Berburu Promo Harbolnas Ramadan 2021 dengan Aman

Berburu Promo Harbolnas Ramadan 2021 dengan Aman

Harbolnas Ramadan 2021 telah tiba. Tahun ini, Harbolnas di bulan Ramadan digelar serentak di sejumlah marketplace di Indonesia pada H-10 dan H-5 menjelang Hari Raya Idulfitri dan pemerintah akan memberikan dukungan penuh untuk produk buatan dalam negeri. Namun, meski ada banyak diskon atau promosi menarik, keamanan bertransaksi tetap harus diperhatikan.

 

Apa itu Harbolnas?

 

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Ini merupakan sebuah perayaan yang dicetuskan pertama kali pada tahun 2012 ketika platform e-commerce di Indonesia mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat. Semangat yang diusung yaitu untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kemudahan berbelanja daring.

Perayaan Harbolnas bisa dibilang terinspirasi dari perayaan belanja daring Cyber Monday dan Black Friday yang umum terjadi di berbagai negara maju seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. Pelopornya di Indonesia adalah beberapa e-commerce besar pada saat itu seperti Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, dan beberapa e-commerce lainnya.

Setelah sukses dengan Harbolnas pertama yang bertajuk 12.12.12, Harbolnas kembali digelar pada 12 Desember di tahun 2013, 2014, 2015, 2016, sampai saat ini. Itulah sebabnya, Harbolnas dikenal juga sebagai 1212 karena selalu digelar pada 12 Desember. Namun, dalam perjalannya, Harbolnas terus berkembang. Kini, masyarakat juga bisa merasakan perayaan belanja online di bulan Ramadan menjelang hari raya Idulfitri.

 

Tips Aman Transaksi di Harbolnas Ramadan 2021

 

Hari Belanja Online Nasional yang memanfaatkan momentum Ramadan digelar pertama kali pada 2016. Pada saat itu, setidaknya ada 32 pemain e-commerce di Indonesia yang berkomitmen untuk terlibat dalam perayaan. Di tahun pertamanya, anak perusahaan PT. Pos Indonesia, PT. Pos Logistik Indonesia juga turut berpartisipasi untuk memfasilitasi layanan last mile delivery.

Di tahun 2021, Harbolnas di bulan Ramadan kembali digelar dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah untuk mendorong pembelian produk-produk buatan dalam negeri. Harbolnas Ramadan tahun ini digelar pada H-10 dan H-5 menjelang hari raya Idulfitri.

Pun begitu, masyarakat tidak boleh terlena begitu saja dengan promosi yang ada dalam platform e-commerce. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen Harbolnas untuk mendapatkan keuntungan lebih. Agar terhindar dari para oknum tersebut, kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa dicoba.

 

Berikut adalah empat tips transaksi aman di Harbolnas Ramadan:

 

Pastikan Untuk Cek Reputasi Penjual

 

Jika kita sudah mengetahui reputasi dari penjual di e-commerce, berbelanja daring pasti bisa menjadi nyaman dan aman. Jadi, sebelum melakukan transaksi pembelian, pastikan dulu reputasi penjual dari toko yang dikunjungi. Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

Pertama, lihat badge atau lencana penjual. Jika penjual memiliki official store badge atau star seller badge dari platform e-commerce bersangkutan, artinya penjual tersebut bisa dipercaya karena sudah terverifikasi.

Kedua, lihat bintang atau rating dari barang-barang yang dijual. Jika sebagian besar barang memiliki rating atau bintang empat ke atas, berarti barang di toko tersebut memiliki kualitas yang bagus dan dikemas dengan baik.

Ketiga, perhatikan ulasan dari para pembeli sebelumnya. Jika sebagian besar pembeli memberikan ulasan yang baik, artinya pelayanan dari toko tersebut sangat bisa dipercaya.

Selain itu, tidak jarang juga para pembeli sebelumnya meninggalkan foto-foto produk yang lebih nyata tanpa edit yang memungkinkan kita untuk memperkirakan bagaimana bentuk dan ukuran barang yang ingin dibeli.

 

Jangan Memberikan Informasi Pribadi

 

Informasi pribadi di era digital punya nilai yang jauh lebih berharga dari sebelumnya. Jadi, jangan pernah tergiur untuk mendapatkan harga yang menarik dengan memberikan informasi pribadi seperti rekening bank, jaminan sosial, nomor KTP, SIM atau sesuatu yang lebih privasi. Sebab, bisa saja informasi tersebut disalahgunakan.

