Jalin Tingkatkan Kualitas Layanan melalui Forum Link NARU 2020

Jalin Tingkatkan Kualitas Layanan melalui Forum Link NARU 2020

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar Forum Link NARU (Natal dan Tahun Baru) 2020 secara daring bersama dengan masing-masing perwakilan dari 19 member Bank jaringan Link yang secara total diikuti oleh lebih dari 100 partisipan, Kamis (17/12). Acara Forum Link merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Jalin sebagai salah satu upaya peningkatan layanan kepada setiap member.

Forum Link NARU 2020 dimulai dengan sambutan oleh Wakil Direktur Utama Jalin Pramasaleh H. Utomo yang menyampaikan mengenai key of success NARU 2020 (Natal & Tahun Baru) yang terdiri dari beberapa poin antara lain yaitu: komitmen, sinergi, teknologi, people, dan escalation model. Selain itu disampaikan pula profil layanan switching (ATM, Debit, QRIS) dan managed service Jalin, serta tantangan NARU di tahun 2020.

Forum terbagi menjadi beberapa sesi dengan pemaparan materi oleh para ahli dibidangnya. Materi pertama yang disampaikan yaitu mengenai New Business Update Switching oleh VP Switching Solution & Services Jalin Moch. Ircham Isfandi, dilanjutkan dengan diskusi kesiapan NARU ATM kelolaan Jalin yang disampaikan oleh VP Managed Service Commercial Jalin Pramudya el Namara. Paparan mengenai persiapan Posko NARU 2020 oleh VP IT Operations Jalin Dwi Mahendra melengkapi diskusi pada hari itu.

Kegiatan diakhiri dengan ceremony sign off komitmen Persiapan NARU 2020 oleh para pihak Bank member yang bertujuan untuk menciptakan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak. Dengan sinergi dan kolaborasi tersebut, pencapaian kesuksesan dan peningkatan kualitas NARU 2020 akan terdeliver dengan baik, sehingga memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia.

 

Grand Celebration #Jalin4Tahun: Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh

Grand Celebration #Jalin4Tahun: Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menyelenggarakan acara daring untuk merayakan hari jadinya yang keempat, dihadiri oleh keluarga besar Jalin, jajaran stakeholder yang terdiri dari PT Danareksa (Persero) dan Telkom Indonesia selaku Induk Perusahaan serta member layanan LINK, Sabtu (14/11). Selebrasi tahun ini juga menjadi momentum Jalin dalam memperkuat komitmennya melalui peluncuran budaya perusahaan JalinID yang bermakna Bisa, Sinergi dan Tangguh.

“Mengusung tema ‘Semangat Bersinergi untuk Nusantara Tangguh’, di ulang tahun keempat ini kami memantapkan semangat dan komitmen baru dalam mendorong sinergi antara pelaku di industri. Dengan budaya AKHLAK BUMN sebagai fondasinya, kami harapkan JalinID dapat menjadi pedoman prinsip, cara pandang, dan perilaku karyawan sehingga tercipta perusahaan yang kompeten demi mendukung peningkatan kinerja BUMN secara berkelanjutan,” kata Direktur Utama Jalin Boyke Yurista dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Ari Soerono menyampaikan ucapan selamat sekaligus harapannya terhadap Jalin selaku bagian dari Danareksa Group, “Meskipun usia Jalin masih sangat muda, namun kiprah dan kreativitas Jalin yang tinggi memberikan harapan besar bagi kami untuk Jalin terus tumbuh dan melakukan terobosan lainnya di bidang Switching dan Managed Service. Jangan lupa, ‘play for the name on the front of the shirt, and they will remember the name on the back of the shirt’. Bangun dan kembangkan Jalin, maka orang akan mengenal Jaliners. Akhir kata, mewakili Danareksa Group, kami ucapkan selamat atas peluncuran budaya JalinID.”

Serangkaian acara hiburan turut mewarnai selebrasi kali ini, diantaranya penampilan duet Wakil Direktur Utama Jalin Pramasaleh H. Utomo dengan Jaliners, ucapan selamat dari para member, dresscode challenge hingga doorprize dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Jalin mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder yang senantiasa menemani setiap langkah Jalin dan mendukung komitmen Perusahaan dalam mewujudkan efisiensi sistem pembayaran dalam negeri. Sampai jumpa di perayaan ulang tahun berikutnya!

*Seluruh proses produksi rangkaian acara HUT Jalin mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku

 

Forum QRIS 2020: Wujudkan Interkoneksi dan Interoperabilitas Sistem Pembayaran

Forum QRIS 2020: Wujudkan Interkoneksi dan Interoperabilitas Sistem Pembayaran

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggelar Forum QRIS secara online bersama dengan 11 bank member QR jaringan Link yang secara total diikuti sebanyak 65 partisipan, Selasa (22/9). Acara Forum QRIS Jalin dimulai dengan sosialiasi mengenai inquiry ID 51 oleh ASPI yang disampaikan oleh Bapak Tata Martadinata selaku Head of Product & Technology ASPI. Pada kesempatan yang sama Jalin turut menyampaikan beberapa topik, antara lain mengenai performansi Transaksi QRIS via Jalin serta diskusi operasional QRIS.

