ATM Link adalah jaringan ATM Himbara (Himpunan Bank Negara) yang memfasilitasi nasabah pemegang kartu ATM Himbara untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Jaringan ATM tersebut sudah ada lebih dari 38.000 unit di seluruh Indonesia dan dikelola oleh Jalin Pembayaran Nusantara. Pengelolaannya pun dilakukan secara profesional oleh Jalin melalui ATM Managed Service.

 

Apa Itu layanan ATM Managed Service dari Jalin?

ATM Managed Service adalah inovasi Jalin dalam hal pengelolaan dan pemeliharaan ATM. Lingkup layanan yang ditawarkan pun komprehensif, mulai dari penyewaan mesin ATM, pemeliharaan premises ATM, Cash Monitoring, Branding, sampai dengan SLM ATM (Second Level Maintenance ATM). Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efisiensi dan peningkatkan layanan bagi Bank sehingga Bank dapat fokus untuk memberikan service terbaik kepada nasabahnya.

 

Mengenal Layanan Second Level Maintenance (SLM) ATM Jalin

Layanan SLM ATM Jalin adalah salah satu keunggulan dari ATM Managed Service berupa pemeliharaan ATM bersifat preventif dan korektif. Tujuannya yakni meminimalisir kerusakan ATM dan memperpanjang umur ATM. Dalam pelaksanaanya, Jalin juga bekerja sama dengan vendor yang andal dalam bidangnya sebagai komitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Ruang lingkup pemeliharaan dalam layanan SLM ATM Jalin meliputi dua hal utama, yaitu Preventive Maintenance (PM) dan Corrective Maintenance (CM). Melalui layanan PM, ATM Link yang berada dalam pengelolan Jalin akan mendapatkan perawatan secara berkala sebanyak 2 (dua) atau 4 (empat) kali dalam setahun. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa menunggu terjadinya kerusakan ATM. Jika diperlukan, penggantian spare part orginal juga dapat dilakukan demi mencegah timbulnya kendala.

Sedangkan layanan CM adalah perawatan untuk kerusakan yang tidak terduga / tidak memiliki waktu tetap. Biasanya, kegiatan ini akan dilakukan apabila terjadi kerusakan pada mesin ATM. Ruang lingkup layanan ini tidak terbatas pada pemeliharaan atau kerusakan ATM saja, tetapi juga dapat mencakup pelatihan dan jasa konsultasi.

 

Berkat Layanan SLM ATM Jalin, Kenyamanan dan Kelancaran Transaksi di ATM Link Dapat Terjaga

ATM adalah salah satu kanal layanan jasa keuangan yang penting dan dapat digunakan secara independen oleh nasabah bank. Keberadaan ATM di tengah masyarakat juga sering kali dapat menggantikan peran cabang sebuah bank untuk menangani berbagai jenis transaksi keuangan, termasuk transaksi penarikan tunai.

Namun, tidak jarang juga kita menemukan ATM dengan kondisi yang tidak memadai karena tidak ditangani dengan baik. Misalnya, lingkungan di sekitar ATM yang kotor, kerusakan ATM yang sering berulang, sampai minimnya perangkat pendukung keamanan seperti kamera pemantau. Semua itu dapat membuat nasabah tidak nyaman untuk menggunakan ATM, bahkan bisa berujung pada terjadinya tindakan kejahatan.

Jalin menjawab tantangan tersebut melalui layanan SLM ATM yang merupakan salah satu keunggulan dari ATM Managed Service Jalin. Lewat pemeliharaan berkala dan kerjasama dengan vendor yang profesional dan handal, Jalin dapat mencegah timbulnya berbagai kendala yang tidak diinginkan pada jaringan ATM Link.

Layanan SLM ATM Jalin ini juga tidak terbatas pada jaringan ATM Link saja, tetapi juga berlaku untuk jaringan ATM member Jalin lainnya yang bekerja sama. Dengan begitu, nasabah bisa tetap merasa nyaman dan bertransaksi dengan lancar tanpa merasa khawatir akan menemui kendala berarti saat bertransaksi di ATM kelolaan Jalin.