Saat ini, bertransaksi di ATM Link sudah menjadi bagian dari keseharian pemegang kartu ATM Himbara (Himpunan Bank Negara). Alasannya tidak terlepas dari kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Misalnya, memeriksa saldo, mentransfer uang, dan membayar tagihan. Hal ini berkat peran Jalin sebagai penyedia layanan ATM Premises. Layanan tersebut membuat infrastruktur di sekitar ATM Link tetap nyaman dan aman bagi penggunanya.

 

Peran Jasa ATM Premises Meningkatkan Kenyamanan Bertransaksi di ATM Link

ATM Premises adalah kegiatan pemeliharaan tempat dan infrastruktur untuk ATM Link dengan target kunjungan 100% per bulan. Layanan ini merupakan bagian dari ATM Managed Services yang memberikan dukungan dalam hal pengelolaan dan pemeliharaan ATM milik bank-bank yang menjadi member Jalin. Dengan adanya layanan ini, nasabah bank Himbara bisa merasakan banyak manfaat. Beberapa di antaranya yaitu:

 

1. Kebersihan yang terjaga

Salah satu tujuan ATM Premises adalah untuk menjamin dan memastikan kebersihan ruangan ATM Link. Akan ada kunjungan harian setiap bulan dari staf pemeliharaan. Mereka akan memastikan tidak ada sampah di sekitar ATM, membersihkan kaca jika ATM ada di dalam ruangan, dan mengelap ATM. Dengan begitu, nasabah bisa merasa nyaman bertransaksi di mesin ATM Link.

Selain itu, Jalin juga memiliki inovasi Smartcam Premises 4.0. Inovasi ini memanfaatkan fungsi teknologi kamera cerdas untuk membantu memantau kebersihan ruang ATM secara rutin. Kamera pintar tersebut dapat memantau kondisi ruangan ATM secara real-time atau terjadwal selama 24×7 dan melakukan pemantauan pada kondisi minim pencahayaan. Jika kamera menangkap indikasi adanya masalah, seperti fraud dan sampah, informasi tersebut akan diteruskan ke dashboard pemantauan untuk memberitahu petugas terkait.

 

2. Keamanan dan Kelancaran Transaksi

Selain melakukan kunjungan reguler, jasa ATM Premises juga memiliki kegiatan kunjungan non-reguler untuk melakukan perbaikan atau penggantian infrastruktur ruang ATM. Kunjungan ini dilakukan berdasarkan laporan nasabah yang diterima atau hasil pemantauan melalui perangkat yang dimiliki Penyedia Jasa yang telah mendapat persetujuan Pengguna Jasa melalui Rate Card berdasarkan SLA yang ditetapkan. Dengan begitu, kendala yang timbul dapat diminimalisir dan diatasi dalam jangka waktu yang singkat.

Selain kunjungan pemeliharaan mesin ATM, inovasi Premises 4.0 Smartcam juga dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan di sekitar ATM. Kamera pintar tersebut dapat mengenali objek seperti manusia serta benda yang dibawanya. Jika manusia yang dipantau menunjukan perilaku yang mencurigakan atau terdapat benda mencurigakan di sekitar ATM Link, kamera akan mengirimkan pemberitahuan ke Dashboard Monitoring berikut tingkat prioritasnya.

 

Dukungan Teknologi untuk Menjaga Kualitas Layanan Terbaik

Dalam rangka memberikan jasa ATM Premises yang optimal, Jalin juga menggunakan teknologi aplikasi mobile berbasis Android bernama JSeeca (Jalin’s Site End Point & Controller Application). Aplikasi tersebut digunakan untuk mendukung kegiatan kunjungan dan pekerjaan kebersihan ATM.

Bank yang menjadi member Jalin pun dapat menggunakan aplikasi ini melalui Web dan App. Mereka dapat menggunakan JSeeca untuk memantau pekerjaan pemeliharaan mesin ATM dan sebagai basis data analisa lokasi ATM.

Sementara itu, petugas lapangan dapat melakukan Input Data ATM & Surrounding, Checklist kunjungan Vendor, serta Merekam masalah yang terjadi pada ATM & Infrastruktur melalui aplikasi mobile Jseeca. Sedangkan akses melalui web memiliki fitur untuk Menampilkan database ATM, Audit trail dan monitoring, dan Sistem Pelaporan.

Kehadiran aplikasi JSeeca sendiri melengkapi layanan ATM Premises. Dengan begitu, Jalin dapat mengoptimalkan layanan pemeliharaan sarana dan prasarana ATM Link. Sehingga, nasabah bank member Jalin dapat bertransaksi di ATM Link lebih nyaman, aman, dan tanpa kendala berarti.