Jalin dalam kapasitasnya sebagai Lembaga Switching siap untuk mendukung implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Melalui QRIS ini penyelenggara QR Code saling terhubung (interkoneksi) dan saling dapat dioperasikan (interoperabilitas). Tidak berhenti pada fitur QRIS Domestik, kedepannya QRIS juga dapat digunakan untuk fitur Cross Border dimana turis asing dapat melakukan scan QRIS menggunakan aplikasi dari negara masing-masing, begitu pula dengan aplikasi pembayaran dari Indonesia yang dapat digunakan untuk scan QR di negara lain. Saat ini Jalin bekerjasama dengan beberapa Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) baik Bank maupun Non Bank yang menjadi member layanan QR Switching Jalin, baik untuk layanan QRIS Domestik maupun inisiasi layanan transaksi QRIS Cross Border.

“Terima kasih kepada ASPI dan juga para PIC anggota QR Jaringan Link yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada acara Forum QRIS Jalin. Kami berharap kedepannya Jalin dan para anggota dapat saling mendukung operasional layanan QRIS Link. Jalin sangat terbuka untuk segala feedback, termasuk jika nantinya dibutuhkan untuk pelaksanaan Forum QRIS Kembali,” ujar VP Switching Commercial Jalin Melani Anugrahani menutup acara.

 

 

 

Jalin Patungan Qurban 2020: Berbagi Rezeki dengan 430 Warga Cimande Hilir

Jalin Patungan Qurban 2020: Berbagi Rezeki dengan 430 Warga Cimande Hilir

Jakarta, 1 Agustus 2020 – Perusahaan Switching Nasional, PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) mengadakan kegiatan internal “Jalin Patungan Qurban 2020” untuk membantu 430 keluarga kurang mampu di Cimande Hilir, Kab. Bogor, Jumat (30/5).

“Program kurban ini selain untuk memaknai Hari Raya Idul Adha 1441 H juga bertujuan meningkatkan gizi masyarakat serta meningkatkan pendapatan ekonomi peternak di sekitar Desa,” kata VP Corporate Secretary PT Jalin Pembayaran Nusantara Christianus Panjisasongko.

Kegiatan Patungan Qurban ini merupakan hasil patungan karyawan Jalin diwujudkan berupa sedekah kurban 2 ekor sapi dan 1 ekor domba yang dikordinir oleh komunitas Rohani Muslim PT Jalin Pembayaran Nusantara.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban baik pemotongan dan pendistribusiannya dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Diharapkan kegiatan ini bukan hanya meningkatkan keimanan namun juga bermanfaat bagi para saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tambah Christianus.

Dalam pelaksanaan program kurban ini, PT Jalin Pembayaran Nusantara bekerjasama dengan BAZNAS bertujuan meningkatkan gizi masyarakat serta meningkatkan pendapatan ekonomi peternak di sekitar Desa.

JALIN DORONG OPTIMALISASI SISTEM PERBANKAN DIGITAL INDONESIA

JALIN DORONG OPTIMALISASI SISTEM PERBANKAN DIGITAL INDONESIA

Jakarta, 25 Juli 2020 – PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) mendorong optimalisasi sistem perbankan digital Indonesia dengan menggelar diskusi dalam acara webinar Banks and The New Normal: Surfing the wave of crisis to win the future” untuk menghadapi tantangan dunia perbankan, terlebih lagi di tengah badai COVID-19 ini

“Menyikapi perkembangan dunia perbankan saat ini, dimana pandemi Covid-19 telah memaksa kita semua untuk ‘surfing the wave’ dengan memberikan inovasi-inovasi terbaik dan berkolaborasi untuk memenangkan masa depan, baik untuk kepentingan masyarakat maupun keberlangsungan industri perbankan sendiri,” kata Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Boyke Yurista di rangkaian webinar  Jakarta, Sabtu (25/7). 

Acara webinar yang diikuti oleh sekitar 500 audiens dari kalangan dunia perbankan dan umum ini menghadirkan pembicara yang sudah menggeluti dunia perbankan digital sejak lama yaitu, Rico Usthavia Frans, Direktur Information Technology Bank Mandiri, Y.B. Hariantono Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI, Jasmin Direktur Distribution and Retail funding Bank BTN, Indra Utoyo Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI serta Achmad Sugiarto Digital Strategy Expert dari PT Jalin Pembayaran Nusantara.

Dengan perkembagan kondisi dunia saat ini, dunia perbankan diharapkan dapat menyiasati kondisi yang secara langsung telah merubah pola hidup dan konsumsi masyarakat yang terbukti dengan meningkatnya traffic transaksi e-commerce hingga 300 persen untuk bahan makanan, produk kesehatan, alat olah raga dan banyak lainnya.

Tujuan diskusi webinar ini adalah untuk menjawab tantangan serta mencari solusi bagaimana kita dapat memenangkan badai disrupsi yang sedang menghantam keras, terlebih lagi bagi dunia perbankan yang harus dapat ‘survive’ untuk terus menjaga keberlangsungan roda perekonomian

“Diharapkan dari webinar ini dapat menjadi landasan dunia perbankan untuk dapat terus melakukan sinergi dan inovasi sehingga semua dapat menjadi pemenang di era disrupsi yang sedang kita hadapi ini,” tambah Boyke.

