Era digital membuat pasar semakin dinamis dan persaingan semakin kompetitif. Akselerasi transformasi digital yang diwujudkan melalui adopsi teknologi baru, model bisnis baru yang berbasis peningkatan pengalaman pelanggan, transformasi budaya kerja, dan memangkas proses bisnis menjadi hal vital demi mewujudkan misi Jalin sebagai the national digital highway. Menjawab berbagai tantangan tersebut, Jalin meluncurkan budaya perusahaan JalinID yang terdiri dari 3 nilai utama yaitu BISA, SINERGI, TANGGUH yang merupakan fondasi untuk setiap perilaku, pola interaksi, hingga keputusan-keputusan yang diambil demi mendorong pencapaian tujuan Perusahaan.

Dalam perjalanan pembentukan budayanya, Jalin merujuk pada AKHLAK BUMN untuk memastikan keselarasan dengan budaya BUMN serta melibatkan karyawan (Jaliners) secara penuh dalam perumusannya. Kombinasi pendekatan bottom up dan top down dilakukan hingga ditemukan 3 nilai utama Jalin yang dirangkum kedalam Jalin Identity atau JalinID – sebuah standar etik dan perilaku Jaliners dalam memastikan kualitas kinerja dan layanan yang excellence. JalinID merupakan faktor penting untuk membangun budaya organisasi yang sehat dan meningkatkan employee experience karena JalinID dibentuk dengan 2 (dua) komponen penting, yaitu AKHLAK BUMN dan aspirasi Jaliners.

JalinID terdiri dari nilai utama:

  1. BISA yaitu komitmen untuk memberikan lebih dari yang terbaik dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam bekerja;
  2. SINERGI yaitu sikap menghormati orang lain, menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang harmonis serta mengutamakan kerja tim;
  3. TANGGUH yaitu semangat dan antusias dalam lingkungan kerja yang dinamis dan seimbang;

Oleh karenanya, kita dapat dengan mudah menemukan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) di dalam JalinID. Nilai BISA sejalan dengan nilai Amanah, Kompeten dan Loyal yang berarti memegang teguh kepercayaan, terus belajar dan mengembangkan diri, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Nilai SINERGI didasari oleh nilai Harmonis dan Kolaboratif yang menjunjung sikap saling peduli dan menghargai perbedaan serta terus membangun kerja sama. Semangat dan antusias yang terdapat pada nilai TANGGUH didasari oleh nilai Adaptif BUMN yang mengedepankan inovasi.

JalinID bukan hanya identitas bagi Jaliners, melainkan juga gaya hidup, kekuatan fundamental dan pemersatu yang akan menentukan kesuksesan Jalin. JalinID adalah jati diri Jaliners yang kompeten, terbuka untuk bersinergi dan terbuka terhadap perbedaan, karena Jaliners senantiasa berusaha meningkatkan kapasitas diri. Sikap ini menjadi fokus penting Jalin demi memastikan kepuasan pelanggan dalam setiap layanan yang diberikan. Diharapkan JalinID dapat mendukung keunggulan kompetitif Jalin sebagai penghubung pelaku industri yang senantiasa aktif berupaya mewujudkan kedaulatan sistem pembayaran nasional.