Toko online yang terpercaya tidak akan pernah meminta para pembeli  memberikan informasi lebih dari yang diperlukan untuk melakukan penjualan. Secara umum, ketika akan menyelesaikan pembayaran, ada beberapa informasi yang diminta seperti alamat pengiriman, nomor telepon, dan alamat email.

 

Bertransaksi via Metode Pembayaran Terpercaya

 

Dibandingkan dengan 10 tahun silam, metode pembayaran untuk melunasi tagihan belanja online yang tersedia saat ini sudah jauh lebih beragam. Jadi, pastikan untuk bertransaksi melalui metode pembayaran yang terpercaya. Hindari melakukan transaksi langsung ke nomor rekening penjual, apalagi bila penjual tersebut memiliki reputasi yang tidak jelas.

 

Berikut adalah beberapa metode pembayaran terpercaya untuk transaksi jual-beli online:

 

Transfer Antar Bank

 

Transfer antar bank masih menjadi salah satu metode pembayaran favorit untuk transaksi belanja online di Indonesia. Cara untuk melunasi tagihan belanjanya pun beragam, bisa melalui mobile banking maupun transfer melalui ATM seperti ATM LINK yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Dompet Digital

 

Menurut laporan Shopback, 65 persen responden menyebutkan bahwa dompet digital merupakan metode pembayaran favorit mereka untuk melunasi tagihan belanja online. Selain dengan melakukan pemotongan atau transfer, salah satu cara pembayaran paling aman lewat dompet digital adalah dengan menggunakan metode pindai kode QR yang sudah didukung oleh sistem QRIS.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis serverdompet digital, atau mobile banking.

 

Hindari Diskon Berlebihan

 

Terakhir, hindari tawaran diskon yang berlebihan. Membeli barang dengan harga penawaran yang terlalu rendah patut dipertanyakan karena bisa saja barang tersebut bukan merupakan barang asli. Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cek kembali reputasi penjual dan ulasan para pembeli sebelumnya.

Jika reputasi meyakinkan tetapi tidak ada ulasan, hubungi penjual melalui media komunikasi yang tersedia untuk melakukan konfirmasi. Pertanyakan kembali mengenai garansi, tata cara pengembalian, sampai pelunasan pembayaran. Jika ada gelagat tidak baik seperti klaim barang yang habis dan tidak di restock atau penjual meminta informasi pribadi, lebih baik batalkan transaksi.

 

Akhir Kata

 

Sektor e-commerce adalah salah satu sektor digital yang paling berkembang pesat di Indonesia. Dari sini, banyak sektor industri lain yang terdisrupsi. Mulai dari logistik, pembayaran, sampai UMKM.

Pertumbuhan e-commerce juga tidak luput dari perhatian pemerintah sebagai sarana untuk mendorong pertumbuhan produk lokal. Bentuk nyata dukungan produk dalam negeri oleh pemerintah ini terwujud melalui program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diluncurkan 2020 silam. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari program BBI ini adalah mendukung UMKM Indonesia untuk terhubung dengan ekosistem digital seperti e-commerce.

Kemudahan yang ditawarkan layanan e-commerce menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat saat ini lebih memilih untuk bertransaksi online. Apalagi di situasi tidak menentu seperti saat ini akibat pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk membatasi interaksi sosial. E-commerce seolah-olah menjadi solusi di tengah ketidakpastian ini.

Namun, dengan segala kemudahan yang ditawarkan, pembeli juga harus cerdas dalam melakukan transaksi belanja online lewat layanan e-commerce. Meski saat ini sudah jauh lebih baik, tetapi tetap saja akan ada oknum yang berupaya memanfaatkan berbagai momentum untuk meraih keuntungan pribadi tidak seharusnya.

Semoga dengan tips singkat ini, masyarakat dapat menjadi lebih bijak dalam melakukan transaksi digital dan tidak tergiur dengan promosi murahan dari  para oknum penjual tidak bertanggung jawab. Sehingga, momen Harbolnas Ramadan 2021 dapat berjalan lebih lancar dan pada akhirnya bisa memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

5 Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

5 Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

Transaksi digital yang bersifat contactless adalah keniscayaan di tengah pesatnya kemajuan teknologi yang terus membuka pintu peluang baru dalam bisnis. Di Indonesia, metode pembayaran dengan QR code kini menjadi kian populer dan terakselerasi semenjak pandemi berlangsung. Per 1 Januari 2020, implementasi QRIS sebagai standar kode QR nasional pun secara resmi diinstruksikan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai regulator. Hal ini berdampak positif bagi masyarakat dalam ketersediaan alternatif pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal.