Webinar yang digagas oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara ini menyajikan bagaimana dunia perbankan harus dapat merubah ‘mindset’ untuk dapat terus bergerak di tengah krisis dan kondisi setelahnya dengan menetapkan strategi bisnis di tengah masa ketidakpastian ini.

Selain itu juga untuk mencari peluang untuk menghadapi badai dengan mengoptimalisasi semua ‘tool’ kita miliki serta langkah digitalisasi untuk mengantisipasi perubahan yang masih berlanjut.

Sesuai dengan hasil diskusi webinar hari ini bahwa untuk dapat berselancar di tengah gelombang krisis dan masa setelahnya maka digitalisasi merupakan pilihan utama serta mengubah pola pikir untuk terus melakukan synergy dan inovasi.

Dengan digitalisasi sistem perbankan, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan efisiensi bagi masyarakat sehingga dapat lebih memberdayakan sector UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi local.

Dalam menghadapi tantangan bisnis di Era New Normal, Bank juga harus dapat menggunakan kombinasi strategi konservatif dan agresif untuk mengamankan bisnis yang sedang berlangsung seiring dengan menciptakan bisnis lainnya yang berorientasi pada customer spending behaviour dengan berkolaborasi.

Untuk mencari peluang di tengah badai Covid yang telah memberikan perubahan yang tidak dapat dihindarkan di sektor kesehatan, sosial dan juga berpotensi mengancam sektor ekonomi.

“Oleh karena itu, dunia perbankan perlu menJalin sinergi dari ekosistem financial dan non-financial yang dapat menjadi langkah strategis dalam mewujudkan aspirasi ekonomi inklusif nasional,” tutup Boyke.

Jalin telah hadir melayani perbankan nasional lewat switching Link. Kedepannya jalin telah siap untuk mengantisipasi perkembangan bisnis perbankan dan industri pembayaran terkini, terutama untuk physical dan non-physical channel lewat lini bisnis Switching dan Managed Services.

JALIN GELAR FORUM LINK DENGAN 10 BANK BPD

JALIN GELAR FORUM LINK DENGAN 10 BANK BPD

Jakarta, 16 Juli 2020 – Perusahaan Switching Nasional PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) menggelar Forum Link secara online melalui media Zoom Meetings bersama dengan 10 bank BPD (Bank Pembangunan Daerah), dimana 6 diantaranya telah live menjadi member jaringan Link yaitu Bank Bengkulu, Bank Lampung, Bank Sulteng, Bank Kalsel, Bank NTT, dan Bank NTB Syariah. Sedangkan 4 BPD lainnya yaitu Bank Jatim, Bank Sumut, Bank Maluku Malut, dan Bank Kaltim Kaltara.

Secara total Forum Link BPD tersebut dihadiri oleh lebih dari 60 peserta Bank BPD yang terdiri dari level Kadiv, Kabag, dan working level. Acara Forum Link BPD dibuka dengan sambutan dari Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara, Bapak Boyke Yurista mengenai overview bisnis JALIN.

Pada acara Forum Link BPD yang berlangsung selama kurang lebih selama 3 jam (pukul 09.00 – 12.00 WIB) tersebut disampaikan materi performansi layanan bisnis switching JALIN untuk BPD yang sudah berjalan secara general dan juga beberapa inisasi layanan produk/fitur yang akan ditawarkan JALIN kepada bank member.

Pada kesempatan ini, JALIN juga memberikan apresiasi kepada 2 Bank member BPD yaitu Bank Bengkulu sebagai BPD yang telah menjadi member BPD pertama dari JALIN dan Bank Lampung sebagai member BPD yang telah membantu proses layanan JALIN berjalan lancar selama ini. Tentunya besar harapan dalam waktu selanjutnya akan lebih banyak apresiasi yang diberikan kepada bank-bank member JALIN lainnya.

Forum Link BPD ini juga berjalan dengan lancar dan interaktif yang diisi dengan berbagai acara hiburan untuk peserta dan JALIN mengucapkan banyak terima kasih atas antusiasme dan partisipasi para peserta dalam mengikuti acara Forum Link BPD.

Kedepannya JALIN akan terus berupaya meningkatkan layanan, salah satunya dengan memfasilitasi beberapa forum diskusi lainnya dan juga menyediakan Bukulink yang merupakan Buletin Kuartal Link yang akan diberikan kepada para Bank member yang berisi informasi mengenai update informasi terkini dari bisnis JALIN dan juga highlight performansi layanan kepada masing-masing bank member yang akan dikirimkan dalam bentuk softcopy di setiap kuartal.

Acara Forum Link BPD ditutup dengan penyampaian summary acara yang berlangsung oleh Direktur Swtiching Business PT Jalin Pembayaran Nusantara, yaitu Bapak Aries Barkah dan selanjutnya diadakan sesi foto group secara virtual.