5 Tips Membangun Karir Lebih Profesional

5 Tips Membangun Karir Lebih Profesional

Perkembangan industri yang saat ini meningkat begitu pesat menuntut setiap insan di dalamnya kian adaptif, kompeten, dan profesional. Peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam industri sangat penting, karena bagaimana pun “man behind the gun” lah yang akan menentukan akurasi tembakan pada sasaran.

Kompetensi menjadi hal yang sangat penting untuk terus dikembangkan demi memastikan setiap individu tetap relevan dengan perkembangan dunia industri. Hal ini menjadikan setiap individu semakin kompetitif untuk mendapatkan kesempatan karir yang cemerlang di dunia kerja.

Ketatnya persaingan dalam dunia kerja menjadi tantangan tersendiri, bukan hanya bagi para fresh graduate, namun juga bagi para profesional. Seseorang dengan nilai akademis yang tinggi dan kreatif belum cukup untuk memastikan keberhasilan perjalanan karirnya. Dibutuhkan perencanaan karir, pemahaman diri, hingga keberanian untuk mengambil kesempatan. Berikut 5 tips yang dapat membantu untuk memaksimalkan kesempatan karir:

Pahami Budaya Kerja

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda. Budaya kerja dibuat untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan menyamaratakan kebiasaan, cara pandang, gaya bekerja, sikap dan faktor penting lainnya yang menjunjung profesionalisme dalam bekerja. Apabila budaya kerja sudah dipahami, pekerjaan yang dilakukan pun semakin baik dan meningkat.

Membangun Hubungan Baik

Memiliki hubungan baik di lingkungan kerja dapat dimulai dengan menjadi individu yang ramah, bersikap jujur, antusias, dapat diandalkan, aktif dan mampu membangun teamwork. Hubungan yang baik menciptakan keharmonisan dalam membina relasi yang juga berguna untuk masa depan karir.

T-Shape Skill

Layaknya huruf T, pengetahuan atau skill haruslah luas sehingga analisa dapat lebih komprehensif. Selain itu, kita harus memiliki minimal sebuah skill yang secara fokus diperdalam sehingga menjadi personal branding tersendiri. Pengetahuan yang luas turut memperluas network dan meningkatkan kredibilitas, menjadikan kita sebagai subject matter expert di perusahaan tempat kita bekerja.

Mengelola Emosi Diri

Mampu memahami dan mengelola emosi diri akan membuat kita mampu melihat persoalan dengan lebih jernih. Membiasakan mengelola emosi diri dapat membantu perjalanan karir menjadi lebih cemerlang karena dapat mengontrol keadaan. Jika yang dirasakan dapat mengganggu pekerjaan, ada baiknya lakukanlah self-healing dan refreshing sementara waktu.

Manfaatkan Setiap Kesempatan

Setiap tantangan adalah sebuah kesempatan emas apabila dikerjakan dengan maksimal. Jauhi keraguan dalam menerima tantangan lebih dan bangun kepercayaan terhadap kemampuan diri agar menjadi pribadi yang siap dan tangguh. Berikan usaha terbaik sehingga kesempatan tersebut menghasilkan prestasi untuk masa depan karir.

Meningkatkan dan memaksimalkan karir di tengah ketatnya persaingan tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Membangun komitmen dalam bekerja dapat meningkatkan kesiapan dan value diri sehingga perjalanan karir dapat semakin sukses di masa depan.

Mengenal JalinID: Budaya Perusahaan Penentu Kesuksesan Jalin

Mengenal JalinID: Budaya Perusahaan Penentu Kesuksesan Jalin

Era digital membuat pasar semakin dinamis dan persaingan semakin kompetitif. Akselerasi transformasi digital yang diwujudkan melalui adopsi teknologi baru, model bisnis baru yang berbasis peningkatan pengalaman pelanggan, transformasi budaya kerja, dan memangkas proses bisnis menjadi hal vital demi mewujudkan misi Jalin sebagai the national digital highway. Menjawab berbagai tantangan tersebut, Jalin meluncurkan budaya perusahaan JalinID yang terdiri dari 3 nilai utama yaitu BISA, SINERGI, TANGGUH yang merupakan fondasi untuk setiap perilaku, pola interaksi, hingga keputusan-keputusan yang diambil demi mendorong pencapaian tujuan Perusahaan.

