Program Undian LIVIN’ TO THE MAX Undian 100 BMW & 1000 Vespa dan Nmax

Program Undian LIVIN’ TO THE MAX Undian 100 BMW & 1000 Vespa dan Nmax

Apakah yang dimaksud dengan Program Undian Livin’ To The Max?

“Program Undian LIVIN’ TO THE MAX” merupakan program untuk Nasabah baru dan Nasabah yg telah memiliki rekening dan yang bertransaksi menggunakan aplikasi New Livin’ by Mandiri. Nasabah yang melakukan transaksi di New Livin’ by Mandiri akan mendapatkan poin yang akan diundi setiap minggu selama  periode program.

 

Mekanisme Program

  • Berlaku untuk nasabah baru dan nasabah lama yang membuka Rekening Tabungan Mandiri, langsung mengaktifkan New Livin’ by Mandiri dan aktif bertransaksi selama periode program.
  • Nasabah baru adalah nasabah yang membuka rekening dan langsung mengaktifkan New Livin’ by Mandiri pada minggu yang sama.
  • Nasabah lama adalah nasabah yang telah memiliki rekening Bank Mandiri sejak sebelum masa promo dimulai, atau nasabah baru yang kepemilikan rekeningnya sudah lebih dari satu minggu sejak masa promo dimulai.
  • Transaksi yang diikutsertakan dalam program adalah sebagai berikut :
Jenis Transaksi Poin Undian
Transfer antar bank 1 poin
Transaksi Bayar 1 poin
Top up (non emoney) 1 poin
Pembayaran dengan QRIS Livin’ 1 poin
Minimum saldo rata-rata Rp 500 ribu 1 poin
Dana masuk kelipatan  Rp 500 ribu 1 poin
(max 10 poin)
Tukar 230 Livin’poin di apps / web LP  1 Poin
  • Tidak ada batasan minimal nominal transaksi.
  • Penukaran 230 Livin’poin dapat dilakukan di fiestapoin.bankmandiri.co.id
  • Program berlaku secara Nasional.
  • Poin dapat di cek melalui aplikasi New Livin’ by Mandiri

 

Hadiah Program

  • 100 Unit Mobil BMW X1
  • 1000 Unit Vespa Sprint dan Sepeda Motor Nmax

 

Periode Program

Program berlangsung pada periode  2 Oktober  – 3 Juni 2022

 

Mekanisme Penentuan Pemenang

  • Pemenang ditentukan melalui sistem pengundian poin.
  • Poin yang dihitung adalah poin dari transaksi menggunakan New Livin’ by Mandiri, sedangkan transaksi dengan Livin’ by Mandiri versi lama tidak dihitung dalam perolehan poin.
  • Poin yg diundi adalah poin mingguan periode Sabtu sampai dengan Jumat
  • Perolehan poin akan di reset setiap minggunya.
  • Pengundian hadiah dilakukan hari Rabu setiap minggu.
  • Setiap poin transaksi dikonversi menjadi nomor undian.
  • Setiap pemenang hanya berhak memenangkan 1 (satu) hadiah.
  • Poin transaksi harus didapatkan dari transaksi nasabah yang benar dan wajar.
  • Frekuensi transaksi Nasabah tidak dibatasi selama nominal dan transaksi dalam batas kewajaran.
  • Jika poin transaksi yang didapatkan Nasabah dari transaksi yang menurut pertimbangan Bank Mandiri adalah tidak benar/tidak wajar, maka Bank Mandiri berhak untuk membatalkan/menggugurkan poin transaksi yang telah terkumpul. Poin transaksi yang telah dibatalkan/digugurkan tidak berhak untuk diikutsertakan dalam program undian berhadiah.
  • Melakukan transaksi finansial menggunakan New Livin’ by Mandiri versi terbaru, minimal 1x transaksi setiap minggu dan menjaga saldo rekening rata rata minimal Rp500.000,- setiap minggunya.
  • Poin transaksi yang dihitung adalah poin yang berasal dari transakasi di Produk Tabungan
  • Poin yang dihitung adalah poin yang berasal dari transaksi Rekening Tabungan Mandiri perorangan, bukan dari transaksi rekening Non perorangan (Tabungan Bisnis atau Giro perorangan)

 

Syarat dan Ketentuan Program

  • Pihak Bank Mandiri sewaktu-waktu berhak melakukan perubahan syarat dan ketentuan promo.
  • Bank Mandiri menurut pertimbangannya sendiri, berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang tidak memenuhi dan/atau dicurigai melakukan kecurangan terhadap ketentuan ini
  • Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh Bank Mandiri tidak dapat diganggu gugat.
  • Pajak Hadiah menjadi beban Nasabah Pemenang.
  • Bea balik nama dan STNK ditanggung Bank Mandiri.
  • Seluruh hadiah tidak dapat dipindahtangankan.
  • Seluruh hadiah tidak dapat diganti dengan uang tunai.
  • Program tidak berlaku untuk seluruh pegawai Bank Mandiri.
  • Program tidak berlaku untuk nasabah perusahaan.

