Jalin Turut Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Jakarta Selatan

Jalin Turut Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Jakarta Selatan

Jakarta, 8 Januari 2020 – PT Jalin Pembayaran Nusantara bersama PT Danareksa (persero) selaku induk perusahaan turut menyalurkan bantuan peduli banjir Jakarta yang melanda Jakarta dan sekitarnya sejak 31 Desember 2019 sore akibat curah hujan tinggi melalui posko PT Adhi Karya untuk dilsalurkan kepada warga terdampak banjir di wilayah Jakarta Selatan.

“Jalin turut prihatin atas kejadian yang menimpa sebagian warga Jakarta atas banjir yang melanda setelah malam pergantian tahun 2020, semoga dengan partisipasi Jalin dapat meringankan warga yang terdampak, khususnya di daerah Jakarta Selatan,” kata VP Corporate Secretary PT Jalin Pembayaran Nusantara Christianus Panjisasongko di Jakarta, Rabu (8/1).

Dalam menberikan bantuan kepada warga terdampak banjir Jakarta, Jalin bersama anak perusahaan PT Danareksa (Persero) lainnya menyalurkan sejumlah bantuan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan bagi para warga sementara menunggu banjir surut dari kediaman mereka.

Adapun barang bantuan yang disalurkan adalah perlengkapan mandi (hygiene kit), keperluan balita, obat-obatan serta selimut dan terpal untuk tidur malam.

Keseluruhan bantuan tersebut disalurkan melalui posko PT Adhi Karya, BUMN yang telah ditunjuk Kementerian BUMN untuk menjadi kordinator penyaluran bantuan banjir di kawasan Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, hujan sangat lebat terjadi sejak Selasa (31/12/2019) sore hingga Rabu (1/1/2020) pagi menyebabkan banjir cukup luas, dilaporkan sebanyak 30 orang meninggal dunia dan lebih dari 31.000 orang mengungsi dari 158 kelurahan yang terdampak, bahkan curah hujan kali ini mencatatkan rekor curah hujan tertinggi sejak 1866.

Jalin Berbagi Kasih Bersama Anak Rumah Singgah Dalam Menyambut Natal Tahun 2019

Jalin Berbagi Kasih Bersama Anak Rumah Singgah Dalam Menyambut Natal Tahun 2019

Jakarta, 12 Desember 2019 – Sebagai bentuk syukur dan kasih antar sesama, PT Jalin Pembayaran Nusantara bersama induk perusahaan PT Danareksa (persero) mengadakan acara Jalin Berbagi Kasih dalam menyambut Natal 2019 bersama anak-anak penghuni rumah singgah yayasan Griya Kasih, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

Sebagai bagian dari rangkaian peduli sesama, kegiatan Jalin berbagi Kasih kali ini mengangkat tema “Dengan Memberi Kita Menerima” ini Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Otto Benny Hantoro, Direktur Finance & Business Support A. Pawitra Indriati dan VP Corporate Secretary PT Danareksa (persero) Chairul Iman selaku perwakilan induk perusahaan juga diikuti oleh sejumlah karyawan PT Jalin Pembayaran Nusantara dan PT Danareksa (persero).

Dalam acara tersebut, diwarnai dengan berbagai kegiatan rohani seperti ceramah, sulap, kuis serta penampilan seni musik dari anak-anak yayasan yang hadir.

Kegiatan Jalin Berbagi Kasih ditutup dengan penyerahan bingkisan paket perlengkapan kebutuhan sehari-hari dan makan bersama bersama sekitar 35 anak yatim yang hadir.

Jalin Berbagi Kasih merupakan kegiatan kepedulian bagi lingkungan sekitar dan telah menjadi komitmen tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) setiap tahunnya.

“Sesuai dengan tema acara Jalin Berbagi Kasih ‘Dengan Memberi Kita Menerima’, Jalin berharap dapat terus memberikan kebahagian kepada sesama sehingga dapat menerima dampak yang positif dari masyarakat,” kata Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Otto Benny Hantoro usai menyerahkan bantuan perlengkapan kebutuhan sehari-hari secara simbolis kepada pengurus Yayasan Griya Kasih.

