- Beranda
- / berita
- / Berita
- / Kunjungan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri: Perkuat Kesiapan Operasional ATM Link
Kunjungan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri: Perkuat Kesiapan Operasional ATM Link
Sep 23, 2024
Jakarta – Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero)
Tbk sekaligus Ketua PMO Tim Percepatan Konsolidasi ATM, Alexandra Askandar,
melakukan kunjungan operasional ke kantor Jalin pada Senin (23/09). Kunjungan
ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Jalin dalam menghadapi implementasi mass
deployment ATM Link yang akan dilakukan secara bertahap. Langkah ini
diharapkan mampu memperkuat sinergi antar-BUMN, khususnya dalam layanan
perbankan.
Selama kunjungan, Alexandra mendapatkan pemaparan
langsung dari tim Jalin mengenai berbagai aspek teknis dan operasional dari
proses migrasi ATM. Pemaparan tersebut mencakup pengembangan sistem IT,
operasional, serta mekanisme penanganan keluhan pelanggan untuk memastikan
kelancaran transisi ini. Kesiapan Jalin dalam memastikan keberhasilan migrasi
ini sangat penting, mengingat layanan yang diberikan harus berjalan optimal
bagi seluruh nasabah Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BRI,
BNI, dan BTN.
Alexandra menekankan pentingnya integrasi ATM Link sebagai bagian dari transformasi layanan perbankan nasional. “Kami memastikan bahwa mandat dari Kementerian BUMN untuk memperkuat sinergi antar-BUMN dijalankan dengan baik. Kolaborasi dengan Jalin dalam integrasi ATM Link adalah langkah strategis yang akan memberikan manfaat besar bagi nasabah Himbara, sekaligus mendukung transformasi layanan perbankan nasional,” ujar Alexandra.
Konsolidasi ATM Link ini tidak hanya bertujuan untuk
meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga untuk mendukung layanan
perbankan yang lebih inklusif. Dengan pendekatan footprint optimization,
Jalin memastikan sebaran ATM Link merata di seluruh Indonesia, sehingga nasabah
dapat mengakses layanan perbankan dengan lebih mudah di berbagai wilayah,
termasuk daerah terpencil. Langkah ini dirancang untuk memenuhi permintaan
transaksi tunai yang masih signifikan di
masyarakat Indonesia, sekaligus menjaga efisiensi operasional bagi
Himbara melalui pengelolaan ATM Link yang terintegrasi.
Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji, turut
menegaskan komitmen Jalin dalam mendukung Himbara melalui integrasi ATM Link
ini. “Jalin berkomitmen mendukung Himbara dalam meningkatkan layanan dan
mengintegrasikan operasional ATM Link. Kami berupaya memastikan kenyamanan dan
aksesibilitas transaksi, terutama untuk memenuhi kebutuhan uang tunai yang
masih tinggi, dengan menyediakan layanan terbaik bagi nasabah Himbara di
seluruh Indonesia,” kata Ario.
Sebelumnya, pada September 2023 lalu, Jalin telah
berhasil menggelar Soft Launching Integrasi dan Wajah Baru ATM Link yang
turut dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Acara ini menandai babak baru
bagi Jalin sebagai pengelola jaringan ATM BUMN terbesar di Indonesia, sekaligus
memperkuat posisinya sebagai digital enabler yang menghubungkan
masyarakat dengan ekosistem finansial dan non-finansial, sejalan dengan visi ”The
National Digital Highway”.
Dengan adanya integrasi ini, Himbara dapat lebih berfokus
pada inovasi layanan perbankan, sehingga
pelayanan kepada nasabah dapat terus ditingkatkan. Inisiatif ini
diharapkan dapat menjadi pelopor bagi transformasi layanan perbankan di
Indonesia, sekaligus mendukung peningkatan inklusi keuangan nasional.
Artikel Terbaru