Inovasi Kami untuk Anda

Jalin saat ini memiliki dua layanan utama, yaitu Switching ATM dan Switching Debit dengan brand “Link”. Layanan Switching ATM telah beroperasi sejak bulan April 2017, sedangkan layanan Switching Debit tercatat resmi beroperasi sejak bulan Desember 2017. Hingga saat ini jaringan Link memiliki 19 member yang termasuk didalamnya adalah Bank Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu BRI, Bank Mandiri, BTN dan BNI. Berikut adalah penjelasan kedua layanan tersebut:

ATM Switching Link

ATM Switching Link adalah layanan yang memfasilitasi para nasabah pemegang kartu ATM dari bank Himbara untuk melakukan transaksi Cek Saldo, Tarik Tunai, Transfer, dan Pembayaran Tagihan di seluruh channel ATM yang tergabung dalam jaringan Link. Sistem Switching yang digunakan mampu memroses lebih dari 400 juta transaksi dalam setahun.

 

Fitur

  1. Cek Saldo
  2. Tarik Tunai
  3. Transfer
  4. Pembayaran *

DEBIT LINK

Debit Switching Link

Layanan Debit Switching Link merupakan bagian dari program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang memungkinkan nasabah pemegang kartu debit dari bank-bank yang tergabung sebagai anggota jaringan Debit Link – Himbara maupun non Himbara – untuk dapat melakukan transaksi pada mesin EDC bank-bank yang telah tergabung dalam program GPN. Layanan ini mampu memproses hingga 24 juta transaksi dalam setahun.

Pembelian/Purchase

Transaksi pembelian barang/jasa atau transaksi debet melalui EDC di merchant / acquirer anggota LINK

Pembatalan/Void

Pembatalan transaksi pembelian barang/jasa atau transaksi debet apabila terjadi kesalahan transaksi atau sistem

Tahap Implementasi

QR

QR

Jalin dalam kapasitasnya sebagai Lembaga Switching juga sudah siap untuk mendukung implementasi QRIS di 2020. Melalu QRIS ini kedepannya penyelenggara QR Code akan dapat interkoneksi (saling terhubung) dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan). Jalin sudah berhasil menggandeng puluhan Fintech untuk menjadi member dalam layanan ini.

Tidak berhenti pada transaksi QRIS Domestik, kedepannya QRIS juga akan dapat digunakan untuk transaksi Cross Border dimana turis asing dapat scan QRIS menggunakan aplikasi dari negara masing-masing begitu juga dengan aplikasi pembayaran dari Indonesia dapat digunakan untuk scan QR di negara lain.

Fitur:
Pembelian/Purchase
Transaksi pembelian barang/jasa atau transaksi debet melalui EDC di merchant / acquirer anggota LINK

Pembatalan/Void
Pembatalan transaksi pembelian barang/jasa atau transaksi debet apabila terjadi kesalahan transaksi atau sistem

QRIS Domestik

Alur Perizinan PJSP