PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar Forum QRIS secara online bersama dengan 11 bank member QR jaringan Link yang secara total diikuti sebanyak 65 partisipan, Selasa (22/9). Acara Forum QRIS Jalin dimulai dengan sosialiasi mengenai inquiry ID 51 oleh ASPI yang disampaikan oleh Bapak Tata Martadinata selaku Head of Product & Technology ASPI. Pada kesempatan yang sama Jalin turut menyampaikan beberapa topik, antara lain mengenai performansi Transaksi QRIS via Jalin serta diskusi operasional QRIS.

Jalin dalam kapasitasnya sebagai Lembaga Switching siap untuk mendukung implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Melalui QRIS ini penyelenggara QR Code saling terhubung (interkoneksi) dan saling dapat dioperasikan (interoperabilitas). Tidak berhenti pada fitur QRIS Domestik, kedepannya QRIS juga dapat digunakan untuk fitur Cross Border dimana turis asing dapat melakukan scan QRIS menggunakan aplikasi dari negara masing-masing, begitu pula dengan aplikasi pembayaran dari Indonesia yang dapat digunakan untuk scan QR di negara lain. Saat ini Jalin bekerjasama dengan beberapa Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) baik Bank maupun Non Bank yang menjadi member layanan QR Switching Jalin, baik untuk layanan QRIS Domestik maupun inisiasi layanan transaksi QRIS Cross Border.

“Terima kasih kepada ASPI dan juga para PIC anggota QR Jaringan Link yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada acara Forum QRIS Jalin. Kami berharap kedepannya Jalin dan para anggota dapat saling mendukung operasional layanan QRIS Link. Jalin sangat terbuka untuk segala feedback, termasuk jika nantinya dibutuhkan untuk pelaksanaan Forum QRIS Kembali,” ujar VP Switching Commercial Jalin Melani Anugrahani menutup acara.