Jalin Pastikan Keunggulan Operasional di Tahun 2021 melalui Commander’s Call

Jalin Pastikan Keunggulan Operasional di Tahun 2021 melalui Commander’s Call

Sejalan dengan visi Jalin 2021 yang mengusung tema “Keunggulan Operasional untuk Mencapai Pertumbuhan Berkelanjutan” (Operational Excellence to Achieve Sustainable Growth), Jalin mengawali tahun dengan mengadakan kegiatan Commander’s Call demi memastikan kesiapan program dan layanan terbaik untuk members, Rabu (20/01).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Jaliners (karyawan Jalin-Red) membahas evaluasi pencapaian kerja tahun 2020, dimana dalam kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Jaliners tetap dapat menjaga kualitas layanan bagi seluruh member dan mencetak angka pertumbuhan pendapatan perusahaan double digit yang semakin baik dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan member Jalin tahun 2020 turut meningkat, yang semula 22 member di tahun 2019 bertambah menjadi 29 member. Dari aspek bisnis Switching, Jalin memperluas layanannya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Internet & Mobile Banking (IMB) serta uji coba cross-border. Sementara itu bisnis Managed Service semakin berkembang ditandai dengan pengadaan e-channel platform serta inovasi layanan Premises 4.0.

Program kerja 2021 turut menjadi agenda penting pembahasan Commander’s Call sebagai salah satu kunci agar Jalin bisa bertahan dan tumbuh di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) yang semakin tinggi. Perwujudan program kerja didukung dengan sasaran strategis Jalin yang dirangkum kedalam strategi TOP WORK yang mencakup aspek tata kelola perusahaan hingga peningkatan kompetensi dan kapabilitas sumber daya.

“Saya mewakili direksi menyampaikan apresiasi tertinggi atas capaian kinerja Jaliners yang positif yang senantiasa didukung dengan nilai budaya JalinID dan AKHLAK. Di tahun 2021 ini, ayo kita bangun semangat berinovasi serta jeli dalam melihat opportunity for improvement supaya kita bisa mendeliver layanan terbaik untuk members”, kata Direktur Utama Jalin Boyke Yurista menyampaikan arahannya.

Melalui komitmen TOP WORK dan keunggulan operasional yang berpegang pada prinsip 3S; Sehat Karyawan, Sehat Operasional, Sehat Bisnis – didukung dengan budaya JalinID; Bisa, Sinergi dan Tangguh – diharapkan Jalin sebagai satu institusi yang kokoh dapat meningkatkan performansi perusahaan yang pada akhirnya memberikan kontribusi positif bagi stakeholder.

 

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Selama Pandemi

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Selama Pandemi

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada setiap aktivitas transaksi kita saat menggunakan mesin ATM adalah aspek keamanan. Meskipun alat transaksi sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan yang baik, nasabah tetap perlu melakukan berbagai langkah pencegahan agar terhindar dari kejahatan.

 

Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

Sebelum bertransaksi, pastikan anda telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik, mulai dari menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain, menggunakan masker, serta membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum dan sesudah bertransaksi.

 

Waspada ATM di lokasi sepi

Biasanya kejahatan dilakukan di lokasi mesin ATM yang sepi pengunjung. Jadi apabila anda ingin melakukan transaksi, perhatikan terlebih dahulu kondisi sekitar ATM demi memastikan keamanan lokasi.

 

Pastikan keaslian perangkat ATM

Cobalah periksa perangkat ATM yang ada (seperti tempat keluar masuk kartu atau tombol memasukan kode pin). Jika kamu merasa perangkat tersebut terlalu besar/ longgar, ada goresan atau plester sebaiknya urungkan niat anda untuk bertransaksi di mesin ATM tersebut.

 

Waspada terhadap kamera tersembunyi

Modus pencurian juga dapat berupa kamera kecil yang tersembunyi pada sudut tertentu untuk melihat pin ATM anda. Kamera tersebut dapat disembunyikan di tempat yang tidak anda sadari. Coba perhatikan lebih jeli terhadap lingkungan ATM, terutama apabila terdapat kotak kecil yang ditempel di permukaan mesin ATM.

