Revolusi industri 4.0 yang kini menjadi tren global, juga dikenal dengan “cyber physical system” merupakan fenomena dimana global dimana terjadi kolaborasi di antara teknologi cyber dengan program teknologi otomatisasi atau pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Dengan adanya revolusi industri 4.0 pun pada akhirnya membawa banyak perubahan di berbagai sektor. Saat ini cashless adalah transaksi primadona di kalangan masyarakat Indonesia.

 

Kenali Cashless Society

Pengertian Cashless adalah bentuk transaksi pertukaran nilai yang tidak menggunakan uang fisik sebagai alat pembayarannya. Sistem cashless menggunakan istilah seperti “saldo” atau “e-wallet” untuk menyebut jumlah nilai pertukaran uang dalam bentuk elektronik.

 

Perkembangan transaksi cashless di Indonesia cukup sangat pesat di lima tahun belakangan. Transaksi cashless ini pun didukung pada fitur JALIN, menggunakan QR Link, dimana merupakan salah satu sistem pembayaran cashless yang memudahkan para penggunanya. Hal ini menciptakan cashless society yang menjadi tren, terlebih ketika pandemi berlangsung.

 

Maraknya Transaksi Online

Penyebab dasar cashless society salah satunya karena sistem perdagangan dan pembayaran online. Adanya banyak keuntungan yang didapatkan atas penggunaan uang elektronik dalam bertransaksi, masyarakat pun menjadi merasa lebih nyaman. Alhasil , aktivitas transaksi keuangan online pun kerap digandrungi.

 

Masyarakat Teredukasi Literasi Digital

Dengan teknologi yang berkembang, tren transaksi dengan sistem pembayaran cashless pun  membuat masyarakat berlomba-lomba ikut  tren cashless, sehingga cashless society pun terbentuk.

 

Perilaku Masyarakat Anti Ribet

Penyebab terakhir adanya cashless society adalah perilaku masyarakat yang lebih menyukai kemudahan. Saat menggunakan sistem dengan menggunakan, transaksi keuangan pun dapat terjadi di mana dan kapan saja.

 

Kelebihan Sistem Pembayaran Cashless

Manfaat cashless ini menyeluruh untuk setiap kalangan. Sistem pembayaran Cashless merupakan opsi pembayaran anti ribet yang menguntungkan. Dengan cashless, Anda tidak lagi perlu membawa banyak uang fisik, cukup membawa smartphone, kode QR, atau kartu debit/kredit, Anda pun sudah dapat melakukan transaksi cashless dimana-mana.

 

Bagi pebisnis, sistem pembayaran cashless dapat memudahkan melakukan digitalisasi dalam berbisnis. Percepatan digitalisasi dapat meningkatkan efektivitas serta efisiensi pelayanan usaha, bisnis pun semakin dinamis dalam mendapatkan laba.

Apa saja kelebihan sistem pembayaran cashless?

 

Transaksi Menjadi Lebih Mudah & Cepat

Kelebihan sistem pembayaran cashless adalah transaksi yang menjadi lebih mudah dan cepat. Otomatisasi pada transaksi cashless membuat perpindahan nilai atau dana berlangsung dalam hitungan detik tanpa perlu ber dapat berpindah tangan hanya dalam beberapa detik saja, bahkan tanpa mengharuskan pihak-pihak dalam transaksi untuk melakukan serah terima secara fisik ketika melakukan pembayaran.

 

Mobilitas Mudah & Aman

Untuk pembelian dengan jumlah uang yang besar, sistem pembayaran cashless dapat menjadi solusi dalam bertransaksi. Tanpa perlu membawa sejumlah uang yang banyak untuk membeli suatu barang seperti mobil atau properti, melalui transaksi cashless mobilitas transaksi menjadi lebih mudah dan aman.

 

Bentuk Nilai Tukar Uang Lebih Mudah Diubah

Pembelian kuota internet atau pulsa pun tidak perlu repot untuk pergi ke counter pulsa fisik karena pembelian tersebut dapat dilakukan melalui sistem pembayaran cashless.

PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) mendukung transformasi digital melalui infrastruktur sistem pembayaran untuk tercapainya inklusi keuangan nasional melalui teknologi 3D secure ( JALIN Verifi3D), dimana transaksi menjadi lebih terjamin secara keamanan perbankan. Opsi pembayaran lain untuk berbelanja online dengan mudah, aman, dan nyaman, dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN. Dilengkapi dengan kode keamanan (OTP) yang didukung sistem keamanan sesuai standar keamanan internasional, sehingga mengurangi potensi fraud membuat bertransaksi perbankan lebih terjamin aman.