 

Nikmati beragam fitur Livin’ by Mandiri

  • New Livin’ by Mandiri merupakan layanan perbankan online terbaru dari Bank Mandiri yang dapat diakses melalui aplikasi:
  • Layanan ini hadir dengan tampilan yang lebih lengkap, cepat, dan personalize untuk berbagai kebutuhan transaksi Anda. Transaksi online kini dalam kendali Anda.
  • Kemudahan buka tabungan cukup hitungan menit.
  • Kemudahan bertransaksi langsung dari halaman pre-login.
  • Satu Livin’ untuk semua rekening & pinjaman yang Anda miliki (integrasi dengan tabungan, kartu kredit, pinjaman, deposito, tabungan rencana).
  • Akses transaksi favorit dalam satu tempat pakai Quick Pick.
  • Hubungkan & Top Up e-wallet favorit di Livin’, tidak perlu ribet bolak-balik aplikasi.
  • Semakin mudah dengan fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu. Anda juga bisa membagikan token tarik tunai Anda ke teman atau keluarga.
  • Bayar belanja online semakin mudah dengan Smart Reminder, pengingat tagihan otomatis yang terhubung dengan e-commerce favorit Anda.
  • Pembayaran dengan scan QRIS.
  • Pengajuan kartu kredit & Kredit Serbaguna Mandiri hingga pengecekan status pengajuan dan pengiriman kartu.
  • Pengajuan produk anak perusahaan seperti AXA Mandiri, Mandiri Tunas Finance, dan Mandiri Utama Finance kini bisa dilakukan di Livin’ by Mandiri.
  • Pembukaan Deposito & Mandiri Tabungan Rencana dalam Rupiah atau Valas.
  • Top Up & Update Saldo e-money hanya dalam 3 detik melalui Express Top Up e-money.
  • Fitur lengkap bagi nasabah kartu kredit, mulai dari ubah cicilan, blokir kartu, hingga cek pengiriman kartu baru.
  • Blokir & buka blokir kartu debit maupun kredit.
  • Unduh e-statement langsung melalui Livin’.

 

Cara Penukaran/Redemption Livin’poin

Nasabah dapat melakukan penukaran/redemption Livin’poin sama seperti fiestapoin dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Buka website https://fiestapoin.bankmandiri.co.id atau klik “fiestapoin/Livin’poin” pada bankmandiri.co.id, atau buka mandiri fiestapoin/Livin’poin App
    • Lakukan log in dengan mengisi data yang diminta.
      • No Handphone
      • Password
    • Setelah mengetahui jumlah Livin’poin, pilih hadiah yang diinginkan dengan memilih menu “katalog fp” dan pilih kategori “Undian Livin’ to the Max”. Penukaran menjadi poin undian tidak dibatasi sepanjang jumlah Livin’poin yang Nasabah miliki mencukupi.
    • Pilih barang yang ditukar dan dengan klik tombol “masuk keranjang belanja”
    • Klik menu keranjang belanja, hadiah akan muncul pada keranjang belanja. Masukkan alamat lengkap pengiriman hadiah kemudian tickmark kolom setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    • Masukkan password sebagai tanda setuju untuk redemption. Selesai
    • Untuk pengecekan redemption dapat dilakukan dengan klik menu histori penukaran.

Keterangan :

  • Nasabah tidak dikenakan pajak Hadiah Langsung
  • Jumlah Livin poin Nasabah akan berkurang secara otomatis setelah melakukan penukaran/redemption hadiah langsung.
  • Poin yang sudah ditukar tidak dapat dikembalikan.

 

Cara Melakukan Registrasi/Login Livin’poin Regular

Cara register Livin’poin masih sama dengan mekanisme fiestapoin:
Nasabah dapat melakukan registrasi Livin’poin melalui SMS Banking (menu SMS Ketik 3355) dan Mandiri ATM dengan cara sebagai berikut:

 

Melalui SMS Banking (menu SMS Ketik 3355)