 

Tujuan Utama QRIS

 

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis serverdompet digital, atau mobile banking. Ini adalah terobosan transaksi non tunai berbasis digital dari Bank Indonesia (BI) bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Tujuan utama dari kehadiran QRIS adalah untuk mewujudkan sistem pembayaran yang lebih mudah bagi masyarakat dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu. Hal ini demi menciptakan sistem pembayaran yang efisien, efektif dan mengacu pada prinsip utama kebijakan sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal (CEMUMUAH) serta bertitik tolak pada aspek higienitas dalam bertransaksi.

 

Kelebihan Metode Pembayaran QRIS

 

Kehadiran metode pembayaran QRIS di tengah masyarakat juga akan memudahkan transaksi non tunai antara pelanggan dan pemilik bisnis. Dengan menggunakan QRIS, pemilik bisnis hanya perlu menyediakan satu QR code dan pelanggan bisa membayar melalui aplikasi apa saja yang mendukung. Hal ini tak lepas dari keunggulan lintas platform dari QRIS.

 

Berikut 5 kelebihan metode pembayaran :

 

1. Mempercepat Transaksi

 

Pembayaran non tunai dengan QRIS itu praktis dan cepat. Pelanggan tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dan pemilik usaha tidak perlu repot mencari uang kembalian. Cukup pindai kode QR melalui aplikasi yang mendukung, masukan nominal pembayaran, dan selesaikan pembayaran. Transaksi pun selesai dengan cepat selama ada koneksi internet.

 

2. Mempermudah Transaksi

 

Kehadiran QRIS juga mempermudah transaksi pemilik usaha karena tidak perlu repot mendaftar sebagai merchant di satu per satu layanan pembayaran digital. Bayangkan bila Anda memiliki bisnis kecil dan melakukan hal tersebut karena saat ini setidaknya ada  38 layanan dompet digital yang telah mendapat lisensi resmi di Indonesia. Dengan QRIS, pemilik bisnis cukup mendaftar satu kali dan bisa menerima pembayaran dari berbagai bank atau dompet digital yang mendukung. Di samping itu, setiap transaksi tercatat dengan baik sehingga lebih mudah dalam mengontrol keuangan.

 

3. Lebih Terjangkau

 

Saat ini, BI masih memperpanjang kebijakan gratis biaya transaksi non tunai melalui saluran pembayaran QRIS bagi usaha mikro yang dibebankan ke toko (Merchant Discount Rate/MDR). Tahun lalu, BI menetapkan biaya transaksi maksimal untuk QRIS sebesar 0,7 persen yang akan ditanggung oleh mitra atau merchant. Angka tersebut juga bisa menjadi lebih kecil jika transaksi pembayaran masuk dalam kategori khusus. Bila dibandingkan dengan nominal transaksi secara keseluruhan, angka ini jelas sangat kecil. Di sisi lain, pembeli tidak dikenakan biaya apa pun.

Kategori merchant yang masuk dalam jenis transaksi regular dan dikenakan biaya transkasi MDR maksimal sebesar 0,7 persen adalah Usaha Kecil (UKE), Usaha Menengah (UME), dan Usaha Besar (UBE). Sementara untuk kategori Usaha Mikro (UMI), tidak akan dikenakan biaya MDR sampai akhir tahun 2021.

Sedangkan untuk merchant yang masuk dalam jenis transaksi khusus, beban biaya MDR yang dikenakan bisa lebih kecil. Contohnya, Pendidikan (0,6%) dan SPBU atau Public Service Obligation (0,4%). Sementara untuk transaksi nirlaba seperti bansos, Government to People, dan People to Government tidak akan dibebankan biaya MDR sepeser pun.

 

4. Terjamin Aman

 

Pembayaran dengan QRIS juga terjamin aman karena prinsip pembayaran melalui pemindaian kode QR ini mirip dengan transfer saldo antar rekening. Setiap melakukan transaksi, biasanya akan membutuhkan PIN atau kode khusus untuk persetujuan. Jika ada transaksi tidak wajar pun bisa dengan mudah dilaporkan ke penyedia jasa karena semuanya bersifat daring dan tercatat. Di sisi lain, metode pembayaran QRIS juga meminimalkan peredaran uang palsu di tengah masyarakat.

