuk program stimulus yang memiliki fungsi sejenis sebagai bentuk kontribusi Jalin terhadap pemulihan ekonomi nasional.  

Selain Jalin, instansi lainnya yang turut bersinergi mendukung program BWI antara lain PT ENCPRO selaku program operations, PT Blend Media selaku konsultan program, Peduli Lindungi selaku validator data MPV, Bank Mandiri selaku penyedia infrastruktur pencairan stimulus, serta 75 Biro Perjalanan Wisata sebagai Mitra Penyalur. 

Menjalin Digitalisasi di Setiap langkah Anak Negeri Lewat Jalin Smart Library 

Selain memberikan dukungan terhadap program BWI, di hari jadi yang kelima ini Jalin turut membangun Jalin Smart Library di Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang demi memberikan akses digital tak terbatas untuk anak Indonesia. 

Bantuan yang diberikan berasal dari sinergi antara Jalin dan donasi karyawan, terdiri dari renovasi perpustakaan, penyediaan perangkat PC, jaringan internet, pengadaan ratusan buku fisik dan digital melalui subscription e-perpus, hingga alat penunjang belajar lainnya seperti meja dan kursi. 

Jalin Smart Library diresmikan bertepatan dengan selebrasi ulang tahun kelima Jalin yang diselenggarakan pada tanggal 19 November 2021. Peresmian ini dilakukan langsung Boyke Yurista selaku Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara dan Juwarto selaku Ketua Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia pada acara puncak selebrasi Jalin5ary.  

Christianus mengatakan bahwa program Jalin Smart Library ini masih sejalan dengan program edukasi pembayaran non tunai yang secara rutin terus digalakkan selama tiga tahun terakhir. “Hal Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Jalin dalam memperkenalkan gaya hidup bertransaksi non tunai lewat kanal digital kepada anak sejak dini. Harapannya supaya tercipta kebiasaan bertransaksi baru yang lebih sehat dan aman,” tambah Christianus. 

Pada tahun sebelumnya, Jalin juga telah menyalurkan bantuan serupa untuk anak-anak di sekolah tersebut. Bantuan tersebut terdiri dari penyediaan infrastruktur penunjang belajar mengajar seperti proyektor, pemberian ratusan kartu e-money, serta video e-learning pembayaran non tunai.