Bagikan

Cara Daftar QRIS All Payment untuk Pebisnis

Aug 20, 2023

Cara Daftar QRIS All Payment untuk Pebisnis

Di era digital yang semakin maju, penerimaan pembayaran yang efisien dan praktis sangat penting bagi pemilik usaha. Salah satu solusi yang sedang populer saat ini adalah QRIS All Payment. QRIS All Payment adalah sistem pembayaran yang menggabungkan berbagai jenis metode pembayaran elektronik dalam satu QR code saja. Saat ini QRIS bukan hanya bisa digunakan di seluruh Indonesia, namun juga tersedia secara cross-border payment di lintas negara, seperti Thailand dan Malaysia.

Dengan QRIS All Payment, Anda dapat menerima pembayaran dari berbagai platform, seperti e-wallet, mobile banking, dan kartu kredit dalam satu alat pembayaran yang sama. Ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda sebagai pemilik usaha serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Lantas, bagaimana cara daftar QRIS untuk bisnis?

Cara Daftar QRIS All Payment yang Mudah

Jika Anda tertarik mendaftar dan mengaktifkan QRIS All Payment untuk bisnis Anda, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

1. Miliki rekening bisnis

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki rekening bisnis yang aktif. Rekening bisnis ini akan digunakan sebagai rekening penerimaan dari seluruh transaksi yang dilakukan oleh pelanggan melalui QRIS All Payment. Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai rekening bank khusus usaha, Anda bisa mendaftarkan rekening tersebut saat proses pembuatan QRIS.

2. Siapkan dokumen yang diperlukan

Ada beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan sebelum mendaftar QRIS untuk bisnis. Dokumen-dokumen tersebut antara lain fotokopi identitas diri (KTP atau paspor), fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), fotokopi akta pendirian perusahaan, dan surat keterangan domisili usaha. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah tersedia sesuai format yang ditentukan sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

3. Buat akun di QRIS.id

Langkah berikutnya untuk mendaftar QRIS adalah mengunjungi situs web resmi QRIS.id dan membuat akun pengguna. Anda akan diminta untuk mengisi informasi pribadi dan mengikuti proses verifikasi. Anda juga akan diminta untuk memilih jenis bisnis apa yang sedang dijalankan. Setelah berhasil membuat akun, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Lengkapi data diri yang diminta

Umumnya, Anda akan menerima notifikasi pendaftaran berupa username dan password. Pemberitahuan tersebut dikirimkan oleh pihak QRIS.id ke email dan WhatsApp yang Anda input saat proses pendaftaran. Setelah itu, Anda diwajibkan untuk mengisi kelengkapan data diri dengan mengunggah sejumlah dokumen.

Karena proses yang satu ini bisa menentukan apakah Anda dapat memperoleh NMID (National Merchant ID) atau tidak, pastikan Anda mengunggah dokumen dengan teliti dan akurat. Kesalahan upload atau kendala saat submit data akan diinfokan kembali pada Anda melalui email dan WhatsApp dalam waktu 1x24. Sehingga, Anda masih diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan.

5. Selesaikan pembayaran dengan e-wallet

Selain melakukan registrasi, mengisi data diri, dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, Anda perlu melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan e-wallet yang terhubung ke QRIS.id, misalnya seperti GoPay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, dan lain-lain. Apabila terdapat kendala saat menyelesaikan langkah ini, proses pendaftaran akan tertunda dengan waktu maksimal 14 hari sebelum data pengisian di-reset otomatis oleh sistem.

6. Tunggu hingga pemberitahuan lebih lanjut

Setelah pembayaran Anda berhasil diverifikasi, Anda perlu menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari tim QRIS. Pemberitahuan ini biasanya akan berisi informasi tentang pengaktifan QRIS All Payment untuk bisnis Anda. Pastikan Anda memeriksa kotak masuk email atau pesan di akun QRIS.id Anda secara berkala.

Setelah Anda menerima pemberitahuan pengaktifan, langkah selanjutnya adalah memasang perangkat lunak atau perangkat keras yang diperlukan untuk dapat menerima pembayaran menggunakan QRIS All Payment. Pastikan Anda mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh tim QRIS untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

QRIS All Payment dapat menjadi solusi yang menarik bagi pemilik usaha di era digital seperti sekarang. Selain itu, metode pembayaran yang satu ini juga memudahkan dalam pencatatan dan pelaporan sehingga memudahkan Anda dalam memonitor aliran kas bisnis.

Untuk mengoptimalkan penerimaan pembayaran bisnis Anda dengan QRIS All Payment, Anda juga dapat mengajukan permohonan kepada bank dan fintech yang terdaftar sebagai member jaringan Jalin. Sebab, Jalin menunjang infrastruktur perbankan maupun fintech sehingga dapat memberikan layanan QRIS terbaik bagi pelanggannya, baik merchant maupun customer. Simak siapa saja bank dan non bank yang telah bergabung sebagai member Jalin di sini.

Artikel Terbaru