 

5. Handal

 

Dengan menggunakan metode pembayaran QRIS, riwayat transaksi dapat dicek secara berkala oleh pemilik bisnis karena semua transaksi terproses dan terekam secara otomatis. Dengan begitu, pemilik bisnis dapat memantau, menganalisis, dan menentukan strategi keuangan usaha kedepannya.

 

Akhir Kata

 

Kehadiran QRIS di tengah masyarakat adalah jawaban dari pihak regulator untuk memberikan akses transaksi digital yang lebih baik. Dengan QRIS, kini pemilik usaha hanya perlu memiliki satu kode QR dan pelanggan bisa memakai aplikasi apa saja yang mendukung transaksi pembayaran menggunakan kode QR. Perkembangan teknologi memang tidak bisa dibendung, yang bisa kita lakukan adalah beradaptasi agar dapat menggunakan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

5 Tips Membangun Karir Lebih Profesional

5 Tips Membangun Karir Lebih Profesional

Perkembangan industri yang saat ini meningkat begitu pesat menuntut setiap insan di dalamnya kian adaptif, kompeten, dan profesional. Peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam industri sangat penting, karena bagaimana pun “man behind the gun” lah yang akan menentukan akurasi tembakan pada sasaran.

Kompetensi menjadi hal yang sangat penting untuk terus dikembangkan demi memastikan setiap individu tetap relevan dengan perkembangan dunia industri. Hal ini menjadikan setiap individu semakin kompetitif untuk mendapatkan kesempatan karir yang cemerlang di dunia kerja.

Ketatnya persaingan dalam dunia kerja menjadi tantangan tersendiri, bukan hanya bagi para fresh graduate, namun juga bagi para profesional. Seseorang dengan nilai akademis yang tinggi dan kreatif belum cukup untuk memastikan keberhasilan perjalanan karirnya. Dibutuhkan perencanaan karir, pemahaman diri, hingga keberanian untuk mengambil kesempatan. Berikut 5 tips yang dapat membantu untuk memaksimalkan kesempatan karir:

Pahami Budaya Kerja

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda. Budaya kerja dibuat untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan menyamaratakan kebiasaan, cara pandang, gaya bekerja, sikap dan faktor penting lainnya yang menjunjung profesionalisme dalam bekerja. Apabila budaya kerja sudah dipahami, pekerjaan yang dilakukan pun semakin baik dan meningkat.

Membangun Hubungan Baik

Memiliki hubungan baik di lingkungan kerja dapat dimulai dengan menjadi individu yang ramah, bersikap jujur, antusias, dapat diandalkan, aktif dan mampu membangun teamwork. Hubungan yang baik menciptakan keharmonisan dalam membina relasi yang juga berguna untuk masa depan karir.

T-Shape Skill

Layaknya huruf T, pengetahuan atau skill haruslah luas sehingga analisa dapat lebih komprehensif. Selain itu, kita harus memiliki minimal sebuah skill yang secara fokus diperdalam sehingga menjadi personal branding tersendiri. Pengetahuan yang luas turut memperluas network dan meningkatkan kredibilitas, menjadikan kita sebagai subject matter expert di perusahaan tempat kita bekerja.

Mengelola Emosi Diri

Mampu memahami dan mengelola emosi diri akan membuat kita mampu melihat persoalan dengan lebih jernih. Membiasakan mengelola emosi diri dapat membantu perjalanan karir menjadi lebih cemerlang karena dapat mengontrol keadaan. Jika yang dirasakan dapat mengganggu pekerjaan, ada baiknya lakukanlah self-healing dan refreshing sementara waktu.

Manfaatkan Setiap Kesempatan

Setiap tantangan adalah sebuah kesempatan emas apabila dikerjakan dengan maksimal. Jauhi keraguan dalam menerima tantangan lebih dan bangun kepercayaan terhadap kemampuan diri agar menjadi pribadi yang siap dan tangguh. Berikan usaha terbaik sehingga kesempatan tersebut menghasilkan prestasi untuk masa depan karir.

Meningkatkan dan memaksimalkan karir di tengah ketatnya persaingan tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Membangun komitmen dalam bekerja dapat meningkatkan kesiapan dan value diri sehingga perjalanan karir dapat semakin sukses di masa depan.

