Bagikan

Pentingnya Memiliki Lebih dari 1 Rekening Tabungan

Jul 20, 2023

Pentingnya Memiliki Lebih dari 1 Rekening Tabungan

Selain menjadi tempat menyimpan uang yang aman, rekening tabungan akan sangat berguna bagi Anda yang sedang ingin mengatur keuangan supaya tidak boros dan menghabiskan uang dengan mudahnya. Namun, dengan meningkatnya biaya kebutuhan sehari-hari dan inflasi, memiliki satu rekening saja untuk menabung mungkin kurang memadai. Memangnya, apa saja alasan kita perlu memiliki lebih dari satu rekening, dan berapakah jumlah yang disarankan?

5 Alasan untuk Memiliki Lebih dari 1 Rekening

Selain berkaitan dengan manfaat di atas, ada beberapa alasan lain yang bisa Anda pahami sebelum membuka rekening di bank. Simak informasi selengkapnya melalui poin-poin berikut ini.

1. Tujuan yang lebih terarah

Membuka lebih dari 1 tabungan dapat membantu Anda untuk mengkategorikan beberapa jenis pengeluaran. Misal, Anda ingin memisahkan antara dana rekreasi dengan kebutuhan sehari-hari supaya total dana rekreasi tetap sesuai dengan target awal serta menghindari kebiasaan konsumtif.  

Kenapa hal ini penting? Pasalnya, ada beberapa orang yang tidak terlalu mahir dalam menetapkan batasan antara keinginan dan kebutuhannya. Jadi, ada masa dimana uang yang seharusnya digunakan untuk dana tertentu malah terkuras untuk pengeluaran yang tidak perlu. Bahkan, terkadang di kasus yang berat perilaku ini bisa menimbulkan hutang loh.

2. Mempermudah menabung

Mempunyai rekening lebih dari 1 akan sangat relevan untuk Anda yang ingin memulai menabung. Pasalnya, dana tabungan seharusnya menjadi dana paten yang tidak boleh Anda utak-atik, kecuali sudah mencapai target nilai barang atau tujuan yang ingin Anda capai. 

Sebagai contoh, Anda baru saja mendapatkan gaji, tentu saja pikiran untuk membeli barang-barang yang Anda impikan tiba-tiba saja muncul, kan? Nah, memiliki lebih dari 1 rekening memungkinkan Anda dapat tetap berfokus pada target tabungan darurat dengan segera mengalokasikan gaji ke rekening yang tidak digunakan untuk belanja.

3. Pembukuan usaha jadi lebih mudah

Memiliki rekening tabungan lebih dari satu penting bagi Anda yang bekerja di sektor bisnis. Pasalnya, keuntungan dan modal dari bisnis tidak boleh dicampur dengan kantong kebutuhan pribadi. 

Nantinya, setelah rekening pribadi dan usaha sudah terdefinisi secara terpisah, maka Anda bisa melihat pengeluaran dan keuntungan dengan lebih mudah dan transparan. Jadi, laporan keuangannya juga akan lebih akurat.

4. Lebih banyak peluang untuk mendapatkan reward

Bank biasanya menawarkan reward khusus bagi nasabahnya yang membuka rekening. Namun, setiap jenis rekening memiliki persyaratan khusus yang berbeda-beda. Dengan memiliki lebih dari 1 rekening tabungan, maka peluang Anda untuk mendapatkan reward tentu saja lebih besar. 

Reward tersebut tidak selalu dalam bentuk uang, namun biasanya bisa berupa diskon atau cashback di mitra tertentu, layanan prioritas, dan lain-lain. Dengan begitu, reward ini menjadi alasan tambahan kenapa Anda perlu membuat rekening lebih dari satu.

5. Bisa menarik lebih banyak uang

Setiap jenis rekening atau bank pastinya akan mempunyai ketentuan yang berbeda-beda, contohnya withdrawal limit atau jumlah penarikan. Biasanya penetapan ini diterapkan dalam jangka harian. 

Sebagai contoh, Anda memiliki keperluan mendesak sehingga harus menarik dana sebesar 50 juta, tapi limit penarikannya dibatasi hanya sebesar 30 juta per harinya. Maka dengan memilih lebih dari 1 rekening, Anda bisa menggabungkan 2 limit penarikan untuk kebutuhan mendesak tersebut.

Sebaiknya Punya Berapa Rekening Tabungan?

Kalau keseluruhan total uang Anda hanya berada di 1 rekening, maka bisa saja Anda kalap dan tidak sadar sewaktu-waktu bahwa target pengeluaran Anda sudah melampaui batas. Maka dari itu, mempunyai lebih dari 1 rekening tabungan akan bermanfaat untuk memilah pengeluaran Anda. Namun, setiap membuka rekening baru akan ada biaya administrasinya. 

Supaya bisa lebih menghemat biaya administrasi, Anda bisa memilih jenis tabungan yang sesuai dengan maksimal limit rekeningnya. Sebab, semakin besar limitnya, maka biaya administrasinya juga semakin besar. Soal jumlah rekening tabungan yang perlu Anda buat tinggal disesuaikan dengan jenis pengeluaran dan kebutuhan Anda.


Dapat disimpulkan bahwa pembuatan rekening tabungan lebih dari 1 akan cukup menguntungkan dari berbagai sisi dan kebutuhan, baik untuk kebutuhan pribadi, tabungan, atau bahkan kebutuhan bisnis Anda. Untuk langkah yang bijaksana, Anda bisa menerapkan tips tersebut sesegera mungkin. Kunjungi blog Jalin untuk tahu lebih lanjut tentang tips keuangan lainnya.


Artikel Terbaru