Membangun networking menjadi sebuah keharusan dalam dunia kerja saat ini karena membuka berbagai peluang untuk mengembangkan karir. Selain itu, networking juga bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, memperluas pengetahuan, meningkatkan kapasitas diri untuk berinovasi, hingga membuka peluang promosi. Namun, aktivitas ini juga bisa menjadi tantangan yang sulit dilakukan bagi sebagian orang.

Networking adalah sebuah tindakan atau proses interaksi untuk melakukan pertukaran informasi dan ide di antara orang-orang dengan profesi atau minat khusus yang sama. Aktivitas ini biasanya terjadi dalam acara sosial informal yang dirancang untuk menarik banyak orang dengan minat dan pemikiran yang serupa seperti seminar, konferensi, atau expo.

 

Tips Membangun Networking

Meski begitu, terkadang membangun network tidaklah mudah. Bagi sebagian orang, aktivitas ini bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup sulit. Oleh karena itu, Jalin merangkum lima tips yang dapat membantu Anda untuk memulai networking.

 

Fokus Pada Kesempatan Belajar Hal Baru

Membangun network dapat dimulai dengan mengubah kerangka pikir ke arah yang positif, seperti untuk bertumbuh, melangkah maju, dan meraih pencapaian baru. Dengan berkonsentrasi pada hal-hal positif, aktivitas ini akan jauh lebih bermanfaat karena Anda tahu hal tersebut bisa membantu Anda meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan.

 

Mengidentifikasi Kesamaan Minat

Sebelum melakukan networking, Anda juga harus melakukan riset. Tujuan dari riset ini adalah mencari tahu minat dari orang-orang yang mungkin akan Anda temui dalam sebuah acara. Dengan begitu, Anda bisa menyelaraskan tujuan Anda dengan mereka untuk menjalin hubungan kerja yang lebih bermakna dan produktif.

 

Memikirkan Lebih Luas Tentang Apa yang Bisa Diberikan

Karyawan senior dan junior memiliki nilai yang berbeda untuk ditawarkan ketika membangun relasi. Karyawan senior bisa memberikan nasihat, bimbingan, hingga akses ke sumber daya. Karyawan junior bisa memberikan wawasan baru tentang tren dan teknologi di generasi muda serta mengorganisir aktivitas positif di luar hal pekerjaan. Ketika Anda membuka pikiran lebih luas tentang apa yang bisa diberikan dibandingkan apa yang bisa Anda dapat, Anda akan lebih bersemangat meluangkan waktu untuk berjejaring.

 

Menemukan Tujuan yang Lebih Tinggi

Setiap aktivitas kerja dapat menjadi lebih menarik jika Anda bisa mengaitkannya dengan tujuan yang lebih tinggi. Biasanya, orang-orang yang berfokus pada manfaat kolektif dari membangun koneksi cenderung menunjukkan hasil yang lebih efektif, bahkan meningkatkan ketertarikan orang untuk terhubung. Misalnya, membangun jaringan untuk meningkatkan kualitas layanan perusahaan demi menaikkan kepuasan pelanggan.

 

Online Networking

Membangun networking secara online tengah menjadi alternatif populer di situasi pandemi saat ini. Anda bisa memanfaatkan platform seperti LinkedIn yang dirancang khusus untuk menghubungkan para profesional. Di sana, Anda bisa terhubung dengan orang-orang di industri yang Anda geluti, menunjukkan pencapaian, bergabung dengan grup, sampai menerbitkan artikel yang menarik agar dapat meningkatkan personal branding dan membuka peluang karir.

 

Mengubah Kerangka Berpikir Membuat Anda Nyaman Membangun Networking

Tidak semua orang bisa membangun networking dengan nyaman, meski mereka tahu networking adalah salah satu faktor utama untuk menunjang kesuksesan karir profesionalnya. Kabar baiknya adalah mereka dapat mengatasi tantangan ini dengan mengubah kerangka berpikir mereka.

Pikirkan manfaat yang bisa diberikan dan diraih secara jangka panjang. Selanjutnya, tentukan tujuan networking Anda. Wujudkan lah goal ini ke dalam langkah-langkah kecil yang secara perlahan dapat membangun network Anda. Lalu, fokuslah pada niat positif sehingga Anda dapat meningkatkan semangat dan kenyamanan dalam berelasi.

Hal yang perlu Anda ingat adalah membangun networking tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. Siapkan mental untuk menghadapi rintangan dalam berinteraksi dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda.  Latih cara berkomunikasi dan mempresentasikan diri kepada orang lain. Dengan begitu, tujuan Anda untuk membangun hubungan profesional yang lebih bermakna bisa terjalin dengan lebih baik.