Jakarta – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar “Jalin CX Summit 2022” yang diadakan secara hybrid di Emeralda Golf Club, Depok, Jawa Barat pada Sabtu (26/02). Paralel dengan kegiatan Fun Golf, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh member Jalin yang sudah berkolaborasi dan saling bersinergi sehingga dapat melewati tahun 2021 dengan baik.

 Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh member yang tergabung. Boyke mengajak seluruh member untuk saling memaksimalkan potensi serta mengembangkan kesinambungan kerja sama yang saling menguntungkan. “Mewakili seluruh manajemen, saya mengucapkan terima kasih atas sinergi yang baik selama ini dan tidak lupa kerja sama yang sudah terbangun bisa ditingkatkan lagi agar saling memberi manfaat bagi Jalin dan seluruh member sekalian” ujar Boyke.

Jalin CX Summit merupakan gelaran event pertama yang diadakan perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh member dan dikemas dalam bentuk pemberian penghargaan. Adapun daftar penerima penghargaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. The Best Partner of The Year (Bank Mandiri)
  2. The Most Active Issuer ATM Business (BRI)
  3. The Most Active Acquirer ATM Business (BNI)
  4. The Most Excellence Sharia Bank (BSI)
  5. The Most Responsive Bank (BCA)
  6. The Most Supportive Bank (BTN)
  7. The Most Cooperative Bank (BPD Lampung)
  8. The Most Excellence Growth BPD (BPD Sumut)
  9. The Most Loyal Bank (Bank Ganesha)
  10. The Most Active QRIS (Bimasakti)

Dalam kesempatan yang sama, Jalin juga menggelar webinar bertajuk “E-Commerce and Its Challenges in the Digital Age”. Tema ini diambil untuk mendukung rencana perusahaan menjadi enabler digital payment dalam membangun digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia, khususnya transaksi e-commerce serta perluasan penerimaan kartu debet Gerbang Pembayaran Nusantara (GPN) sebagai alat pembayaran online. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut yakni Bima Laga selaku Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan Joni Haryono selaku General Manager PT Infinitium Solutions (PTIS).

Pertumbuhan nilai transaksi e-commerce pada tahun 2021 tercatat hingga Rp401 Triliun dan potensi masyarakat yang sudah menggunakan internet namun belum sepenuhnya melek digital adalah sebesar 20% dari nilai total penduduk Indonesia. “Pertumbuhan penggunaan e-commerce ditunjang 2 hal utama yakni logistik dan sistem pembayaran digital, oleh sebab itu penting bagi kita untuk mulai mendukung pertumbuhan UMKM karena mayoritas UMKM di Indonesia berada di sektor mikro agar secepatnya bisa beralih ke ekosistem digital” ujar Bima Laga.

Joni Haryono menambahkan bahwa untuk mendukung masyarakat agar beralih kepada transaksi pembayaran digital diperlukan sistem yang aman dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satu sistem untuk menjamin hal tersebut adalah penggunaan 3 Domain Secure atau 3DS. “Melalui penggunaan 3D Secure yang diimplementasikan oleh Jalin kepada seluruh membernya, Jalin akan hadir sebagai directory server yang menghubungkan antara payment gateway dengan member bank. Hal ini diharapkan akan memberikan keamanan bagi masyarakat secara luas ketika melakukan transaksi kartu debit GPN di e-commerce” imbuh Joni.

Momen yang baik ini sekaligus memberikan gambaran serta memperluas penerimaan kartu debit GPN yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di merchant offline menjadi dapat digunakan di merchant online. “Hal tersebut dapat digunakan member untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat secara luas tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan kartu debit GPN di merchant online saat bertransaksi di E-Commerce. Fitur tersebut sejalan dengan peran Jalin untuk memberikan kenyaman di setiap transaksi keuangan guna mendukung visi besar menjadi The National Digital Highway” tutup Boyke.