Tahukah Anda, di balik kenyamanan layanan perbankan terdapat integrasi sistem dari Jalin yang mengutamakan keamanan perbankan sehingga Anda dapat bertransaksi dengan mudah, aman, dan nyaman?

Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan terintegrasi di bidang teknologi sistem pembayaran masa kini, Jalin menjadi penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia yang ikut aktif dalam upaya mewujudkan efisiensi dan ketersediaan sistem pembayaran nasional. Berperan sebagai lembaga Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP), Jalin bertransformasi menjadi digital enabler yang menghubungkan publik dengan ekosistem finansial dan non finansial sesuai rencana “The National Digital Highway”. Saat ini Jalin telah tercatat memiliki lebih dari 35 anggota yang berasal dari industri perbankan dan fintech di Indonesia.

Layanan utama Jalin berfokus pada digitalisasi produk perbankan, switching (kliring kartu ATM, kartu Debet, GPN, dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)) serta virtual ATM.

Sebuah studi meneliti, 85% dari konsumen di Asia Tenggara pada 2021 telah menggunakan sistem digital untuk pembayaran. Adopsi cepat serta permintaan non tunai dari lembaga keuangan sebagai solusi perbankan modern telah memotivasi Jalin untuk memulai strategi modernisasi platform yang akan memungkinkannya untuk meluncurkan layanan baru serta meningkatkan layanan yang ada dalam waktu yang efisien.

ATM Switching
ATM Switching merujuk pada istilah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola channel-channel fisik (seperti ATM dan EDC). Fungsinya adalah untuk melakukan otorisasi pada rute-rute transaksi, serta menghubungkan transaksi data antar bank. Setiap bank membutuhkan koneksi berbeda untuk mencatat transaksi antar nasabahnya ke bank lain, sehingga terdapat biaya tambahan ketika melakukan transaksi atau transfer ke bank yang berbeda. Jalin merupakan perusahaan switching nasional yang menawarkan kemudahan layanan perbankan untuk bertransaksi elektronik lewat jaringan LINK.

ATM Switching mampu memproses 400 juta lebih transaksi per tahun. Fitur yang terdapat pada ATM Switching, yakni:
Cek Saldo
Tarik Tunai
Transfer
Pembayaran

Keunggulan dari ATM Switching, antara lain:
Memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan di seluruh mesin ATM berlogo LINK.
Efisiensi bagi seluruh nasabah anggota bank untuk melakukan transaksi perbankan di seluruh mesin ATM berlogo LINK.

Debit Switching
Debit Switching merupakan layanan yang menjadi bagian dari program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Layanan GPN memungkinkan nasabah pemegang kartu debit dari bank-bank yang tergabung sebagai anggota jaringan Debit Link, baik Himbara maupun non Himbara, untuk dapat bertransaksi pada mesin EDC yang tergabung dalam program GPN. Setiap tahunnya, layanan ini dapat memproses hingga 24 juta transaksi.

Fitur-fiturnya, antara lain:
Transaksi pembelian barang/jasa atau transaksi debit melalui EDC di merchant/acquirer anggota LINK.
Pembatalan transaksi pembelian barang/jasa atau transaksi debet jika terjadi kesalahan transaksi atau kesalahan pada sistem.

QRIS
Sebagai Lembaga Switching, Jalin mendukung implementasi QRIS semenjak tahun 2020. Lewat QRIS, penyelenggara QR Code dapat (saling terhubung dan saling dapat dioperasikan.

Platform satu ini telah berhasil menggandeng puluhan Fintech sebagai anggota. Tidak hanya transaksi QRIS Domestik, QRIS juga dapat digunakan pada transaksi Lintas Batas, dimana turis asing dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi dari negara masing-masing. Demikian juga dengan aplikasi pembayaran dari Indonesia, dapat digunakan untuk memindai QR di negara lain.

Untuk alur QRIS Domestik ini adalah sebagai berikut:
User melakukan scan kode QR dengan Aplikasi Bank untuk melakukan transaksi pembayaran
Aplikasi tersebut membaca kode QR, perhatikan Core Bank Issuer ketika memproses Pembayaran
Bank penerbit melihat nama dan nomor merchant, membuka ke penerima melalui Switching
Acquire memberikan Respon Berhasil (Response Code 00) kepadae Bank Penerbit, lalu memberi notifikasi ke merchant
Penerbit Bank kembali melihat ke Aplikasi dan notifikasi laporan tersebut ditunjukkan pelanggan ke merchant