Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada setiap aktivitas transaksi kita saat menggunakan mesin ATM adalah aspek keamanan. Meskipun alat transaksi sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan yang baik, nasabah tetap perlu melakukan berbagai langkah pencegahan agar terhindar dari kejahatan.

 

Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

Sebelum bertransaksi, pastikan anda telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik, mulai dari menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain, menggunakan masker, serta membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum dan sesudah bertransaksi.

 

Waspada ATM di lokasi sepi

Biasanya kejahatan dilakukan di lokasi mesin ATM yang sepi pengunjung. Jadi apabila anda ingin melakukan transaksi, perhatikan terlebih dahulu kondisi sekitar ATM demi memastikan keamanan lokasi.

 

Pastikan keaslian perangkat ATM

Cobalah periksa perangkat ATM yang ada (seperti tempat keluar masuk kartu atau tombol memasukan kode pin). Jika kamu merasa perangkat tersebut terlalu besar/ longgar, ada goresan atau plester sebaiknya urungkan niat anda untuk bertransaksi di mesin ATM tersebut.

 

Waspada terhadap kamera tersembunyi

Modus pencurian juga dapat berupa kamera kecil yang tersembunyi pada sudut tertentu untuk melihat pin ATM anda. Kamera tersebut dapat disembunyikan di tempat yang tidak anda sadari. Coba perhatikan lebih jeli terhadap lingkungan ATM, terutama apabila terdapat kotak kecil yang ditempel di permukaan mesin ATM.

 

Jangan percaya kepada orang tak dikenal yang menawarkan bantuan

Pelaku akan berpura-pura menawarkan bantuan ketika anda mengalami masalah di mesin ATM. Lebih baik hubungi langsung call center Bank yang tertera di layar ATM (bukan pada sticker yang bisa saja diduga mencantumkan nomor call center palsu).