Dalam perjalanan pembentukan budayanya, Jalin merujuk pada AKHLAK BUMN untuk memastikan keselarasan dengan budaya BUMN serta melibatkan karyawan (Jaliners) secara penuh dalam perumusannya. Kombinasi pendekatan bottom up dan top down dilakukan hingga ditemukan 3 nilai utama Jalin yang dirangkum kedalam Jalin Identity atau JalinID – sebuah standar etik dan perilaku Jaliners dalam memastikan kualitas kinerja dan layanan yang excellence. JalinID merupakan faktor penting untuk membangun budaya organisasi yang sehat dan meningkatkan employee experience karena JalinID dibentuk dengan 2 (dua) komponen penting, yaitu AKHLAK BUMN dan aspirasi Jaliners.

JalinID terdiri dari nilai utama:

  1. BISA yaitu komitmen untuk memberikan lebih dari yang terbaik dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam bekerja;
  2. SINERGI yaitu sikap menghormati orang lain, menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang harmonis serta mengutamakan kerja tim;
  3. TANGGUH yaitu semangat dan antusias dalam lingkungan kerja yang dinamis dan seimbang;

Oleh karenanya, kita dapat dengan mudah menemukan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) di dalam JalinID. Nilai BISA sejalan dengan nilai Amanah, Kompeten dan Loyal yang berarti memegang teguh kepercayaan, terus belajar dan mengembangkan diri, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Nilai SINERGI didasari oleh nilai Harmonis dan Kolaboratif yang menjunjung sikap saling peduli dan menghargai perbedaan serta terus membangun kerja sama. Semangat dan antusias yang terdapat pada nilai TANGGUH didasari oleh nilai Adaptif BUMN yang mengedepankan inovasi.

JalinID bukan hanya identitas bagi Jaliners, melainkan juga gaya hidup, kekuatan fundamental dan pemersatu yang akan menentukan kesuksesan Jalin. JalinID adalah jati diri Jaliners yang kompeten, terbuka untuk bersinergi dan terbuka terhadap perbedaan, karena Jaliners senantiasa berusaha meningkatkan kapasitas diri. Sikap ini menjadi fokus penting Jalin demi memastikan kepuasan pelanggan dalam setiap layanan yang diberikan. Diharapkan JalinID dapat mendukung keunggulan kompetitif Jalin sebagai penghubung pelaku industri yang senantiasa aktif berupaya mewujudkan kedaulatan sistem pembayaran nasional.

ATM Link dan LinkAja Siap Mendukung Sistem Pembayaran Indonesia

ATM Link dan LinkAja Siap Mendukung Sistem Pembayaran Indonesia

Alat pembayaran terus berkembang dari alat pembayaran tunai (cash) ke alat pembayaran non tunai (non-cash). Pada satu dekade terakhir, telah terjadi gelombang digitalisasi dan penetrasi ke kehidupan masyarakat yang mengubah secara drastis perilaku masyarakat. Saat ini, tren pembayaran online atau e-Payment di Indonesia sudah berkembang dengan sangat cepat. Tren ini diawali oleh inisiatif Pemerintah dan Bank Indonesia yang sejak 2013 lalu menggalakkan kampanye cashless society yang dikenal sebagai Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Digitalisasi sistem pembayaran semakin teramplifikasi melalui perkembangan ekspansi instrumen uang elektronik berbasis server (server-based) yang hadir dalam aplikasi pada dawai. Bank Indonesia mencatat pasar uang elektronik saat ini sudah dikuasai oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) non Bank, kendati demikian operasional uang elektronik PJSP non Bank tersebut tidak terlepas dari peran Bank baik dalam proses isi ulang saldo, penempatan dana mengendap, hingga setelmen.

Berdasarkan data Bank Indonesia, pada bulan Januari 2021 masih terdapat pertumbuhan positif peredaran uang kartal dan giral sebesar 18,7% (YoY). Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai masih terbilang tinggi dan artinya peran mesin ATM sejatinya saat ini masih sangat dibutuhkan baik untuk penyediaan uang kartal maupun transaksi elektronik bagi masyarakat yang belum familiar dengan aplikasi pada dawai.