  • Ketik SMS “daftar (spasi) fp” kirim ke 3355 dari nomor handphone yang sudah terdaftar fasilitas SMS Banking
  • Nasabah kemudian akan menerima SMS OTP dari 3355 yang digunakan untuk melakukan registrasi . Masa berlaku OTP adalah 15 menit
  • Masuk ke website https://fiestapoin.bankmandiri.co.id atau apps mandiri Livin’poin
  • Pilih menu sign up, lalu pilih SMS
  • Masukkan data nama untuk akun Mandiri Livin’poin (maksimal 16 karakter), No HP dan OTP yang sebelumnya sudah diterima dari SMS Banking 3355
  • Kemudian lanjutkan proses:
  • Untuk nasabah yang melakukan registrasi melalui website: klik captcha, ikuti instruksi captcha, lalu klik OK
  • Untuk nasabah yang melakukan registrasi melalui mobile apps: klik OK

 

Melalui ATM

    • Adapun langkah-langkah melakukan registrasi mandiri Livin’poin di ATM adalah sebagai berikut :
    • Masukkan kartu pada mesin ATM dan input PIN
      • Mandiri Kartu Debit
        • Klik menu fiestapoin/Livin’poin
        • Kemudian pilih menu pendaftaran fiestapoin /Livin’poin
      • Mandiri Kartu Kredit
        • Klik menu fiestapoin /Livin’poin
        • Kemudian pilih menu pendaftaran fiestapoin /Livin’poin
      • Masukkan data no HP untuk user Livin’poin, dan 6 digit PIN yang nantinya akan digunakan pada proses sign up untuk aktivasi pada website/apps fiestapoin/Livin’poin.
      • Sign up untuk aktivasi melalui website/app fiestapoin/Livin’poin dapat dilakukan setelah 4 jam dari proses pendaftaran di ATM.
      • Proses sign up untuk aktivasi dapat dilakukan nasabah dengan cara masuk ke website https://fiestapoin.bankmandiri.co.id atau apps Mandiri fiestapoin/Livin’poin.
      • Klik menu sign up, lalu pilih ATM
      • Masukkan data nama untuk akun Mandiri Livin’poin (maksimal 16 karakter), No HP dan PIN yang sebelumnya telah diinput melalui ATM lalu klik Get kode verifikasi. Kode verifikasi akan dikirim ke nomor HP yang telah diinput dalam bentuk SMS.
      • Masukkan kode verifikasi
      • Kemudian lanjutkan proses:
        • Untuk nasabah yang melakukan registrasi melalui website: klik captcha, ikuti instruksi captcha, lalu klik OK
        • Untuk nasabah yang melakukan registrasi melalui mobile apps: klik OK

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000
No. Izin Dinas Sosial : 972/DYS-PSDBS.PI.5.5/10/2021

Perayaan Lima Tahun Jalin Memperkuat Komitmen Jalin dan Member Bersinergi Membangun Ekosistem Pembayaran

Perayaan Lima Tahun Jalin Memperkuat Komitmen Jalin dan Member Bersinergi Membangun Ekosistem Pembayaran

Selasa, 23 November 2021, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar perayaan lima tahun berdirinya Jalin yang dihadiri oleh keluarga besar Jalin beserta seluruh member secara daring. Perayaan ini juga menjadi momentum Jalin dengan Himbara, Himbara Afiliasi, BPD, Bank Umum, Bank Syariah, dan sahabat dari Fintech untuk memperkuat komitmen dalam bersinergi membangun ekosistem pembayaran Indonesia yang efektif dan efisien.

Perayaan pada tahun ini dibalut dalam acara Jalin5ary Gather Together With Member yang mengambil tema Virtual Trip dengan tiga lokasi yang mewakili member Jalin. Ketiga lokasi tersebut adalah KM 0 di Sabang  yang mewakili Bank Aceh Syariah, Danau Toba yang mewakili Bank Sumut, dan International Circuit Mandalika yang mewakili Bank NTB Syariah.

Direktur Utama Jalin Boyke Yurista mengatakan, “5 tahun sudah Jalin memberikan pelayanan bagi member dan masyarakat. Hal ini merupakan perjalanan yang sangat berarti bagi kami. Jalin ada dan tumbuh untuk bersinergi dengan Himbara, Himbara Afiliasi, BPD, Bank Umum, Bank Syariah, serta baru-baru ini banyak sahabat dari Fintech, untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan para sahabat Member dalam bekerja sama dengan Jalin sebagai switching business provider dan ATM managed service.”

Rangkaian acara perayaan Jalin5ary Gather Together with Member juga menjadi lebih seru dengan kehadiran ibu Filianingsih Hendarta selaku Asisten Gubernur Bank Indonesia yang menjadi guest speakers dalam business talk dengan topik “Digital Collaborative Ecosystem & Indonesian Payment Outlook 2022”.

Serangkaian acara hiburan pun turut mewarnai selebrasi ulang tahun kelima Jalin, seperti penampilan Tarian Daerah yang dikemas apik dari TEAM RORO, dress code pakaian daerah, dan doorprize dengan hadiah-hadiah yang menarik.

