Jakarta, 8 Juni 2020 – Perusahaan Switching Nasional PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara on-line dengan menggunakan platform MS Teams yang merelay siaran streaming upacara dari Istana Negara, yang diikuti oleh seluruh manajemen dan karyawan dari kediaman masing-masing.

“Semangat Pancasila yang dulu dirumuskan oleh para founding fathers kita, layaknya dapat terus kita implementasikan hingga hari ini, bahkan di tempat kerja sekalipun, sehingga dapat terus mengharumkan nama baik Indonesia sebagai negara yang berdaulat,” kata Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Boyke Yurista dalam sambutannya sebelum memulai streaming upacara, Senin (1/6).

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di tengah pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) tidak menyurutkan minat karyawan JALIN untuk tetap mengikuti jalannya upacara, yang dimulai sejak pukul 07.30.

Dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus covid-19, menindaklanjuti pedoman Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) upacara di gelar serentak secara online oleh 132 karyawan JALIN.

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari “Lahirnya Pancasila”