Meningkatkan kualitas diri karyawan menjadi fokus penting Jalin demi memastikan kepuasan pelanggan dalam setiap layanan yang diberikan. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut, pada bulan Agustus 2018 kegiatan sharing session “Jalin Ngopi: Ngobrol Pintar Bikin Hepi” resmi diselenggarakan dengan mengusung tema perdana Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kini, sudah hampir 3 tahun Jalin Ngopi terlaksana dan menjadi kegiatan pengembangan rutin bulanan yang tidak bisa dipisahkan dari identitas Jalin.

Konsep sharing session ini terinspirasi dari budaya kedai kopi, dimana orang biasanya suka bekerja di lingkungan yang sejuk dan tenang sambil menyeruput kopinya. Menerapkannya ke dalam program Jalin, Jalin Ngopi biasanya diadakan dalam suasana santai dan hangat untuk mendorong partisipasi aktif dan interaksi antar peserta diskusi. Umumnya topik pembahasan berkisar seputar Industri Pembayaran Digital – baik dari aspek teknologi, keamanan, tren dan isu terkini – hingga pengembangan skill lintas fungsi sehingga Jalin dapat menciptakan talenta profesional yang ahli dalam berbagai bidang pekerjaan diluar fokus utamanya.

Saat ini krisis pandemi COVID-19 menjadi tantangan utama yang dihadapi oleh Indonesia. Ketidakpastian yang berkepanjangan, penghentian usaha hingga pelemahan ekonomi yang menyebabkan harga komoditas turun merupakan beberapa dampak pandemi terhadap perekonomian RI. Menjawab tantangan tersebut, Jalin Ngopi berbentuk webinar resmi diselenggarakan demi membuka peluang bagi Jalin dan stakeholders untuk saling berbagi pengetahuan, berkolaborasi dan bersinergi dalam rangka menghadapi tantangan bisnis dan ekonomi kedepan, khususnya di industri sistem pembayaran.

Jalin Ngopi Webinar pertama yang bertajuk “Banks and the New Normal: Surfing the wave of crisis to win the future” berkolaborasi dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) membahas perubahan pola pikir, strategi, peluang dan menciptakan ekosistem, peran corporate culture, digitalisasi dan inovasi yang mendorong limit kemampuan pelaku industri dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan serta sinergi di masa disrupsi demi membangun bisnis perbankan di masa depan. Kegiatan diadakan secara virtual dan gratis terbuka untuk umum merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Jalin dalam mendorong pengembangan komunitas di lingkungannya.

Selanjutnya Jalin Ngopi Webinar Vol.2 yang digelar pada Sabtu, 3 Oktober 2020 lalu mengangkat tema “Understanding Cash Recycle Machine (CRM) Business to Improve Bank’s Cost of Fund” berfokus membahas layanan Managed Service, khususnya seputar teknologi CRM sebagai salah satu solusi perbankan untuk melayani kebutuhan tunai nasabah dengan lebih efisien, mulai dari pembahasan tren, aspek keamanan, kenyamanan hingga manfaat penggunaan CRM bagi bank dan nasabah.

Kedepannya, Jalin Ngopi akan senantiasa berperan sebagai medium bagi stakeholders untuk bertemu dan belajar, berkolaborasi serta bersinergi demi membangun ekosistem pembayaran digital yang sehat dan berkelanjutan. Lewat kualitas sumber daya yang baik dalam mendukung keberlangsungan bisnis dan industri, diharapkan Jalin bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan serta turut berkontribusi mewujudkan efisiensi sistem pembayaran dalam negeri.