Rayakan HUT Ke-3, Jalin Berbagi Bantuan Pendidikan dengan Ratusan Anak Desa Nelayan

Rayakan HUT Ke-3, Jalin Berbagi Bantuan Pendidikan dengan Ratusan Anak Desa Nelayan

Jakarta, 27 November 2019 – Jalin menyerahkan bantuan pendidikan kepada 115 anak desa nelayan melalui program CSR bertajuk “Bersatu untuk Berbagi”, Cilincing. Program ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-3 Jalin yang jatuh pada 3 November 2019 lalu.
Penyerahan bantuan dilakukan oleh Christianus Kartiko Panjisasongko selaku VP Corporate Secretary melalui Yayasan Sosial Lumba-Lumba, yang terdiri dari pemberian buku pelajaran, alat tulis, penyediaan perpustakaan dan sembako. Melengkapi kegiatan ini, Jalin juga mengadakan sesi “Kelas Menabung” untuk mengedukasi anak-anak desa nelayan tentang pentingnya kebiasaan menabung serta memperkenalkan gaya hidup masyarakat nontunai (cashless society).
Pada bulan Mei 2019 lalu Jalin juga memberikan bantuan pendidikan serupa untuk 115 anak yatim melalui Yayasan Al-Andalusia.
Program CSR Jalin tahun ini sejalan dengan bidang bisnis Perusahaan yang berfokus kepada pembangunan sistem pembayaran digital dalam negeri serta mendukung program “Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)” yang diusung Bank Indonesia. Jalin berfokus mendorong peningkatan akseptasi alat pembayaran digital di masyarakat melalui berbagai program Pendidikan anak sejak dini.
Dikutip dari website resmi Bank Indonesia, dibandingkan negara-negara ASEAN, penggunaan transaksi pembayaran berbasis elektronik yang dilakukan masyarakat Indonesia relatif masih rendah (Bank Indonesia Mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai, 2014). Padahal, dengan kondisi geografi dan jumlah populasi yang tinggi, terdapat potensi yang sangat besar untuk perluasan akses layanan sistem pembayaran di Indonesia.
Hasil studi Consumer Payment Attitudes 2018 terkait gaya hidup nontunai yang dirilis Visa menyebutkan bahwa 77 persen masyarakat Indonesia memperkirakan akan semakin sering menggunakan pembayaran nontunai dalam jangka waktu 12 bulan ke depan (Malia, 2019). Untuk mewujudkan hal ini, langkah-langkah inisiatif – baik dari aspek bisnis maupun tanggung jawab sosial – menjadi vital untuk mendongkrak penetrasi sistem pembayaran cashless secara merata di Indonesia.
Sejak tahun 2018, Jalin menetapkan inisiatif strategis yang berfokus kepada pengembangan bisnis digital payment, seperti pengembangan bisnis Debit LINK dalam skema GPN, memperbesar jumlah bank anggota switching Jalin, dan melakukan investasi-investasi teknologi menyangkut bisnis Managed Service. Saat ini Jalin juga turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan project Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang disusun oleh BI dan ASPI.
Di ulang tahunnya yang ketiga ini, diharapkan Jalin dapat bersatu semakin kuat bersama Danareksa Group, Telkom Group dan Himbara untuk membangun ekonomi nasional berbasis digital, serta semakin berkontribusi melalui kegiatan-kegiatan sosial demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen nontunai.

Jalin Sambut Kolaborasi Danareksa-Telkom Melalui Town Hall Meeting & Office Integration

Jalin Sambut Kolaborasi Danareksa-Telkom Melalui Town Hall Meeting & Office Integration

Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019 – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menyambut kolaborasi sebagai salah satu anak perusahaan PT Danareksa (Persero) dengan menggelar Town Hall Meeting & Office Integration bertajuk “Memperkuat Bisnis Jalin dengan Dukungan Danareksa dan Telkom” untuk merayakan bergabungnya Jalin sebagai bagian dari keluarga besar Danareksa Group.

Kegiatan ini merupakan milestone Jalin sebagai anggota terbaru dalam Danareksa Group setelah penandatanganan pengambilalihan mayoritas kepemilikan PT Jalin Pembayaran Nusantara pada Rabu, 19 Juni 2019 di Gedung Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Town hall meeting diawali dengan arahan jajaran direksi Jalin, Danareksa dan Telkom terkait bisnis ke depan serta membagikan visi dan misi agar ketiga Perusahaan dapat bersinergi untuk semakin memperkuat sistem pembayaran dalam Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Jalin, Otto Benny Hantoro berpesan untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan sebagai switching company yang mendukung Himbara (Himpunan Bank Negara), dalam meningkatkan daya saingnya sesuai arahan dari Kementerian BUMN.

“Dengan dukungan dari Danareksa dan Telkom, Jalin harus dapat memberikan kontribusi lebih bagi infrastruktur pembayaran di Indonesia. Karyawan Jalin harus memberikan semangat untuk terus berkarya dalam memberikan yang terbaik bagi negara,” Kata Direktur Utama Jalin Otto Benny Hantoro pada sambutannya.