Jalin mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam acara virtual ini dan berharap kerja sama yang terjalin dengan baik senantiasa terjaga dan semakin berkembang dalam menjawab tantangan ke depan. Sampai jumpa di perayaan ulang tahun berikutnya!

 

Peran Payment Gateway dalam Bisnis Online di Indonesia

Peran Payment Gateway dalam Bisnis Online di Indonesia

Industri finansial yang terintegrasi dengan teknologi dapat dianalogikan seperti lautan luas yang bisa membuat para pemainnya tersesat bila tidak mengetahui posisi dan arah tujuan bisnisnya. Di antara kumpulan solusi teknologi tersebut, payment gateway berhasil keluar sebagai salah satu ceruk bisnis yang menemukan posisi kuat di tengah lautan luas tersebut dan memiliki peran sebagai salah satu pendorong tren bisnis online di Indonesia.

Payment gateway adalah komponen kunci dari sistem pemrosesan pembayaran elektronik dan digunakan oleh pedagang untuk memproses pembayaran non tunai yang dilakukan oleh pembeli. Pembayaran yang diproses pun tidak hanya mencakup pembayaran melalui kartu fisik seperti debit dan kartu kredit saja, tetapi juga pembayaran melalui virtual account dan transfer antar bank yang umumnya dapat ditemukan pada layanan e-commerce.

Prinsip kerjanya sederhana, payment gateway berperan sebagai perangkat lunak pihak ketiga yang bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi pelanggan ke bank yang  dimiliki pedagang, tempat transaksi kemudian diproses. Dalam prosesnya, perangkat lunak ini akan menciptakan jalur yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi sensitif pelanggan, bank, dan pedagang.

Teknologi yang digunakan oleh layanan payment gateway juga selalu berkembang seiring dengan selera konsumen dan kapabilitas teknis yang berubah. Dahulu, sebuah terminal akan menerima pembayaran yang menggunakan kartu kredit/debit yang menggunakan pita magnetik dan memerlukan tanda tangan pelanggan.

Namun, teknologi tersebut kini sudah digantikan dengan kartu yang memiliki chip dan memerlukan pelanggan untuk memasukan PIN ke perangkat keras sebagai identifikasi. Dalam beberapa tahun belakangan, brick-and-mortar payment gateway juga telah berkembang dan dapat menerima pembayaran menggunakan kode QR seperti QRIS atau teknologi Near Field Communication (NFC).

Arsitektur yang digunakan oleh payment gateway juga akan berbeda tergantung platform yang digunakan oleh pedagang. Jika pedagang menggunakan layanan online, antarmuka pemrograman aplikasi (API) diperlukan agar situs web yang bersangkutan dapat berkomunikasi dengan jaringan pemrosesan pembayaran yang mendasarinya. Sedangkan untuk layanan offline seperti di dalam toko, payment gateway akan menggunakan terminal Point of Sales (POS) yang terhubung ke jaringan pemrosesan pembayaran secara elektronik menggunakan saluran telepon atau koneksi Internet.

Sistem keamanan yang harus dimiliki oleh payment gateway pun sangat ketat karena harus dapat melindungi informasi sensitif yang dikirimkan. Setidaknya, ada tiga standar keamanan yang harus dimiliki dalam sebuah layanan payment gateway, yaitu:

  • Address Verification System adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memverifikasi tagihan pelanggan secara otomatis sesuai data yang dimasukkan seperti nomor telepon, email, kartu kredit, atau alamat penagihan lainnya. Dengan sistem ini, rincian tagihan akan diperiksa dan disesuaikan dengan yang data yang terdaftar secara resmi.
  • Card Security Code adalah sistem yang membuat transaksi hanya bisa diproses kalau memiliki tiga digit terakhir nomor kartu kredit/debit.
  • 3D Secure Password adalah sistem keamanan berlapis yang melindungi kartu kredit/debit pelanggan dari penggunaan tidak sah dan dalam praktiknya akan memunculkan sebuah kotak dari penerbit kartu yang digunakan oleh pelanggan untuk memasukkan PIN atau kode khusus ketika melakukan pembayaran online di sebuah web.

 

Payment gateway di Indonesia dan manfaatnya untuk bisnis online

 

Ketika e-commerce mulai berkembang di Indonesia, layanan payment gateway nyaris tidak bisa ditemukan. Hanya ada satu atau dua perusahaan yang menjalankan bidang usaha ini dan membantu layanan e-commerce sebagai pihak yang melakukan otorisasi pembayaran kartu kredit dan transaksi online lainnya.