Layanan dompet digital seperti LinkAja maupun layanan transaksi berbasis ATM dari perbankan seperti ATM Link adalah contoh produk dengan berbagai fitur pendukung yang menunjang transaksi pembayaran masyarakat. Meski mempunyai bentuk dan beberapa fungsi yang berbeda, kedua produk tersebut saling melengkapi fasilitas sistem pembayaran di Indonesia serta masing-masing berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian nasional melalui inklusi alat pembayaran.

 

ATM Link

ATM Link merupakan layanan transaksi berbasis ATM persembahan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank BTN, BNI, Bank Mandiri dan BANK BRI yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi cash withdrawal (penarikan tunai), balance inquiry (cek saldo), transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, isi ulang/ top up uang elektronik maupun transaksi perbankan lainnya. Saat ini sudah terdapat lebih dari 53.000 ATM Link yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan menjangkau hingga pelosok terpencil di tanah air.

 

LinkAja

Sebelumnya bernama TCASH yang kemudian bertransformasi melalui integrasi 4 bank Himbara dalam layanan uang elektronik berbasis server dan per tanggal 21 Februari 2019 menjadi LinkAja, yaitu merupakan dompet virtual berbasis aplikasi handphone yang menyimpan saldo yang digunakan untuk membayar berbagai transaksi elektronik seperti pembelian pulsa/ data, pembayaran merchant, dan lainnya. Karena berkembangnya keuangan Syariah, kini LinkAja juga memiliki layanan LinkAja Syariah. Pengguna layanan (user) dapat melakukan pengisian saldo LinkAja melalui rekening Bank (ATM Himbara, ATM BCA, Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, Mini ATM, Virtual Account, GraPARI, dan toko ritel yang sudah bekerjasama).

 

 

Referensi:

https://www.bankmandiri.co.id/faq-atm-link

https://www.linkaja.id/

https://midtrans.com/id/blog/tren-perkembangan-online-payment-di-indonesia

https://keuangan.kontan.co.id/news/transaksi-uang-digital-meningkat-terus-pendapatan-non-bunga-bank-tergerus?page=all

https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_234721.aspx

Jalin Pastikan Keunggulan Operasional di Tahun 2021 melalui Commander’s Call

Jalin Pastikan Keunggulan Operasional di Tahun 2021 melalui Commander’s Call

Sejalan dengan visi Jalin 2021 yang mengusung tema “Keunggulan Operasional untuk Mencapai Pertumbuhan Berkelanjutan” (Operational Excellence to Achieve Sustainable Growth), Jalin mengawali tahun dengan mengadakan kegiatan Commander’s Call demi memastikan kesiapan program dan layanan terbaik untuk members, Rabu (20/01).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Jaliners (karyawan Jalin-Red) membahas evaluasi pencapaian kerja tahun 2020, dimana dalam kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Jaliners tetap dapat menjaga kualitas layanan bagi seluruh member dan mencetak angka pertumbuhan pendapatan perusahaan double digit yang semakin baik dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan member Jalin tahun 2020 turut meningkat, yang semula 22 member di tahun 2019 bertambah menjadi 29 member. Dari aspek bisnis Switching, Jalin memperluas layanannya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Internet & Mobile Banking (IMB) serta uji coba cross-border. Sementara itu bisnis Managed Service semakin berkembang ditandai dengan pengadaan e-channel platform serta inovasi layanan Premises 4.0.

Program kerja 2021 turut menjadi agenda penting pembahasan Commander’s Call sebagai salah satu kunci agar Jalin bisa bertahan dan tumbuh di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) yang semakin tinggi. Perwujudan program kerja didukung dengan sasaran strategis Jalin yang dirangkum kedalam strategi TOP WORK yang mencakup aspek tata kelola perusahaan hingga peningkatan kompetensi dan kapabilitas sumber daya.

“Saya mewakili direksi menyampaikan apresiasi tertinggi atas capaian kinerja Jaliners yang positif yang senantiasa didukung dengan nilai budaya JalinID dan AKHLAK. Di tahun 2021 ini, ayo kita bangun semangat berinovasi serta jeli dalam melihat opportunity for improvement supaya kita bisa mendeliver layanan terbaik untuk members”, kata Direktur Utama Jalin Boyke Yurista menyampaikan arahannya.

