Inisiatif Bisnis Layanan Switching ATM

Layanan Switching ATM diinisiasi dengan akuisisi bisnis ATM & Debit Switching Link melalui Perjanjian Pengalihan Bisnis antara PT Sigma Cipta Caraka dan PT Jalin Pembayaran Nusantara yang ditandatangani pada tanggal 24 Februari 2017. Perjanjian berlaku secara efektif pada tanggal 31 Maret 2017, dilanjutkan dengan pengajuan izin prinsipal penyelenggara Switching dan Kliring ATM yang terealisasi pada tanggal 27 Februari 2017. Selanjutnya Jalin memulai kegiatan operasional layanan tersebut pada 1 April 2017 sesuai koridor waktu yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Pada tahun 2017 dalam rangka memperluas skala bisnis Jalin kedepan, manajemen telah menyusun berbagai langkah demi meningkatkan jumlah anggota ATM & Debit Switching Link, yang tidak hanya mengandalkan pelanggan dari Himbara tetapi juga dari grup Himbara serta bank lainnya. Sebagai tahap awal, Perseroan telah melakukan MoU Kerjasama Layanan Jaringan Link dengan BRI Syariah dan BCA.

Keterlibatan dalam GPN

Gerbang Pembayaran Nusantara (GPN) merupakan inisiatif Bank Indonesia untuk mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran agar dapat memfasilitasi berbagai transaksi pembayaran elektronik di Indonesia. Hal ini bertujuan agar transaksi APMK, uang elektronik dan e-Commerce diproses secara domestik menggunakan standar, infrastruktur serta Kartu Nasional. Jalin terlibat aktif dalam forum-forum perumusan GPN sejak awal tahun 2017 hingga GPN diluncurkan pada 4 Desember 2017.
Keterlibatan Jalin pada GPN meliputi: 1). Menjadi member Asosiasi Sistem Pembayaran Nasional (ASPI) yang berperan sebagai Lembaga Standar NPG, 2). Sebagai salah satu Lembaga Switching GPN dan 3). Sebagai salah satu pemegang saham PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang berperan sebagai Lembaga Services GPN.

Inisiatif Switching Debit

Untuk menuju implementasi layanan Switching Debit, Jalin telah melakukan beberapa tahapan pengembangan, seperti mendapatkan izin sebagai prinsipal, pengembangan layanan debit on network, dan pengembangan untuk interkoneksi debit domestik GPN. Layanan Switching Debit ini beroperasi penuh bersamaan dengan launching GPN pada tanggal 4 Desember 2017.