Namun, perkembangan internet dan industri e-commerce di Indonesia yang begitu cepat pada akhirnya mendorong pertumbuhan bisnis lainnya yang terkait, termasuk bisnis payment gateway ini. Berbagai pemain dari berbagai pihak dengan berbagai skala yang berasal dari dalam maupun luar negeri akhirnya bermunculan dan ikut serta meramaikan persaingan dalam pasar ini.

Pertumbuhan pesat bisnis payment gateway bukannya tanpa alasan. Kehadirannya di pasar Indonesia menjadi angin segar bagi pelanggan dan pedagang karena menawarkan kemudahan untuk memproses pembayaran secara non tunai, baik itu yang menggunakan kartu maupun secara online.

Setidaknya ada enam manfaat yang bisa dirasakan oleh pedagang ketika mereka memutuskan untuk menggunakan layanan payment gateway sebagai dukungan sistem pembayaran non tunai, yaitu:

  1. Memperbanyak opsi metode pembayaran yang digunakan
  2. Mempercepat proses transaksi
  3. Keamanan transaksi yang terjamin
  4. Dapat memperluas jangkauan pasar
  5. Tidak ada limit transaksi
  6. Memungkinkan banyak transaksi terjadi dalam satu waktu

Akan tetapi, geliat pertumbuhan tersebut juga menimbulkan masalah kompleksitas dan fragmentasi layanan yang bertentangan dengan prinsip interkoneksi dan interoperabilitas yang ingin dicapai Bank Indonesia. Oleh sebab itu, Bank Indonesia bersama industri sistem pembayaran pada akhirnya menginisiasikan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada tahun 2018 untuk mewujudkan ekosistem pembayaran ritel nasional yang terkoneksi secara optimal dengan prinsip interkoneksi dan interoperabilitas.

GPN dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.  GPN menjadi landasan dalam pelaksanaan interkoneksi switching, interkoneksi dan interoperabilitas kanal pembayaran melalui kanal ATM, Electronic Data Captured (EDC), agen, Payment Gateway (PG), dan kanal pembayaran lainnya, serta interoperabilitas instrumen pembayaran berupa kartu ATM dan/atau kartu debit, kartu kredit, uang elektronik, dan instrumen pembayaran lainnya.

Penyelenggara GPN sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu Lembaga Standar, Lembaga Switching dan Lembaga Services. Lembaga Standar memiliki fungsi menyusun, mengembangkan, dan mengelola standar dalam rangka memastikan terjadinya interkoneksi dan interoperabilitas instrumen pembayaran, kanal pembayaran, dan Switching, serta security. Lembaga Switching memiliki fungsi untuk memproses data transaksi pembayaran secara domestik dalam rangka interkoneksi dan interoperabilitas. Lembaga Services memiliki tugas untuk menjaga keamanan transaksi pembayaran dan kerahasiaan data nasabah, melakukan rekonsiliasi, kliring, setelmen, dan mengembangkan sistem untuk pencegahan fraud, manajemen risiko, dan mitigasi risiko.

Salah satu lembaga switching berpengalaman yang menjalankan kegiatan switching untuk GPN adalah PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin). Sejak memperoleh izin sebagai lembaga switching GPN pada 2019, Jalin selalu berkomitmen untuk memastikan terselenggaranya pemrosesan pembayaran secara lancar dengan menyediakan infrastruktur sistem pembayaran terdepan dan channel pembayaran yang aman. Hal iin sejalan dengan prinsip interkoneksi dan interoperabilitas yang ingin diwujudkan oleh Bank Indonesia, sehingga masyarakat dapat terhubung ke ekosistem finansial dengan aman, mudah, cepat, dan efisien.

Jalin Mendukung Akselerasi Digitalisasi Masyarakat Melalui Program Bangga Wisata Indonesia (BWI) dan Jalin Smart Library

Jalin Mendukung Akselerasi Digitalisasi Masyarakat Melalui Program Bangga Wisata Indonesia (BWI) dan Jalin Smart Library

Sejalan dengan tagline ulang tahun kelima “In every step of your digital way”, program Corporate Social Responsibility (CSR) Jalin tahun ini berfokus untuk mendukung program sosial yang bertujuan untuk mengakselerasi digitalisasi di setiap langkah masyarakat Indonesia.

Hal ini diwujudkan melalui dua program utama, yaitu dukungan terhadap program BWI (Bangga Wisata Indonesia) yang diusung Kemenparekraf, serta pembangunan Jalin Smart Library di Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang. Kedua program sosial tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan pencapaian lima tahun perjalanan Jalin dalam mendukung sistem pembayaran digital di Indonesia dan terwujudnya ekosistem keuangan yang inklusif.

