Dalam upaya mengoptimalisasi sistem perputaran uang tunai secara lebih efektif dan efisien, PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) menghadirkan fitur pengelolaan uang tunai yang berbasis end-to-end lewat  JALIN Cash 360.

 

Bank Indonesia mencatat nilai transaksi uang elektronik (UE) tumbuh 49,06 persen (yoy) mencapai Rp 305,4 triliun selama 2021.Gubernur BI, Perry Warjiyo, memproyeksikan transaksi uang elektronik akan meningkat 17,13% yoy hingga mencapai Rp 357,7 triliun untuk 2022. Sementara itu uang kartal yang diedarkan pada akhir tahun  2021 tumbuh 6,78% yoy mencapai Rp 959,8 triliun. Dengan demikian, meskipun masyarakat Indonesia kini sedang berjalan menuju Cashless Society pada era Ekonomi Digital 4.0, perputaran uang tunai masih sangat tinggi. Kebutuhan uang tunai pada  B2B, hingga retail masih memiliki demand yang cukup stabil di tiap kota di Indonesia. 

 

Solusi perangkat lunak yang dihadirkan JALIN Cash 360 ini, berfungsi sebagai “sistem kontrol” bagi pengelolaan kebutuhan uang tunai untuk mesin ATM, kantor cabang Bank, hingga kebutuhan retail

 

Apa saja yang menjadi fitur dari JALIN Cash 360 ini? Simak penjelasan berikut.

 

 

Cash Forecasting

Salah satu fitur yang dihadirkan pada JALIN Cash 360 adalah Cash Forecasting, dimana prediksi pengelolaan uang tunai dilakukan dengan basis credit history sehingga mampu memberikan proyeksi pengisian uang tunai yang efektif dengan jumlah nilai dan waktu yang tepat. Pada akhirnya pendistribusian uang tunai dapat berlangsung dengan tepat guna dan akurat. Misalnya saja kebutuhan uang tunai yang memiliki kenaikan demand pada saat hari besar nasional, seperti hari raya dan libur panjang tahunan.

 

Cash Monitoring

Berikutnya adalah fitur Cash Monitoring pada JALIN Cash 360, yang berfungsi untuk mengelola laporan posisi uang tunai pada tiap cash point, untuk memastikan ketersediaan uang tunai masih cukup atau tidak. Hal ini menjadi hal yang krusial dalam hal pemantauan posisi uang tunai agara kebutuhan uang tunai di masyarakat akan selalu terpenuhi.

 

 

Cash Order Management

Fitur Cash Order Management pada JALIN Cash 360 berperan penting dalam pengelolaan sistem otomasi proses permintaan uang tunai secara end-to-end, sehingga memudahkan dalam pendistribusian uang tunai secara real time di bawah pengawasan yang terkendali.

 

 

Cash Pickup & Delivery Service

Pada kebutuhan retail, JALIN Cash 360 memiliki fitur Cash Pickup & Delivery Service. Kebutuhan pengambilan dan penempatan uang tunai pun dapat terdistribusi sesuai dengan kebutuhan melalui layanan: Cash Pickup, Cash Shutting, Cash Pulling, serta layanan pendistribusian pada cash point di area retail, spbu, dan sebagainya.

 

PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) merupakan salah satu lembaga switching berpengalaman yang berfungsi sebagai penunjang sistem pembayaran dan transaksi digital di tanah air. JALIN saat ini memiliki dua layanan utama, yaitu Switching dengan brand “Link” dan Managed Service untuk mesin ATM. Selain itu, JALIN terus melakukan pengembangan platform digital yang telah dimodernisasi dan terintegrasi seiring adanya kebutuhan transaksi yang tidak berhenti bertransformasi di era digital.