Melalui komitmen TOP WORK dan keunggulan operasional yang berpegang pada prinsip 3S; Sehat Karyawan, Sehat Operasional, Sehat Bisnis – didukung dengan budaya JalinID; Bisa, Sinergi dan Tangguh – diharapkan Jalin sebagai satu institusi yang kokoh dapat meningkatkan performansi perusahaan yang pada akhirnya memberikan kontribusi positif bagi stakeholder.

 

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Selama Pandemi

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Selama Pandemi

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada setiap aktivitas transaksi kita saat menggunakan mesin ATM adalah aspek keamanan. Meskipun alat transaksi sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan yang baik, nasabah tetap perlu melakukan berbagai langkah pencegahan agar terhindar dari kejahatan.

 

Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

Sebelum bertransaksi, pastikan anda telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik, mulai dari menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain, menggunakan masker, serta membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum dan sesudah bertransaksi.

 

Waspada ATM di lokasi sepi

Biasanya kejahatan dilakukan di lokasi mesin ATM yang sepi pengunjung. Jadi apabila anda ingin melakukan transaksi, perhatikan terlebih dahulu kondisi sekitar ATM demi memastikan keamanan lokasi.

 

Pastikan keaslian perangkat ATM

Cobalah periksa perangkat ATM yang ada (seperti tempat keluar masuk kartu atau tombol memasukan kode pin). Jika kamu merasa perangkat tersebut terlalu besar/ longgar, ada goresan atau plester sebaiknya urungkan niat anda untuk bertransaksi di mesin ATM tersebut.

 

Waspada terhadap kamera tersembunyi

Modus pencurian juga dapat berupa kamera kecil yang tersembunyi pada sudut tertentu untuk melihat pin ATM anda. Kamera tersebut dapat disembunyikan di tempat yang tidak anda sadari. Coba perhatikan lebih jeli terhadap lingkungan ATM, terutama apabila terdapat kotak kecil yang ditempel di permukaan mesin ATM.

 

Jangan percaya kepada orang tak dikenal yang menawarkan bantuan

Pelaku akan berpura-pura menawarkan bantuan ketika anda mengalami masalah di mesin ATM. Lebih baik hubungi langsung call center Bank yang tertera di layar ATM (bukan pada sticker yang bisa saja diduga mencantumkan nomor call center palsu).

Jalin Rayakan HUT Keempat melalui CSR Edukasi Pembayaran Non Tunai

Jalin Rayakan HUT Keempat melalui CSR Edukasi Pembayaran Non Tunai

Sesuai dengan komitmen hari jadi yang keempat bertajuk “Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh”, Jalin menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat melalui program bantuan Edukasi Pembayaran Non Tunai berupa Uang Elektronik (UNIK) dan alat mengajar untuk 300 anak kurang mampu di Jakarta, Selasa (29/12).

Bantuan pendidikan diserahkan oleh VP Corporate Secretary Christianus Panjisasongko melalui Yayasan Pemimpin Anak Bangsa senilai Rp. 19.727.000 untuk 105 anak dan Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang senilai Rp. 32.777.000 untuk 195 anak, dengan total bantuan sebesar Rp. 52.504.000.

Program ini merupakan bagian dari rangkaian CSR Jalin dalam bidang Pendidikan anak sejak dini yang berfokus mendorong peningkatan akseptasi alat pembayaran digital di Indonesia serta mendukung program “Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)” yang diusung Bank Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2019 lalu Jalin menyerahkan bantuan Pendidikan serupa kepada 115 anak desa nelayan di Cilincing.

Saat ini krisis pandemi COVID-19 menjadi tantangan utama yang dihadapi oleh Indonesia. Kebiasaan bertransaksi non tunai demi mengurangi risiko penyebaran COVID-19 merupakan hal penting yang perlu di sosialisasikan. Diharapkan program edukasi ini dapat memperkenalkan gaya hidup masyarakat non tunai kepada anak sehingga tercipta kebiasaan bertransaksi baru yang lebih digital, sehat dan aman.