 

Bangkitkan Gairah Industri Pariwisata Lewat Gerakan BWI

 

Bangkitkan Gairah Industri Pariwisata Lewat Gerakan BWI

 

Program BWI merupakan salah satu inisiatif pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menggenjot sektor industri pariwisata domestik yang terdampak pandemi COVID-19. Program ini telah berjalan sejak 7 Oktober 2021 dengan skema pemberian stimulus kepada MPV (Masyarakat Penerima Vaksin) yang hendak melakukan perjalanan wisata.

Masyarakat umum yang telah menerima dosis vaksin lengkap (2 kali) dapat menerima benefit (1 kali pakai) berupa potongan harga ketika melakukan pembelian paket wisata tertentu. Manfaat tersebut bisa diperoleh melalui 75 biro perjalanan wisata yang sudah terdaftar sebagai mitra penyalur dan destinasi tertentu (Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, dan Yogyakarta).

Secara garis besar, Jalin menyediakan platform adapter hub berbasis web dan API yang berperan untuk menyediakan akses yang mulus agar setiap pengguna yang terlibat dapat saling terhubung dan berkomunikasi tanpa hambatan yang berarti. Dengan demikian, MPV yang hendak berwisata bisa menerima stimulus dari pemerintah dengan lancar dan secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada industri pariwisata.

Adapun platform yang dibangun dapat digunakan untuk mengelola program kerja, pendaftaran dan verifikasi mitra penyalur, pendaftaran paket wisata, validasi data MPV melalui aplikasi Peduli Lindungi, proses pelaporan transaksi pembelian paket wisata oleh MPV, proses klaim stimulus dari Mitra Penyalur ke Kemenparekraf, hingga proses pencairan stimulus.

 

VP Corporate Secretary PT Jalin Pembayaran Nusantara Christianus K. Panjisasongko berharap program reaktivasi industri pariwisata ini dapat memberikan multiplier effect terhadap pemulihan ekonomi sebesar 2 kali lipat pada daerah prioritas destinasi pariwisata. Selain itu, diharapkan platform yang telah dikembangkan ini dapat terus digunakan oleh Kemenparekraf/Kementerian lainnya untuk program stimulus yang memiliki fungsi sejenis sebagai bentuk kontribusi Jalin terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Selain Jalin, instansi lainnya yang turut bersinergi mendukung program BWI antara lain PT ENCPRO selaku program operations, PT Blend Media selaku konsultan program, Peduli Lindungi selaku validator data MPV, Bank Mandiri selaku penyedia infrastruktur pencairan stimulus, serta 75 Biro Perjalanan Wisata sebagai Mitra Penyalur.

 

 

Menjalin Digitalisasi di Setiap langkah Anak Negeri Lewat Jalin Smart Library

 

Jalin smart library

 

Selain memberikan dukungan terhadap program BWI, di hari jadi yang kelima ini Jalin turut membangun Jalin Smart Library di Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang demi memberikan akses digital tak terbatas untuk anak Indonesia.

Bantuan yang diberikan berasal dari sinergi antara Jalin dan donasi karyawan, terdiri dari renovasi perpustakaan, penyediaan perangkat PC, jaringan internet, pengadaan ratusan buku fisik dan digital melalui subscription e-perpus, hingga alat penunjang belajar lainnya seperti meja dan kursi.

Jalin Smart Library diresmikan bertepatan dengan selebrasi ulang tahun kelima Jalin yang diselenggarakan pada tanggal 19 November 2021. Peresmian ini dilakukan langsung Boyke Yurista selaku Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara dan Juwarto selaku Ketua Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia pada acara puncak selebrasi Jalin5ary.

Christianus mengatakan bahwa program Jalin Smart Library ini masih sejalan dengan program edukasi pembayaran non tunai yang secara rutin terus digalakkan selama tiga tahun terakhir. “Hal Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Jalin dalam memperkenalkan gaya hidup bertransaksi non tunai lewat kanal digital kepada anak sejak dini. Harapannya supaya tercipta kebiasaan bertransaksi baru yang lebih sehat dan aman,” tambah Christianus.

Pada tahun sebelumnya, Jalin juga telah menyalurkan bantuan serupa untuk anak-anak di sekolah tersebut. Bantuan tersebut terdiri dari penyediaan infrastruktur penunjang belajar mengajar seperti proyektor, pemberian ratusan kartu e-money, serta video e-learning pembayaran non tunai.

