Bagikan

Cara Menemukan ATM Link Terdekat untuk Transaksi Perbankan Anda

Jun 10, 2024

Cara Menemukan ATM Link Terdekat untuk Transaksi Perbankan Anda

Kemajuan teknologi membuat orang tak perlu mengantre di teller saat ingin melakukan transaksi keuangan. Sekarang semuanya sudah bisa diselesaikan dengan kehadiran mesin ATM, mulai dari cek saldo, transfer, tarik tunai, setor tunai, sampai pembayaran berbagai tagihan. Ditambah lagi, ada ATM Link yang bisa mengakomodasi kebutuhan berbagai nasabah bank. Memangnya, apakah itu ATM Link dan bagaimana cara menemukan ATM Link terdekat dari lokasi Anda saat ini? Berikut Jalin kupas tuntas informasinya untuk Anda!

Memanfaatkan Aplikasi Pencari ATM

Mencari ATM terdekat kini bisa Anda lakukan dengan bantuan aplikasi di smartphone. Berikut tiga aplikasi yang dapat Anda pakai untuk mencari mesin ATM yang terdekat dari lokasi Anda.


1. Google Maps

Ketika menggunakan Google Maps, Anda dapat menemukan opsi ATM dengan mudah. Pilih menu di bagian bawah kolom pencarian, lalu klik "More" dan temukan opsi "ATMs" di bagian "Service". Setelahnya, Anda akan melihat beberapa pilihan ATM yang tersedia. Namun, informasi tentang jenis ATM (tarik tunai, setor tunai, maupun ATM Link) belum tersedia. Anda bisa melihat apakah itu ATM Link atau tidak setelah muncul beberapa opsinya.


2. Google Assistant

Jika ingin melakukan pencarian ATM tanpa harus mengetik, Anda bisa meminta bantuan Google Assistant. Dengan mengucapkan "OK Google" dan memberi perintah "ATM terdekat", Anda akan diberikan opsi lokasi ATM terdekat. Namun, seperti sebelumnya, informasi jenis ATM belum disertakan. Anda bisa menambahkan detail “ATM Link terdekat” jika ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat.


3. Google Search Bar

Bagi Anda yang lebih suka menggunakan browser untuk mencari ATM, pilihan ini juga tersedia dan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi khusus. Anda bisa mengetik "ATM terdekat" di kolom pencarian Google. Hasil pencarian akan menampilkan beberapa opsi setelah Anda memberikan izin lokasi. Anda juga bisa menambahkan detail “ATM Link” di kolom pencarian agar hasil yang tampil lebih spesifik.


Mencari ATM Link di Area Pusat Perbelanjaan

Keberadaan ATM Link itu bisa terletak di berbagai lokasi, mulai dari di pinggir jalan raya, stasiun kereta, pom bensin, sampai di pusat perbelanjaan. Jika Anda ingin mencari ATM Link yang ada di pusat perbelanjaan, biasanya Anda akan menemukannya di ATM Center yang ada di lantai paling bawah atau lantai paling atas sekaligus.

Jika Anda menemukan kendala saat ingin menemukan lokasi ATM Link di pusat perbelanjaan, coba tanyakan hal ini pada petugas keamanan atau satpam yang sedang berjaga. Anda juga bisa mendapatkan informasinya dari list merchant yang biasanya dipajang di samping eskalator. Terakhir, bila mall-nya cukup besar dan ada di Google Maps, Anda pun bisa mencarinya di sana.


Melakukan Penelusuran Online melalui Situs Resmi Bank

Pilihan terakhir untuk menemukan keberadaan mesin ATM terdekat adalah dengan mencarinya melalui situs web lembaga keuangan bank Anda masing-masing. Jika Anda adalah nasabah Himbara yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, atau BTN, Anda dapat menemukan lokasi ATM dengan mengunjungi website resmi mereka. Jangan lupa tentukan nama kota yang ingin Anda cari keberadaan ATM-nya.


Untuk situs Bank BRI sendiri, Anda hanya bisa memilih provinsi dan kota yang ingin Anda tuju. Apabila lokasi yang Anda harapkan belum ditemukan, Anda tetap bisa menemukan jawabannya melalui aplikasi yang sudah kami sebutkan di atas.


Di samping itu, untuk situs web BNI, Anda sudah bisa mencari mesin ATM sesuai jenisnya. Beberapa pilihan mesin ATM yang tersedia, antara lain ATM Tunai, ATM Non-Tunai, CRM, Drive Through, serta ATM Tunai Pecahan Rp20 ribu. Jadi, sesuaikan saja kebutuhan Anda dengan ATM yang tersedia di sekitar lokasi terdekat Anda.


Itulah penjelasan seputar cara menemukan ATM Link terdekat yang bisa Anda cari dengan bantuan aplikasi maupun mengunjungi situs web resmi bank-nya. Anda juga bisa menemukan ATM Link di pusat perbelanjaan yang menyediakan ATM Center. Kunjungi website Jalin untuk informasi selengkapnya seputar ATM Link!

Artikel Terbaru