Mengenal JalinID: Budaya Perusahaan Penentu Kesuksesan Jalin

Mengenal JalinID: Budaya Perusahaan Penentu Kesuksesan Jalin

Era digital membuat pasar semakin dinamis dan persaingan semakin kompetitif. Akselerasi transformasi digital yang diwujudkan melalui adopsi teknologi baru, model bisnis baru yang berbasis peningkatan pengalaman pelanggan, transformasi budaya kerja, dan memangkas proses bisnis menjadi hal vital demi mewujudkan misi Jalin sebagai the national digital highway. Menjawab berbagai tantangan tersebut, Jalin meluncurkan budaya perusahaan JalinID yang terdiri dari 3 nilai utama yaitu BISA, SINERGI, TANGGUH yang merupakan fondasi untuk setiap perilaku, pola interaksi, hingga keputusan-keputusan yang diambil demi mendorong pencapaian tujuan Perusahaan.

Dalam perjalanan pembentukan budayanya, Jalin merujuk pada AKHLAK BUMN untuk memastikan keselarasan dengan budaya BUMN serta melibatkan karyawan (Jaliners) secara penuh dalam perumusannya. Kombinasi pendekatan bottom up dan top down dilakukan hingga ditemukan 3 nilai utama Jalin yang dirangkum kedalam Jalin Identity atau JalinID – sebuah standar etik dan perilaku Jaliners dalam memastikan kualitas kinerja dan layanan yang excellence. JalinID merupakan faktor penting untuk membangun budaya organisasi yang sehat dan meningkatkan employee experience karena JalinID dibentuk dengan 2 (dua) komponen penting, yaitu AKHLAK BUMN dan aspirasi Jaliners.

JalinID terdiri dari nilai utama:

  1. BISA yaitu komitmen untuk memberikan lebih dari yang terbaik dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam bekerja;
  2. SINERGI yaitu sikap menghormati orang lain, menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang harmonis serta mengutamakan kerja tim;
  3. TANGGUH yaitu semangat dan antusias dalam lingkungan kerja yang dinamis dan seimbang;

Oleh karenanya, kita dapat dengan mudah menemukan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) di dalam JalinID. Nilai BISA sejalan dengan nilai Amanah, Kompeten dan Loyal yang berarti memegang teguh kepercayaan, terus belajar dan mengembangkan diri, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Nilai SINERGI didasari oleh nilai Harmonis dan Kolaboratif yang menjunjung sikap saling peduli dan menghargai perbedaan serta terus membangun kerja sama. Semangat dan antusias yang terdapat pada nilai TANGGUH didasari oleh nilai Adaptif BUMN yang mengedepankan inovasi.

JalinID bukan hanya identitas bagi Jaliners, melainkan juga gaya hidup, kekuatan fundamental dan pemersatu yang akan menentukan kesuksesan Jalin. JalinID adalah jati diri Jaliners yang kompeten, terbuka untuk bersinergi dan terbuka terhadap perbedaan, karena Jaliners senantiasa berusaha meningkatkan kapasitas diri. Sikap ini menjadi fokus penting Jalin demi memastikan kepuasan pelanggan dalam setiap layanan yang diberikan. Diharapkan JalinID dapat mendukung keunggulan kompetitif Jalin sebagai penghubung pelaku industri yang senantiasa aktif berupaya mewujudkan kedaulatan sistem pembayaran nasional.

ATM Link dan LinkAja Siap Mendukung Sistem Pembayaran Indonesia

ATM Link dan LinkAja Siap Mendukung Sistem Pembayaran Indonesia

Alat pembayaran terus berkembang dari alat pembayaran tunai (cash) ke alat pembayaran non tunai (non-cash). Pada satu dekade terakhir, telah terjadi gelombang digitalisasi dan penetrasi ke kehidupan masyarakat yang mengubah secara drastis perilaku masyarakat. Saat ini, tren pembayaran online atau e-Payment di Indonesia sudah berkembang dengan sangat cepat. Tren ini diawali oleh inisiatif Pemerintah dan Bank Indonesia yang sejak 2013 lalu menggalakkan kampanye cashless society yang dikenal sebagai Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Digitalisasi sistem pembayaran semakin teramplifikasi melalui perkembangan ekspansi instrumen uang elektronik berbasis server (server-based) yang hadir dalam aplikasi pada dawai. Bank Indonesia mencatat pasar uang elektronik saat ini sudah dikuasai oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) non Bank, kendati demikian operasional uang elektronik PJSP non Bank tersebut tidak terlepas dari peran Bank baik dalam proses isi ulang saldo, penempatan dana mengendap, hingga setelmen.