Seluruh karyawan Jalin diajak untuk meneruskan pola kerja terbuka, fleksibel, inovatif dan kreatif, yang sesuai dengan gaya hidup mayoritas karyawan yaitu generasi milenial.

Town hall meeting yang digelar di lounge Kantor Pusat Jalin di Kawasan Mega Kuningan, diikuti oleh seluruh karyawan Jalin di kantor operasional di Kawasan Serpong, Tanggerang, menggunakan fasilitas video conference.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Danareksa Arief budiman juga mengharapkan bahwa dengan bergabungnya Jalin sebagai anak perusahaan Danareksa, agar mampu meningkatkan spirit kolaborasi sebagai true champion sebagai perusahaan switching dan managed service di industri.

“Semangat kolaborasi antara Jalin, Danareksa dan Telkom diharapkan dapat mendukung percepatan usaha yang diiringi sinergi group dan holding,” kata Direktur Utama Danareksa Arief Budiman.

Sebelum acara ditutup, Direktur Strategic Portfolio PT Telkom Achmad Sugiarto juga menyampaikan arahannya untuk proyeksi dan strategi bisnis Jalin ke depan.

“Dengan adanya dukungan dari Telkom dan Danareksa, diharapkan kedepan Jalin dapat mempersiapkan Business Plan yang lebih menarik lagi sehingga dapat tumbuh semakin kuat di tengah perkembangan bisnis yang dinamis belakangan ini,” kata Achmad.

Town hall meeting Jalin ditutup dengan kemeriahan digital fun games berhadiah untuk seluruh karyawan Jalin, Danareksa dan perwakilan Telkom yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Danareksa Ambil Alih Kepemilikan Mayoritas Jalin Pembayaran Nusantara

Danareksa Ambil Alih Kepemilikan Mayoritas Jalin Pembayaran Nusantara

Jakarta – PT Danareksa (Persero) secara resmi mengambilalih mayoritas kepemilikan saham PT Jalin Pembayaran Nusantara sebagai anak perusahaan PT Telkom Indonesia (persero) yang ditandai dengan penandatanganan akuisisi oleh Direktur Utama Danareksa Arief Budiman dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah di gedung Kementerian BUMN, Jakarta (19/6).

 

 

“Dengan masuknya Danareksa yang memiliki akses yang kuat ke sistem keuangan nasional akan memberikan peluang bagi Jalin dalam berkontribusi pada efisiensi industri pembayaran nasional,” kata Direktur Utama Jalin Pembayaran Nusantara Otto Benny Hantoro.

Pengambilalihan kepemilikan saham sebesar 67% oleh Danareksa ini sesuai dengan rencana di awal pendirian Jalin dimana kepemilikan mayoritasnya akan dialihkan kepada holding BUMN keuangan yang ditunjuk, setelah sejak didirikannya pada tahun 2016 dipegang penuh oleh Telkom.

Layanan utama Jalin adalah ATM/EDC switching, dengan memegang izin sebagai prinsipal dan lembaga switching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Diharapkan Jalin dapat mendukung layanan transaksi keuangan yang lebih efisien kepada masyarakat, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Arief Budiman, Direktur Utama Danareksa mengatakan bahwa aktivitas ‘switching’ yang dilakukan Jalin adalah usaha yang mendukung sektor perbankan dan industri keuangan ini sejalan dengan rencana Holding Perbankan dan Jasa Keuangan, sehingga Jalin berkontribusi dalam peningkatan kualitas infrastruktur jasa keuangan.

“Melalui upaya-upaya efisiensi yang telah dan akan terus dilakukan oleh Jalin, diharapkan dapat mengurangi biaya switching Bank, pengelolaan ATM, dan pada akhirnya dapat menurunkan biaya transaksi yang ditanggung masyarakat,” jelas Arief.

Dengan mengkonsolidasikan Jalin maka Danareksa memiliki satu lagi anak usaha di industri keuangan yang memiliki peran strategis sehingga diharapkan bermanfaat bagi Danareksa untuk terus meningkatkan keterlibatannya dalam pembangunan industri finansial di Indonesia.

Sementara itu Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah juga menambahkan bahwa kerjasama ini merupakan wujud sinergi Telkom dengan BUMN Keuangan yang sudah direncanakan sejak awal Jalin didirikan.
Menurutnya, Telkom mendukung penuh aksi korporasi ini dan diharapkan nantinya pelaksanaan digital banking atau sistem pembayaran nasional menjadi lebih luas dan mudah serta dapat mempercepat pembangunan ekonomi digital Indonesia.