 

Jangan percaya kepada orang tak dikenal yang menawarkan bantuan

Pelaku akan berpura-pura menawarkan bantuan ketika anda mengalami masalah di mesin ATM. Lebih baik hubungi langsung call center Bank yang tertera di layar ATM (bukan pada sticker yang bisa saja diduga mencantumkan nomor call center palsu).

Jalin Rayakan HUT Keempat melalui CSR Edukasi Pembayaran Non Tunai

Jalin Rayakan HUT Keempat melalui CSR Edukasi Pembayaran Non Tunai

Sesuai dengan komitmen hari jadi yang keempat bertajuk “Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh”, Jalin menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat melalui program bantuan Edukasi Pembayaran Non Tunai berupa Uang Elektronik (UNIK) dan alat mengajar untuk 300 anak kurang mampu di Jakarta, Selasa (29/12).

Bantuan pendidikan diserahkan oleh VP Corporate Secretary Christianus Panjisasongko melalui Yayasan Pemimpin Anak Bangsa senilai Rp. 19.727.000 untuk 105 anak dan Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang senilai Rp. 32.777.000 untuk 195 anak, dengan total bantuan sebesar Rp. 52.504.000.

Program ini merupakan bagian dari rangkaian CSR Jalin dalam bidang Pendidikan anak sejak dini yang berfokus mendorong peningkatan akseptasi alat pembayaran digital di Indonesia serta mendukung program “Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)” yang diusung Bank Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2019 lalu Jalin menyerahkan bantuan Pendidikan serupa kepada 115 anak desa nelayan di Cilincing.

Saat ini krisis pandemi COVID-19 menjadi tantangan utama yang dihadapi oleh Indonesia. Kebiasaan bertransaksi non tunai demi mengurangi risiko penyebaran COVID-19 merupakan hal penting yang perlu di sosialisasikan. Diharapkan program edukasi ini dapat memperkenalkan gaya hidup masyarakat non tunai kepada anak sehingga tercipta kebiasaan bertransaksi baru yang lebih digital, sehat dan aman.

 

Jalin Tingkatkan Kualitas Layanan melalui Forum Link NARU 2020

Jalin Tingkatkan Kualitas Layanan melalui Forum Link NARU 2020

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar Forum Link NARU (Natal dan Tahun Baru) 2020 secara daring bersama dengan masing-masing perwakilan dari 19 member Bank jaringan Link yang secara total diikuti oleh lebih dari 100 partisipan, Kamis (17/12). Acara Forum Link merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Jalin sebagai salah satu upaya peningkatan layanan kepada setiap member.

Forum Link NARU 2020 dimulai dengan sambutan oleh Wakil Direktur Utama Jalin Pramasaleh H. Utomo yang menyampaikan mengenai key of success NARU 2020 (Natal & Tahun Baru) yang terdiri dari beberapa poin antara lain yaitu: komitmen, sinergi, teknologi, people, dan escalation model. Selain itu disampaikan pula profil layanan switching (ATM, Debit, QRIS) dan managed service Jalin, serta tantangan NARU di tahun 2020.

Forum terbagi menjadi beberapa sesi dengan pemaparan materi oleh para ahli dibidangnya. Materi pertama yang disampaikan yaitu mengenai New Business Update Switching oleh VP Switching Solution & Services Jalin Moch. Ircham Isfandi, dilanjutkan dengan diskusi kesiapan NARU ATM kelolaan Jalin yang disampaikan oleh VP Managed Service Commercial Jalin Pramudya el Namara. Paparan mengenai persiapan Posko NARU 2020 oleh VP IT Operations Jalin Dwi Mahendra melengkapi diskusi pada hari itu.

Kegiatan diakhiri dengan ceremony sign off komitmen Persiapan NARU 2020 oleh para pihak Bank member yang bertujuan untuk menciptakan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak. Dengan sinergi dan kolaborasi tersebut, pencapaian kesuksesan dan peningkatan kualitas NARU 2020 akan terdeliver dengan baik, sehingga memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia.