 

CIMB Niaga dan Jalin Kerja Sama Tingkatkan Transaksi Perbankan bagi Nasabah

CIMB Niaga dan Jalin Kerja Sama Tingkatkan Transaksi Perbankan bagi Nasabah

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) pada Senin, 8 November 2021 secara daring. CIMB Niaga bermitra dengan Jalin untuk meningkatkan size volume transaksi perbankan, mengingat switching services dengan brand Link yang dioperasikan Jalin adalah salah satu jaringan ATM terbesar di Indonesia saat ini.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan, kerja sama CIMB Niaga dan Jalin memberikan keuntungan kepada kedua pihak (mutualisme). Dalam hal ini, CIMB Niaga bisa memanfaatkan semua kanal jaringan Link untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Mulai dari transaksi penarikan tunai, cek saldo, dan transfer dana melalui seluruh channel perbankan yang tergabung dalam jaringan switching Link.

“Melalui kemitraan dengan Jalin, kami dapat meningkatkan efisiensi operasional sekaligus memberikan manfaat yang lebih besar kepada nasabah. Hal ini juga bagian dari dukungan kami terhadap gerakan cashless society,” ujar Lani.

Direktur Utama Jalin Boyke Yurista menyambut baik bergabungnya CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang menjadi member Jalin. Hal ini merupakan momentum yang baik dalam suasana hari ulang tahun Jalin ke-5 yang jatuh pada 3 November 2021 kemarin.

“Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh member yang tergabung dalam layanan switching milik Jalin agar seluruh member kami dapat semakin memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih baik, cepat, dan aman bagi seluruh nasabahnya tidak terkecuali pada masyarakat Indonesia pada umumnya.”

Boyke menambahkan, Jalin berkomitmen untuk menyediakan jaminan layanan transaksi keuangan yang aman serta efisien kepada seluruh nasabah CIMB Niaga serta member yang lain. Kemitraan ini akan memberikan manfaat bagi penyelenggaraan transaksi yang diimplementasikan lewat kanal media elektronik, seperti layanan pengelolaan transaksi menggunakan ATM serta fasilitas maupun services yang akan dikembangkan oleh Jalin ke depannya.

Langkah Jalin untuk menjadi The National Digital Highway saat ini juga sejalan dengan rencana CIMB Niaga untuk menjadikan digitalisasi sebagai strategi utama Perusahaan. Bagi CIMB Niaga, digitalisasi diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan bisnis, seiring dengan peralihan perilaku masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan kanal digital ketika melakukan transaksi keuangan.

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 30 September 2021, 96% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

“Jalin juga menargetkan pertumbuhan pendapatan double digit yang dikontribusikan dari layanan Switching ATM Link, Switching Debit Link, Switching QRIS serta Managed Services pada tahun 2021 untuk mempersiapkan Jalin menghadapi tantangan di tahun mendatang dengan mengembangkan produk serta layanan baru berbasis digital yang akan dirilis tahun mendatang,” ujar Boyke.

5 Tahun Jalin, Semakin Memberikan Arti di Setiap Langkah Digitalmu

5 Tahun Jalin, Semakin Memberikan Arti di Setiap Langkah Digitalmu

Tanggal 3 November 2021 menandai perjalanan lima tahun PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) di Indonesia yang terus berperan aktif dalam mewujudkan efisiensi dan kedaulatan sistem pembayaran nasional. Kini, Jalin siap mengambil langkah maju dalam mewujudkan visinya menjadi The National Digital Highway yang memberikan kenyamanan dan pengalaman transaksi digital yang semakin berarti di setiap langkah masyarakat Indonesia.

Jalin didirikan pada tanggal 3 November 2016 atas inisiatif Kementerian BUMN, Telkom Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni BNI, Bank Mandiri, BRI, dan BTN. Langkah bisnis Jalin dimulai pada tahun 2017 ketika mendapatkan Lisensi Prinsipal ATM Switching serta Lisensi Prinsipal untuk Debit Switching dan Kliring. Kemudian, sejak tanggal 19 Juni 2019 sesuai dengan arahan Kementerian BUMN, pemegang saham mayoritas Jalin berubah, yang semula Telkom Indonesia menjadi PT Danareksa (Persero).

Langkah strategis tersebut adalah bagian dari upaya Jalin dalam mendukung gerakan cashless society yang sudah digalakkan Pemerintah sejak tahun 2014. Sebagai pijakan awal, Jalin menyediakan dua layanan utama, yaitu switching ATM dan switching Debit dengan brand “Link” untuk memberikan kemudahan transaksi antar bank di mana saja, kapan saja.

Pada tahun 2018 Jalin memperoleh Persetujuan Operasional pada Kepesertaan Sistem BI-RTGS. Di tahun yang sama, Jalin melanjutkan inovasinya dengan mempersiapkan bisnis ATM Managed Service. Layanan ini meluncur secara resmi pada 1 Januari 2019 dan menjadi salah satu bisnis utama Jalin di samping layanan switching.

