Indonesia punya tradisi mudik ketika lebaran tiba. Setelah berkumpul dengan keluarga, sering kali kerabat yang sudah bekerja membagikan Tunjangan Hari Raya atau THR kepada sanak saudara. Sayangnya, tradisi ini tidak bisa dilakukan lagi karena pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 meluas. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena di era digital ini berbagi THR sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa perlu ribet.

Kemajuan teknologi telah membawa kita pada era digital yang membuat kehidupan sehari-hari menjadi mudah. Banyak sektor yang terdisrupsi, tetapi juga membuka peluang baru yang belum pernah digali. Sektor pembayaran tidak lepas dari disrupsi teknologi yang terjadi saat ini. Kini, kita bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun, termasuk dalam hal membagikan THR untuk keluarga.

 

Berbagi THR di Era Digital Tanpa Ribet

 

Di era digital seperti sekarang ini, sektor finansial telah banyak terdisrupsi. Ada banyak layanan finansial teknologi baru yang bermunculan di sana-sini tanpa berhenti. Metode pembayaran adalah salah satu sektor finansial yang paling merasakan dampak dari disrupsi teknologi ini.

Kini, kita bisa melakukan pembayaran dengan sangat mudah tanpa harus bertatap muka. Hal ini tentu bermanfaat di saat pandemi COVID-19 masih berlangsung karena mengurangi interaksi sosial dan potensi penyebaran virus. Selain itu, kita juga memanfaatkan hal ini untuk berbagi THR kepada keluarga di saat kita tidak bisa bertemu untuk menjalin silaturahmi secara langsung.

 

Berikut ini rangkuman tips membagikan THR Idul Fitri tanpa ribet untuk keluarga di era digital:

 

1. Kirim THR dengan Transfer via ATM LINK

 

Berbagi THR di era digital ini tidak perlu dibuat pusing karena ada banyak cara untuk melakukannya. Salah satu cara termudah yang bisa kamu coba adalah dengan mentransfer THR via ATM LINK yang tersebar di seluruh Indonesia. Lewat ATM LINK, transaksi ke Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) bisa menjadi lebih mudah dan terjangkau. ATM LINK juga memfasilitasi masyarakat untuk mentransfer ke bank-bank lainnya di Indonesia.

 

2. Membagikan THR melalui Mobile Banking

 

Selain melalui ATM, berbagi THR kepada keluarga juga bisa dilakukan melalui genggaman tangan lewat aplikasi mobile banking. Dengan aplikasi mobile banking, membagikan THR untuk keluarga bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah koneksi internet yang stabil agar aplikasi mobile banking bisa melakukan transaksi tanpa hambatan.

 

3. Membagikan THR Melalui QRIS

 

Cara lain untuk berbagi THR di era digital yang dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mentransfer THR lewat pindai barcode QRIS. Cara ini terbilang lebih mudah dilakukan dibanding yang lain karena hanya perlu meminta saudara yang akan dikirimkan THR untuk mengirimkan barcode QRIS mereka. Di samping itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah koneksi internet yang stabil.

 

Ada Banyak Cara untuk Berbagi Sukacita Idul Fitri

 

Pesatnya perkembangan teknologi telah membuka banyak pintu peluang baru untuk melakukan berbagai hal dengan lebih mudah. Salah satu yang merasakan dampak ini adalah sektor finansial. Kini ada banyak layanan yang bisa memfasilitasi kita untuk melakukan transfer sejumlah uang tanpa perlu memiliki akun di bank dan bertatap muka.

Selain praktis dan mudah, pengenaan biaya per transaksi yang lebih murah pun membuat transaksi digital sebagai pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin tetap berbagi kebahagian lebaran dengan membagikan THR meski tidak bisa kemana-mana. Mari kita menjalin silaturahmi bersama-sama di hari Idulfitri dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meski jarak terpisah jauh, tetapi hati harus tetap dekat di hari raya karena kini ada banyak layanan yang bisa dimanfaatkan untuk bersilaturahmi.