 

Grand Celebration #Jalin4Tahun: Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh

Grand Celebration #Jalin4Tahun: Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menyelenggarakan acara daring untuk merayakan hari jadinya yang keempat, dihadiri oleh keluarga besar Jalin, jajaran stakeholder yang terdiri dari PT Danareksa (Persero) dan Telkom Indonesia selaku Induk Perusahaan serta member layanan LINK, Sabtu (14/11). Selebrasi tahun ini juga menjadi momentum Jalin dalam memperkuat komitmennya melalui peluncuran budaya perusahaan JalinID yang bermakna Bisa, Sinergi dan Tangguh.

“Mengusung tema ‘Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh’, di ulang tahun keempat ini kami memantapkan semangat dan komitmen baru dalam mendorong sinergi antara pelaku di industri. Dengan budaya AKHLAK BUMN sebagai fondasinya, kami harapkan JalinID dapat menjadi pedoman prinsip, cara pandang, dan perilaku karyawan sehingga tercipta perusahaan yang kompeten demi mendukung peningkatan kinerja BUMN secara berkelanjutan,” kata Direktur Utama Jalin Boyke Yurista dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Ari Soerono menyampaikan ucapan selamat sekaligus harapannya terhadap Jalin selaku bagian dari Danareksa Group, “Meskipun usia Jalin masih sangat muda, namun kiprah dan kreativitas Jalin yang tinggi memberikan harapan besar bagi kami untuk Jalin terus tumbuh dan melakukan terobosan lainnya di bidang Switching dan Managed Service. Jangan lupa, ‘play for the name on the front of the shirt, and they will remember the name on the back of the shirt’. Bangun dan kembangkan Jalin, maka orang akan mengenal Jaliners. Akhir kata, mewakili Danareksa Group, kami ucapkan selamat atas peluncuran budaya JalinID.”

Serangkaian acara hiburan turut mewarnai selebrasi kali ini, diantaranya penampilan duet Wakil Direktur Utama Jalin Pramasaleh H. Utomo dengan Jaliners, ucapan selamat dari para member, dresscode challenge hingga doorprize dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Jalin mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder yang senantiasa menemani setiap langkah Jalin dan mendukung komitmen Perusahaan dalam mewujudkan efisiensi sistem pembayaran dalam negeri. Sampai jumpa di perayaan ulang tahun berikutnya!

*Seluruh proses produksi rangkaian acara HUT Jalin mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku

 

Forum QRIS 2020: Wujudkan Interkoneksi dan Interoperabilitas Sistem Pembayaran

Forum QRIS 2020: Wujudkan Interkoneksi dan Interoperabilitas Sistem Pembayaran

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar Forum QRIS secara online bersama dengan 11 bank member QR jaringan Link yang secara total diikuti sebanyak 65 partisipan, Selasa (22/9). Acara Forum QRIS Jalin dimulai dengan sosialiasi mengenai inquiry ID 51 oleh ASPI yang disampaikan oleh Bapak Tata Martadinata selaku Head of Product & Technology ASPI. Pada kesempatan yang sama Jalin turut menyampaikan beberapa topik, antara lain mengenai performansi Transaksi QRIS via Jalin serta diskusi operasional QRIS.

Jalin dalam kapasitasnya sebagai Lembaga Switching siap untuk mendukung implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Melalui QRIS ini penyelenggara QR Code saling terhubung (interkoneksi) dan saling dapat dioperasikan (interoperabilitas). Tidak berhenti pada fitur QRIS Domestik, kedepannya QRIS juga dapat digunakan untuk fitur Cross Border dimana turis asing dapat melakukan scan QRIS menggunakan aplikasi dari negara masing-masing, begitu pula dengan aplikasi pembayaran dari Indonesia yang dapat digunakan untuk scan QR di negara lain. Saat ini Jalin bekerjasama dengan beberapa Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) baik Bank maupun Non Bank yang menjadi member layanan QR Switching Jalin, baik untuk layanan QRIS Domestik maupun inisiasi layanan transaksi QRIS Cross Border.

“Terima kasih kepada ASPI dan juga para PIC anggota QR Jaringan Link yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada acara Forum QRIS Jalin. Kami berharap kedepannya Jalin dan para anggota dapat saling mendukung operasional layanan QRIS Link. Jalin sangat terbuka untuk segala feedback, termasuk jika nantinya dibutuhkan untuk pelaksanaan Forum QRIS Kembali,” ujar VP Switching Commercial Jalin Melani Anugrahani menutup acara.