Berdasarkan data Bank Indonesia, pada bulan Januari 2021 masih terdapat pertumbuhan positif peredaran uang kartal dan giral sebesar 18,7% (YoY). Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai masih terbilang tinggi dan artinya peran mesin ATM sejatinya saat ini masih sangat dibutuhkan baik untuk penyediaan uang kartal maupun transaksi elektronik bagi masyarakat yang belum familiar dengan aplikasi pada dawai.

Layanan dompet digital seperti LinkAja maupun layanan transaksi berbasis ATM dari perbankan seperti ATM Link adalah contoh produk dengan berbagai fitur pendukung yang menunjang transaksi pembayaran masyarakat. Meski mempunyai bentuk dan beberapa fungsi yang berbeda, kedua produk tersebut saling melengkapi fasilitas sistem pembayaran di Indonesia serta masing-masing berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian nasional melalui inklusi alat pembayaran.

 

ATM Link

ATM Link merupakan layanan transaksi berbasis ATM persembahan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank BTN, BNI, Bank Mandiri dan BANK BRI yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi cash withdrawal (penarikan tunai), balance inquiry (cek saldo), transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, isi ulang/ top up uang elektronik maupun transaksi perbankan lainnya. Saat ini sudah terdapat lebih dari 53.000 ATM Link yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan menjangkau hingga pelosok terpencil di tanah air.

 

LinkAja

Sebelumnya bernama TCASH yang kemudian bertransformasi melalui integrasi 4 bank Himbara dalam layanan uang elektronik berbasis server dan per tanggal 21 Februari 2019 menjadi LinkAja, yaitu merupakan dompet virtual berbasis aplikasi handphone yang menyimpan saldo yang digunakan untuk membayar berbagai transaksi elektronik seperti pembelian pulsa/ data, pembayaran merchant, dan lainnya. Karena berkembangnya keuangan Syariah, kini LinkAja juga memiliki layanan LinkAja Syariah. Pengguna layanan (user) dapat melakukan pengisian saldo LinkAja melalui rekening Bank (ATM Himbara, ATM BCA, Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, Mini ATM, Virtual Account, GraPARI, dan toko ritel yang sudah bekerjasama).

 

 

Referensi:

https://www.bankmandiri.co.id/faq-atm-link

https://www.linkaja.id/

https://midtrans.com/id/blog/tren-perkembangan-online-payment-di-indonesia

https://keuangan.kontan.co.id/news/transaksi-uang-digital-meningkat-terus-pendapatan-non-bunga-bank-tergerus?page=all

https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_234721.aspx

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Selama Pandemi

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Selama Pandemi

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada setiap aktivitas transaksi kita saat menggunakan mesin ATM adalah aspek keamanan. Meskipun alat transaksi sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan yang baik, nasabah tetap perlu melakukan berbagai langkah pencegahan agar terhindar dari kejahatan.

 

Selalu Terapkan Protokol Kesehatan

Sebelum bertransaksi, pastikan anda telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik, mulai dari menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain, menggunakan masker, serta membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum dan sesudah bertransaksi.

 

Waspada ATM di lokasi sepi

Biasanya kejahatan dilakukan di lokasi mesin ATM yang sepi pengunjung. Jadi apabila anda ingin melakukan transaksi, perhatikan terlebih dahulu kondisi sekitar ATM demi memastikan keamanan lokasi.

 

Pastikan keaslian perangkat ATM

Cobalah periksa perangkat ATM yang ada (seperti tempat keluar masuk kartu atau tombol memasukan kode pin). Jika kamu merasa perangkat tersebut terlalu besar/ longgar, ada goresan atau plester sebaiknya urungkan niat anda untuk bertransaksi di mesin ATM tersebut.

 

Waspada terhadap kamera tersembunyi

Modus pencurian juga dapat berupa kamera kecil yang tersembunyi pada sudut tertentu untuk melihat pin ATM anda. Kamera tersebut dapat disembunyikan di tempat yang tidak anda sadari. Coba perhatikan lebih jeli terhadap lingkungan ATM, terutama apabila terdapat kotak kecil yang ditempel di permukaan mesin ATM.

 

Jangan percaya kepada orang tak dikenal yang menawarkan bantuan

Pelaku akan berpura-pura menawarkan bantuan ketika anda mengalami masalah di mesin ATM. Lebih baik hubungi langsung call center Bank yang tertera di layar ATM (bukan pada sticker yang bisa saja diduga mencantumkan nomor call center palsu).