Bagikan

Jalin Dukung Integrasi Pembayaran Digital melalui Implementasi QRIS Cross Border di Jepang

Aug 17, 2025

Jalin Dukung Integrasi Pembayaran Digital melalui Implementasi QRIS Cross Border di Jepang

Sebagai bentuk nyata kontribusi terhadap transformasi sistem pembayaran nasional yang inklusif dan berdaya saing global, PT Jalin Pembayaran Nusantara ("Jalin") turut ambil bagian dalam inisiatif strategis Bank Indonesia untuk memperluas penggunaan QRIS Cross Border ke luar negeri. Mulai 17 Agustus 2025, masyarakat Indonesia yang bepergian ke Jepang akan dapat melakukan pembayaran di merchant Jepang hanya dengan memindai QR code melalui aplikasi pembayaran Indonesia.


Inisiatif ini merupakan hasil kerja sama intensif antara Bank Indonesia, Japan Payment System Association, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), serta para penyedia layanan switching nasional, termasuk Jalin yang selama ini menjadi bagian penting dari sistem transaksi domestik dan regional.


Menghubungkan Indonesia dengan Dunia Lewat Sistem Pembayaran Digital

Langkah ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang membangun konektivitas ekonomi lintas negara yang lebih inklusif. Dengan QRIS Cross Border, masyarakat Indonesia dapat bertransaksi secara mudah, efisien dan aman di luar negeri.


Hingga awal 2025, berdasarkan data dari Bank Indonesia QRIS telah digunakan oleh lebih dari 35 juta merchant di seluruh Indonesia. Hal tersebut menjadi wujud nyata adopsi masif sistem pembayaran berbasis QR code dalam negeri. Ekspansi ke mancanegara adalah bentuk perluasan manfaat yang membawa potensi pertumbuhan baru dalam sektor pariwisata maupun UMKM.


QRIS kini menjadi jembatan pembayaran lintas negara, sejalan dengan visi Jalin untuk menjadi enabler utama dalam penguatan ekosistem ekonomi digital nasional yang inklusif, aman, dan berkelanjutan.


Peran Jalin dalam Ekspansi QRIS ke Mancanegara

Sebagai salah satu dari empat penyedia layanan switching nasional, Jalin tidak hanya bertanggung jawab atas integrasi teknis sistem, tetapi juga ikut aktif dalam proses uji coba, pengembangan standar dan penyelarasan operasional dengan pihak mitra luar negeri.


Dalam proyek perluasan ke Jepang, Jalin turut mendukung proses sandboxing dan pengujian sistem agar interoperabilitas dapat terwujud tanpa mengorbankan aspek keamanan, kecepatan, dan kenyamanan pengguna.


Untuk negara mitra lain seperti Tiongkok, India, Korea Selatan, dan Arab Saudi, Jalin terus berkomitmen mendukung setiap tahap kolaborasi yang sedang berlangsung, baik di tingkat otoritas maupun industri. Komitmen ini mencerminkan visi Jalin untuk menjadi mitra strategis dalam memperkuat ekosistem pembayaran digital nasional sekaligus memperluas jangkauan layanan ke pasar global.

Artikel Terbaru

Kami menghargai privasi Anda

Situs web ini menyimpan cookies di komputer Anda. Cookies ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan situs kami dan memungkinkan kami untuk mengingat Anda. Kami menggunakan informasi ini untuk meningkatkan dan menyesuaikan pengalaman Anda serta untuk analitik dan metrik.