Bagikan

Tarik Tunai Tanpa Kartu: Cara Tepat untuk Gaya Hidup Modern

Jun 10, 2024

Tarik Tunai Tanpa Kartu: Cara Tepat untuk Gaya Hidup Modern

Akhir-akhir ini, volume transaksi cardless withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu semakin meningkat seiring dengan perkembangan transaksi digital. Tentunya, fenomena ini sangat berkaitan dengan berbagai kelebihannya yang praktis. 

Oleh sebab itu, kini ada banyak lembaga keuangan yang mulai mengembangkan aplikasi dan mesin ATM untuk memfasilitasi transaksi tersebut serta memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Lantas, bagaimana cara mengambil uang tunai tanpa kartu di mesin ATM? Mari kita simak selengkapnya di sini! 


Mengapa Tarik Tunai Tanpa Kartu Semakin Populer?

Transaksi tarik tunai tanpa kartu kian diminati oleh masyarakat. Sebab, nasabah hanya perlu memasukkan PIN dan kode yang dikirimkan dari aplikasi mobile banking. Sehingga, Anda juga tetap bisa melakukan transaksi saat tidak membawa kartu ATM.

Selain itu, tarik tunai tanpa kartu juga relatif lebih aman karena Anda akan terhindar dari risiko ketinggalan kartu ATM di mesin. Nah, apakah hal yang satu ini pernah terjadi pada Anda? Jika iya, maka hal tersebut bisa dihindari jika Anda beralih ke transaksi cardless.


Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Jika Anda ingin melakukan penarikan uang di mesin ATM tanpa kartu, Anda hanya memerlukan smartphone. Bukalah aplikasi mobile banking Anda yang sudah memiliki fitur cardless withdrawal, dan kunjungi mesin ATM yang mendukung transaksi tersebut. Kemudian, pada smartphone Anda, pilihlah nominal uang yang ingin diambil di mesin ATM dan tekan tombol “Buat Kode Token”. 

Masukkan PIN transaksi Anda di aplikasi mobile banking, lalu Anda akan mendapatkan kode token penarikan uang tunai. Sekarang, Anda hanya perlu memilih opsi cardless withdrawal pada mesin ATM dan ketikkan kode yang sudah Anda dapatkan dari smartphone. Setelah itu, Anda bisa mengambil uang tunai dari mesin ATM.


Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi saat Tarik Tunai Tanpa Kartu

Transaksi tarik tunai tanpa kartu menawarkan kemudahan bertransaksi yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat masa kini. Meski begitu, Anda tetap perlu memastikan hal-hal berikut ini agar keamanan tetap terjaga.


1. Jangan berikan kode transaksi

Saat akan melakukan transaksi tanpa kartu di ATM, Anda harus mengajukan permintaan terlebih dahulu di mobile banking. Setelah itu, Anda akan diberi kode untuk  terhubung ke mesin ATM supaya transaksi Anda bisa diproses. Nah, jangan pernah sekali-kali Anda memberikan kode ini kepada siapa pun. Sebab, pelaku kejahatan dapat meretas transaksi Anda menggunakan kode dan PIN transaksi.


2. Jangan tinggalkan smartphone di mesin ATM

Transaksi tarik tunai tanpa kartu memang lebih aman karena tidak perlu khawatir kartu debit atau kredit tertinggal di mesin ATM. Akan tetapi, jangan sampai Anda justru meninggalkan smartphone Anda di sana. Hal yang lebih berbahaya lagi adalah apabila smartphone Anda tidak dilengkapi dengan password dan aplikasi mobile banking masih terbuka. Selalu pastikan Anda tidak meninggalkan barang berharga apapun di lokasi ATM, ya!


Transaksi tarik tunai tanpa kartu sangatlah cocok untuk mendukung gaya hidup modern Anda. Sebab, Anda tidak perlu repot-repot membawa dompet saat bepergian karena Anda cukup menggunakan smartphone. Dengan begini, Anda bisa menghemat tempat penyimpanan di tas, menyelesaikan transaksi dengan lebih mudah dan cepat, serta meminimalisir risiko kartu ATM tertinggal. Sehingga, apabila Anda termasuk masyarakat dengan mobilitas tinggi yang mencari kemudahan transaksi, layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless Withdrawal) dapat menjadi pilihan.

Artikel Terbaru