Layanan ATM Managed Service adalah inovasi untuk memberikan dukungan dalam hal pengelolaan ATM milik bank-bank yang menjadi member Jalin. Lingkupnya seperti pemeliharaan mesin ATM dan pemeliharaan kebersihan ATM. Hal ini sesuai dengan misi Jalin untuk mendukung pengelolaan kanal fisik perbankan nasional yang berbasis teknologi, sehingga memberikan efisiensi dan peningkatan keamanan layanan bagi member bank Jalin.

Tonggak baru perjalanan Jalin sebagai Lembaga Switching terjadi pada tahun 2019 ketika mendapatkan izin sebagai penyelenggara QRIS oleh Bank Indonesia (BI). QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking.

Melalui QRIS, para penyelenggara kode QR dapat saling terhubung dan beroperasi. Dalam rangka mendukung implementasi program QRIS BI, Jalin bermitra dengan beberapa PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) yang terdiri atas Bank maupun Non-Bank yang menjadi member layanan QR Switching Jalin.

Kemudian, di tahun 2020, Jalin turut berperan dalam mendukung proses merger 3 bank syariah milik Pemerintah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) atas arahan Wakil Presiden Indonesia. Dukungan ini dilakukan melalui pengintegrasian sistem teknologi informasi Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRIS selama masa interim merger menjadi BSI.

 

Memperkuat Fondasi dan Mengangkat Nilai Pertumbuhan

 

Kini, menginjak usianya yang kelima, Jalin siap bertransformasi menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial. Bertajuk “Jalin5ary” (Jalinfiversary), semangat ulang tahun kelima direfleksikan ke dalam logo angka 5 yang memadukan warna biru dan merah dengan bentuk yang dinamis serta menggambarkan digitalisasi.

Logo ini dilengkapi dengan tagline In Every Step of Your Digital Way” sebagai wujud komitmen Jalin dalam menghadirkan beragam inovasi layanan pembayaran baru. Tagline dibentuk dari 3 keyword utama; We Grow, We Transform, dan We Make It Happen yang mengandung misi memperkuat fondasi serta mengangkat nilai pertumbuhan.

We Grow adalah langkah strategis yang menjadi fondasi awal untuk menghadapi era digitalisasi dan perubahan business landscape Jalin. Hal mendasar yang dilakukan adalah dengan membentuk budaya perusahaan, ditandai dengan peluncuran budaya JalinID pada hari jadi Jalin yang keempat. Satu tahun sejak implementasinya, kini budaya JalinID berperan penting dalam pembentukan karakter Jaliners yang semakin Bisa, Sinergi, dan Tangguh dalam menghadapi perubahan akibat tantangan bisnis dan pandemi.

We Transform adalah inisiatif Jalin dalam menghadapi tantangan di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) agar semakin bertumbuh. Hal ini ditandai dengan pembaruan struktur organisasi demi memperkuat fondasi serta keterlibatan aktif Jalin dalam beragam inisiatif sinergi pembangunan ekonomi nasional, yang diwujudkan melalui sistem pembayaran QRIS cross-border dan PMO Shared Service.

We Make It Happen merupakan komitmen Jalin untuk mewujudkan sistem pembayaran yang terinterkoneksi, terinteroperabilitas, dan efisien di Indonesia, seiring dengan kemajuan teknologi dan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi. Hal ini Jalin hadirkan melalui penambahan anggota jaringan Link yang saat ini telah berjumlah 31 member yang terdiri dari bank dan non-bank, beragam sinergi bisnis dengan pelaku industri, serta investasi dalam inovasi-inovasi digital.

Bersinergi dengan BUMN dan Himbara, Jalin sebagai penunjang infrastruktur transaksi antar bank mengembangkan fitur-fitur layanan yang semakin beragam untuk bank member Jalin termasuk bank Himbara. Inovasi digital dan physical channel seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM), ATM Setor Tunai (CDM) dan ATM Setor Tarik (CRM) turut dikembangkan, sehingga kegiatan finansial masyarakat dapat semakin nyaman.

Memasuki usia kelima, Jalin akan terus melanjutkan kontribusi aktifnya dalam mewujudkan efisiensi sistem pembayaran dalam negeri yang lebih baik. Di saat yang bersamaan mendukung program Pemerintah dalam memperluas layanan pembayaran yang menjangkau hingga pelosok tanah air. Didukung dengan aktivitas bisnis berbasis tata kelola perusahaan yang baik dan efektif, ke depannya Jalin dapat semakin siap dalam menemani setiap langkah transaksi masyarakat Indonesia.